Membedah 175 Titik Inspeksi Mobil Bekas di CARSOME

Salah satu keunggulan membeli mobil bekas di CARSOME adalah kualitasnya yang terjamin. Ini karena CARSOME melakukan inspeksi di 175 titik sebelum menjualnya kepada para pelanggan. Lantas bagian mana saja yang diperiksa?

Dalam inspeksi yang dilakukan oleh profesional, ada 4 wilayah yang diperiksa. Mulai dari eksterior, interior, tes jalan dan bagian bawah mobil. Dari keempat wilayah tersebut, total ada 175 titik yang secara teliti diperiksa oleh tenaga profesional yang sudah terlatih. Titik mana saja?

  • Eksterior

Bagian pertama yang diperiksa pada eksterior adalah body dan bumper mobil. Melalui pedoman yang ketat, akan dipastikan bahwa mobil ini bukan bekas kecelakaan besar dan tampilan yang tidak terlalu buruk. Meski terkadang ada beberapa mobil bekas yang punya goresan halus tapi tidak terlalu fatal. 

Area titik lainnya yang diperiksa adalah pintu, kap mesin dan bagasi. Umumnya bagian ini paling sering dan banyak goresan atau penyok. Akses keluar masuk pengemudi dan penumpang kerap terbentur atau bergesekan dengan kendaraan lain di sampingnya atau dinding.

Kaca dan spion juga turut diperiksa untuk memastikan visibilitas terjaga dengan baik. Kotoran seperti jamur atau water spot akan dipastikan sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali sebelum dijual kepada pembeli. Sedangkan spion untuk mobil dengan pelipatan elektrik akan diuji apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Komponen vital pada eksterior yakni lampu juga diperiksa. Tidak hanya secara tampilan seperti apakah sudah menguning atau masih bening, tapi juga cahaya yang dipancarkan saat malam hari bisa membantu visibilitas pengemudi dengan baik.

Bagian terakhir adalah velg dan ban. Saat melakukan inspeksi akan diperiksa apakah ada baret pada velg karena khawatir pemilik sebelumnya pernah menyerempet trotoar. Sementara untuk ban akan dipastikan belum terlalu aus dan masih laik jalan. Total ada 53 titik yang diperiksa pada area eksterior.

  • Interior

Setelah eksterior, wilayah selanjutnya adalah interior mobil. Pada area ini menjadi titik terbanyak yang diperiksa. Total sebanyak 84 titik akan dipastikan lulus inspeksi sebelum ditawarkan kepada pembeli.

Titik pertama ialah sabuk pengaman. Petugas inspeksi akan memastikan sabuk pengaman masih berfungsi norman baik saat ditarik atau dilepas. Begitu juga dengan kondisi sabuknya apakah ada sobekan atau tidak.

Pemeriksaan selanjutnya ada pada sistem audio dan alarm. Pada audio akan dipastikan semua speaker menyala dan terdengar jelas suara yang dikeluarkan. Sementara alarm akan dipastikan masih berfungsi baik untuk mencegah pencurian.

Titik lainnya yang juga tidak kalah penting ialah sistem udara, AC, pemanas kaca, dan penghilang embun. Sistem udara dan AC dalam inspeksi dipastikan masih nyaman ketika dinyalakan dan tombol AC tidak rusak. Sedangkan pemanas kaca dan penghilang embun diharapkan masih bekerja agar visibilitas pengemudi terjaga.

Dalam inspeksi juga diperiksa kelengkapan interior mulai dari jam masih berfungsi, tilt dan teleskopik setir, power steering, klakson, speedometer, lampu-lampu peringatan, sambungan daya atau lighter dan semua fitur di interior.

Langkah selanjutnya yang diperiksa titik karpet dan cover. Titik inspeksi seperti dasbor, laci dasbor, karpet dasar, karpet tambahan, door trim, cover setiap pilar, plafon, jok hingga dudukan speaker dipastikan masih kondisi baik.

Bila mobil yang diinspeksi mempunyai sunroof, moonroof atau convertible top juga masuk dalam titik inspeksi. Tidak ketinggalan jendela dan sistem penguncian pintu dan jendela bila ada dipastikan masih berfungsi baik. Titik terakhir adalah ruang bagasi dimana titik inspeksi ini yang diperiksa adalah cover, jaring, lampu, dongkrak, tool kit, dan ban cadangan.

  • Tes Jalan

Inspeksi terpenting yakni performa juga masuk dalam pemeriksaan. Tidak hanya melihat dengan mata telanjang tapi tim inspeksi profesional juga menguji mesin saat dinyalakan, idle, akselerasi, suara, belts, dan engine mounting.

Tidak ketinggalan saat tes jalan juga dipastikan transmisi, roda penggerak, dan kopling masih berfungsi dengan baik. Ketika perpindahan persneling dipastikan tidak ada bunyi, sistem kopling dan tuas rem juga bekerja dengan baik.

Bagian terakhir saat tes jalan ialah memeriksa kemudi dan rem. Apabila ada suara pada kaki-kaki atau sistem pengereman yang bermasalah, maka akan rekondisi secara profesional hingga dalam keadaan normal ketika dibeli oleh pelanggan. Total sebanyak 15 titik diinspeksi oleh tenaga profesional.

  • Bagian Bawah Mobil

Bagian bawah atau kolong mobil yang kerap luput ketika membeli mobil bekas turut diperiksa secara ketat. Dipastikan tidak ada cairan yang rembes atau bocor, seperti oli mesin, coolant, minyak rem, minyak power steering dan air wiper. 

Termasuk sistem pendingin mobil seperti radiator, kipas, tangki dan master rem juga dilakukan inspeksi. Sedangkan sistem kelistrikan seperti dinamo starter dan aki juga dipastikan masih dalam keadaan baik.

Kondisi sistem pembuangan dan cover mesin bawah juga diperiksa oleh tim inspeksi untuk memastikan tidak ada kerusakan fatal. Begitu juga dengan mounting transmisi, sistem kemudi, suspensi hingga rem dengan total 23 titik yang diperiksa.

Beli Mobil Bekas Terpercaya

Mobil bekas yang lolos pemeriksaan dengan baik jelas menjadi mobil yang layak dipertimbangkan untuk dibeli. Mobkas terpercaya ini dapat diperoleh di CARSOME  , dengan jaminan CARSOME promise yaitu: 

  • 175 Titik Inspeksi Profesional: Setiap mobil CARSOME Certified sudah melalui serangkaian pengecekan yang ketat meliputi 175 titik inspeksi untuk memastikan mobil bukan bekas kecelakaan besar, akibat kebakaran, atau kerusakan akibat banjir. Hanya mobil berkualitas yang kami berikan untuk Anda.
  • Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi: Konsumen dipastikan tidak akan menemukan biaya tersembunyi & tidak ada tawar-menawar saat membeli mobil di CARSOME. Sehingga memberikan transparansi sekaligus ketenangan pikiran saat membeli mobil.
  • Garansi 1 Tahun: Seluruh mobil CARSOME Certified dipastikan memiliki kondisi yang prima dan layak jalan, namun untuk menambah ketenangan pikiran, Carsome memberikan jaminan garansi satu tahun pada mesin mobil bekas Anda. 
  • Jaminan 5 Hari Uang Kembali: Ada jaminan 5 hari uang kembali secara penuh jika dikemudian hari Anda berubah pikiran (hubungi CARSOME Consultant kami untuk informasi lebih lanjut).

Langsung website resmi CARSOME di Carsome.id untuk pengalaman baru yang mengesankan selama proses beli mobil bekas dan info terkini seputar promo khusus untuk Anda.