Kesalahan-kesalahan Umum Saat Menjual Mobil

Proses menjual mobil jika dilakukan sendiri bisa memakan waktu dan sulit. Dengan pengetahuan yang terbatas untuk memungkinkan proses tersebut, dan ketidakpastian harga yang muncul seiring dengan terputusnya hubungan antara pedagang dan penjual, bagaimana seorang konsumen dapat memperbaiki situasi ini? Kami siap membantu. Lanjutkan membaca, kami telah mendaftar beberapa poin sebagai referensi saat kamu membutuhkannya.

5 Poin Referensi Proses Menjual Mobil

 

kesalahan-umum-menjual-mobil

1. Ketahui Mobilmu dan Harga Keseluruhannya

Hal terpenting yang dibutuhkan untuk memulai proses penjualan mobil adalah mengetahui mobil yang kamu kemudikan secara detail. ‘Detail’ dalam arti model mobil, model varian, fitur-fitur, transmisi, angka powertrain, jadwal servis, warna, umur, modifikasi, penggantian bagian mobil dan lain-lain. Bertentangan dengan kepercayaan populer, beberapa penjual tidak memiliki pengetahuan dasar ketika ditanya pihak ketiga. Dengan mengetahui varian model yang kamu kendarai, kamu juga bisa mengetahui perkiraan harga mobilmu hanya dengan melakukan sedikit penelitian dan membuat beberapa panggilan telepon.

2. Catatan Servis

kesalahan-umum-menjual-mobil

Sebagian besar produsen mobil zaman sekarang menyediakan garansi pabrik sekitar 5 tahun untuk sebuah mobil baru. Tergantung dari pabriknya, sebagian menyediakan pelayanan gratis tergantung pada interval servis. Melakukan servis kendaraan di pusat servis resmi pabrik dan pada interval serta jarak tempuh yang dianjurkan juga penting. Hal ini memastikan kalau garansi kendaraanmu tetap berlaku jika ada masalah dengan kendaraanmu selama periode garansi. Entah kamu menjual kendaraanmu selama atau setelah masa garansi, catatan servis adalah sebuah indikasi yang baik untuk pembeli selanjutnya kalau mobilmu telah diservis mengikuti jadwal perawatan.

3. Pembersihan dan Perawatan

Entah kamu menjual kepada pembeli pribadi, pedagang atau menukarnya, memiliki mobil yang bersih dan terawat luar dalam akan memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan kepada semua pihak yang terlibat. Walaupun sebagian orang menganggap hal tersebut tidak memengaruhi harga mobil secara mekanis, kami memiliki pendapat yang berbeda. Perbedaannya sangat mencolok saat membandingkan mobil yang telah dibersihkan dan terawat dengan prouk-produk perawatan mobil dengan mobil yang tidak.

Catatan: Jika kamu harus memutuskan untuk bekerja ekstra demi mendapat harga terbaik untuk kendaraanmu, dengan berusaha mengecat ulang kendaraanmu, mengganti ban baru, busi, baterai dan lainnya, akan menjadi poin spesial ekstra untuk penjualanmu. Meskipun kamu pasti mendapat harga yang lebih baik, biasanya harga dihitung dalam penjualan akhir.

4. Pengembalian Asuransi dan No-Claim Bonus

kesalahan-umum-menjual-mobil-pada-asuransi

Sangat penting untuk mengingat untuk membatalkan premi asuransi saat kamu menjual mobilmu. Hal ini memungkinkanmu menikmati pengembalian kebijakan yang lebih baik. Jika kamu membeli mobil baru, ingatlah untuk mendapatkan surat rekomendasi dari perusahaan asuransimu mengenai hak No-Claim Bonus (Kompensasi tidak pernah melakukan klaim) yang kamu miliki. Dengan begini, kamu bisa memindahkan No-Claim Bonus yang terkumpul ke kendaraan selanjutnya.

5. Melunasi Pinjaman Sewa Belimu

Menjual mobilmu mudah saja jika kendaraan tersebut sepenuhnya milikmu. Tapi jika kamu masih membayar cicilan, dan berencana untuk menjual mobil, apa kamu tahu kalau cicilan tersebut bisa dilunasi oleh pemilik selanjutnya? Untuk melakukan pembayaran penuh, cukup pergi ke cabang bank mana pun. Pastikan kalau pemilik selanjutnya melunasi pembayaran. Jika kamu memasang iklan mengenai mobilmu melalui koran, kamu bisa menarik minat calon pembeli dengan meminta deposit yang tidak dapat dikembalikan terlepas dari persetujuan pinjaman.

Bagaimana kamu bisa mencegah kesalahan-kesalahan ini? Cobalah Carsome! Proses inspeksi kami gratis dan kami akan mengevaluasi kendaraanmu berdasarkan inspeksi kendaraan berkeseluruhan di pusat-pusat kami. Kamu juga bisa mendapat harga yang lebih tinggi lewat platform penawaran transparan kami yang mengubungkanmu ke lebih dari 800 dealer terverifikasi!

Jual beli mobil bekas kali ini tidak perlu rumit dan resah! Carsome adalah platform E-commerce jual beli mobil bekas online terbesar di Asia Tenggara yang saat ini hadir di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura. Beli mobil bekas berkualitas tidak perlu ragu, karena Carsome sudah melakukan proses inspeksi 175 titik untuk memastikan mobil bebas banjir dan terhindar dari kerusakan kerangka besar. Supaya makin untung, Andapun juga bisa menjual mobil lama Anda di Carsome! Jual mobil bekaspun tidak perlu rumit, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen mobil lengkap. Tidak perlu ragu, karena harga jual mobil di Carsome pasti bersaing. Anda juga bisa melakukan penawaran transaparan. Ingin tahu lebih lanjut? Kunjungi lokasi Carsome atau hubungi hotline kami di (021) 5020 203.