Keuntungan Bermudik Dengan Mobil MPV

Pas untuk Mudik: MPV ‘Sejuta Umat’

Mobil jenis multi-purpose vehicle (MPV) pada beberapa tahun belakangan ini selalu menjadi mobil favorit keluarga Indonesia. Bahkan, saking larisnya, muncul julukan “MPV sejuta umat”

Julukan tersebut diberikan masyarakat untuk kendaraan multiguna ini, terutama pada segmen low multi-purpose vehicle (LMPV). Hal ini diperkuat dengan adanya peningkatan minat masyarakat Indonesia terhadap MPV yang terlihat pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk tahun 2017.

mudik mobil mpv

Source: Kompas 

Selain dari segi pemakaian untuk kegiatan mobilisasi sehari-hari, ternyata MPV juga menjadi kendaraan yang laris manis yang dipakai untuk pulang ke kampung halaman atau mudik. Adapun pilihan pemudik menggunakan MPV itu berkaitan dengan beberapa kelebihan yang dimiliki.

Pada kali ini Carsome mencoba mengulas apa saja kelebihan yang ditawarkan MPV sebagai kendaraan mudik. Simak ulasannya berikut ini:

#1 Daya Tampung Penumpang Lebih Banyak

 

mpv sejuta umat

Source: Blogspot

Sebagian dari masyarakat tentunya ada bermudik bersama keluarga, hal pertama yang mesti menjadi indikasi khusus adalah perihal kapasitas penumpang. Seperti contohnya jika ada suatu momen mudik terdapat enam anggota keluarga yang ikut serta. Tentu tidak memungkinkan jika Anda menggunakan sedan atau hatchback, mobil tidak akan muat dengan jumlah orang tersebut.

Tentu beda halnya bila Anda menggunakan MPV jika dibandingkan dengan mobil jenis lainnya, MPV memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak sekitar 7-8 orang dengan perincian dua orang bisa menempati kursi bagian depan, sedangkan kursi bagian tengah dan belakang masing-masing bisa ditempati tiga orang.

#2 Memiliki Ruang Lebih Luas untuk Barang

mudik mobil mpv

Source: Blogpspot

Selain kapasitas penumpang, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kapasitas ruang pada mobil untuk barang bawaan. Barang bawaan ini biasanya berupa tas, oleh-oleh, ataupun perlengkapan mudik lainnya. Jangan sampai barang bawaan ini malah mengganggu kenyamanan perjalanan.

Untungnya, MPV memiliki kabin khusus untuk meletakkan barang di bagian belakang. Selain itu, bagian tersebut juga bisa diberi tambahan cargo net. Lembaran jaring ini berfungsi untuk mencegah barang terjatuh pada saat pintu belakang dibuka.

#3 Nyaman untuk Berkendara Jarak Jauh

mobil mpv indonesia

Source: Tempo

Berkendara dengan jangka waktu yang lama untuk perjalanan jauh seperti mudik tidak bisa dianggap sepele. Untuk itu, kenyamanan berkendara menjadi faktor penting yang wajib dicermati.

Dengan ukuran kabin yang cukup luas dan kapasitas penumpang yang lebih banyak, MPV bisa memberikan kenyamanan lebih bagi pemudik, terutama bila pergi dengan jumlah 4-5 orang saja. Keadaan ini bisa Anda gunakan untuk sekedar melakukan istirahat atau sekedar merenggangkan kaki ataupun badan, dibandingkan jika Anda pergi menggunakan mobil sedan atau city.

#4 Aman dari Genangan Air 

pas mudik mobil mpv

Source: Kompas

Memilih mobil yang akan digunakan untuk mudik tak cukup dengan hanya melihat model dan fungsi untuk mengangkut orang saja. Satu hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah kemampuan dari mobil tersebut dalam melintasi berbagai medan, misalnya jalanan bergelombang, berlubang, dan jalan yang dipenuhi dengan genangan air alias banjir. Untuk itu, mobil yang memiliki ground clearance tinggi seperti MPV bisa menjadi pertimbangan khusus.

#5 Harga yang Kompetitif

Salah satu faktor utama yang membuat MPV menjadi andalan banyak keluarga Indonesia adalah harganya yang dapat dijangkau. Berdasarkan Tim Pricing Carsome Indonesia, harga pasaran untuk membeli MPV terbaru mulai dari 130 jutaan.

Namun, membeli mobil baru saat ini tidaklah semudah membeli pakaian. Membeli mobil baru tentunya harus memiliki dana yang cukup, namun Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. Anda bisa mencoba menjual mobil lama Anda di Carsome.id! Di Carsome.id Anda akan mendapatkan penawaran harga jual Terbaik dari lebih 600 dealer sejabodetabek yang telah bekerja sama. Sehingga, Anda pun dapat memiliki dana tambahan yang cukup banyak untuk memiliki mobil MPV idaman Anda!

Dengan hal ini, mudik menggunakan MPV impian bisa menjadi kenyataan, karena adanya kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang untuk memiliki mobil sebagai suatu pencapaian dalam hidup. Tunggu apalagi? Belum punya MPV untuk mudik? Yuk, jual dulu mobil lama Anda di Carsome.id sebagai tambahan dana  membeli MPV idamanMu!