12 Mobil Diesel Murah, Irit & Terbaik Incaran Konsumen!

Mobil diesel tentu saja identik dengan tenaga atau mesin yang cenderung lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis kendaraan lain. Selain itu, mobil diesel juga dikenal memiliki mesin yang jauh lebih kokoh namun tetap hemat dalam konsumsi bahan bakarnya. Oleh karena itu, sangat cocok untuk dikendarai melewati tanjakan serta berbagai medan yang terjal. Mesin diesel memang cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan performa dan ketangkasan mesin. Hal tersebutlah yang membedakan mobil mesin diesel dan mesin bensin

Di Indonesia sendiri, mobil diesel juga banyak menjadi pilihan karena dianggap lebih tahan dan awet jika harus terus menerus melewati medan yang tergenang air atau banjir sekalipun. Dengan torsi besar yang dihasilkan membuat mobil diesel mampu berjalan di medan yang sulit. Carsome telah memilih 13 mobil  di Indonesia yang menggunakan mesin diesel terbaik di kelasnya. Dengan konsumsi bahan bakar yang cenderung irit, namun juga cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga sehari-hari!

1. Suzuki Ertiga 2017
suzuki-ertiga-2017-mobil-diesel

Sumber: Kumparan

Model yang dikeluarkan Suzuki ini diluncurkan pada tahun 2017 dengan jumlah yang terbatas. Suzuki Ertiga dilengkapi dengan transmisi manual dan menggunakan mesin diesel dan bahan bakar solar sebagai penggeraknya. Untuk urusan mesin, Suzuki Ertiga menggunakan mesin berkapasitas 1.248 cc (D13A) dengan turbo. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 89 dk pada 4.000 rpm dan torsi maksimum 200 Nm di putaran 1.750 rpm.

Harga Suzuki Ertiga 2017: >Rp 140 juta

2. Renault Duster

toyota-renault-duster-mobil-diesel-murah-terjangkau-dan-irit Sumber: Gomechanic

Kemampuan jelajah Renalut Duster sangat baik, karena mobil SUV ini bisa dipakai melewati berbagai medan jalan yang dilaluinya. Alhasil Renault Duster cocok dijadikan sebagai mobil offroad yang harus melewati berbagai rintangan. Terlebih harga mobil Diesel terbaik ini cukup terjangkau dan tersedia 2 varian yang menggunakan sistem penggerak 4×2 dan 4×4. Salah satu faktor yang membuat harga mobil Diesel ini murah adalah kapasitas mesinnya. Pasalnya Renault Duster menggunakan mesin 1.5 dCi K9K HP yang memiliki kapasitas 1.461 cc dan dilengkapi sistem pembakaran Common Rail Direct Injection (dCi).

Harga Toyota Renault Duster: >Rp 279 juta

3. Isuzu Panther Grand Touring 2021 

mobil-diesel-isuzu-panther-grand-touring-2021Sumber: Astra Isuzu

Isuzu Panther Grand Touring tak dapat dipungkiri memang telah menjadi salah satu mobil diesel yang melegenda di Indonesia. Sejak kemunculan perdananya di tahun 2000-an awal, Isuzu Panther memang tak banyak mengalami perubahan atau perombakan besar pada model yang digunakannya. Untuk Isuzu Panther Grand Touring sendiri merupakan salah satu model teratas dari seluruh seri Isuzu Panther yang ada di Indonesia. Mobil MPV yang satu ini mampu memuat hingga 7 orang penumpang di dalamnya. Berbekal mesin 4JA1, Isuzu Panther Grand Touring memiliki performa yang tangguh dan dapat diandalkan pada berbagai medan jalan. Adapun varian mobil Isuzu Panther yang dapat Anda jadikan pilihan adalah Isuzu Panther SMART, Isuzu Panther LV dan Isuzu Panther LS. 

Harga Isuzu Panther: >Rp286,6 juta 

4. Chevrolet Captiva

chervolet-captiva-mobil-diesel-murah-iritSumber: Kompas Otomotif 

Rekomendasi mobil diesel selanjutnya jatuh pada Chevrolet Captiva yang merupakan mobil diesel yang tergolong dalam tahun produksi muda. Chevrolet Captiva sendiri menggunakan model facelift dan mesin RA 420. Sudah dilengkapi pula dengan fitur turbocharger berkapasitas 1.998 cc dan tenaga sebesar 167 dk, serta torsi maksimum 400 Nm pada 2.000 rpm.

Harga Chevrolet Captiva: > Rp 328 juta

5. Isuzu Panther Grand Touring

 

mobil-diesel-isuzu-panther-grand-touring-2021

Sumber: Kompas Otomotif

Isuzu Panther merupakan mobil bermesin diesel yang sangat irit bbm dan mempunyai performa yang sangat tinggi. Serta memiliki interior yang luas sehingga sangat nyaman untuk berkendara bersama keluarga. Isuzu Panther juga sangat tangguh di trek yang lurus maupun tanjakan, serta mempunyai kaki kaki yang mampu menahan getaran mobil sehingga memberi kenyamanan bagi yang mengendarainya. Sayangnya Isuzu tidak melakukan pembaharuan pada segi desain, sehingga namanya terus tenggelam dan kalah dari mobil SUV modern yang menggunakan bahan bakar bensin. Padahal dari segi performa kami akui sangat baik. Mobil diesel ini menggunakan mesin 4JAIL berteknologi Turbocharger yang memiliki kapasitas 2.499cc dan bisa mengeluarkan tenaga mencapai 80 PS pada 3.500 rpm dan torsi 19.5 kgm pada 1.800 rpm. Isuzu Panther juga memiliki 3 baris kursi untuk menampung 7 orang penumpang.

Harga Isuzu Panther Grand Touring: >Rp 342,3 juta

6. Toyota Kijang Innova

 

mobil-diesel-toyota-kijang-innovaSumber: Otosia

Sama halnya dengan KIA Grand Sedona, Toyota Kijang Innova juga tersedia dalam dua varian mesin, yaitu bensin dan diesel. Untuk mesin dieselnya sendiri dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia karena menggunakan mesin 2GD FTV yang berkapasitas 2.393 cc 4 silinder. Dengan mesin tersebut, Toyota Kijang Innova mampu menghasilkan tenaga hingga 148 hp dengan kekuatan torsi maksimum di angka 34,9 kgm pada 1.900 hingga 2.800 rpm. Toyota Kijang Innova pun dianggap sebagai salah satu mobil diesel keluarga terbaik karena mampu menampung hingga 7 orang penumpang di dalamnya. Untuk urusan konsumsi bahan bakar pun, Toyota Kijang Innova dikenal sangat irit, sehingga tidak boros jika digunakan untuk sehari-hari. Ditambah lagi, Toyota Kijang Innova memiliki sistem keamanan dan fitur yang cukup melimpah. Jadi, tidak heran banyak orang yang membeli mobil ini.

Harga Toyota Kijang Innova: >Rp 410 juta

7. Isuzu MU-X

mobil-diesel-isuzu-mu-x-irit-dan-bertenagaSumber: Liputan6

Isuzu memang terkenal dengan rajanya mobil mesin diesel, dari dulu hingga sekarang produk dari Isuzu memang memiliki kulaitas yang cukup bagus. Apalagi dengan mesin dieselnya yang terkenal dengan tenaganya yang besar namun memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih efisiensi atau dengan kata lain lebih hemat bahan bakar. Isuzu sendiri merupakan salah satu Merk otomotif terbesar dan terpopuler di Indonesia, banyak produk-produk dari Isuzu yang diminati oleh para pengguna mobil di Indonesia. Selain harganya yang cukup terjangkau, mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur modern yang akan membuat pengendara lebih betah dalam mengendaria mobil ini.

Mengusung nama Isuzu MU-X mobil dengan type SUV ini dilengkapi dengan mesin 4JKI-TC Hi-Power dengan 4 silinder segaris yang dipadukan dengan teknologi DOHC dengan 16 katup. Jenis mesin ini mamapu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 136 PS pada putaran 3.400 rpm. Mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Cammon rail VGS yang akan membuat mesin mobil ini menjadi optimal. Untuk dimensi mobil Isuzu MU-X ini memiliki panjang mobil sekitar 4.825 mm, dengan lebar mobil 1.860 mm dan tinggi 1.840 mm yang akan membuat mobil Isuzu MU-X ini terlihat lebih besar dan bongsor.

Harga Isuzu MU-X: >Rp 425 juta

8. Toyota Fortuner

mobil-diesel-toyota-fortunerSumber: Gridoto

Toyota nampaknya sangat serius dalam persaingan mobil bermesin diesel. Hal ini terbukti dengan dirilisnya Toyota Fortuner VNT TRD Sportivo. Mobil ini didesain dengan mesin diesel tipe NT 2.4 Liter. Produk keluaran Jepang ini mampu menghasilkan tenaga 149.6 PS dalam putaran 3400 RPM. Anda tidak akan merasa bising saat menaiki mobil ini karena hentakan torsinya cukup besar. Untuk masalah penggunaan bahan bakar, Anda tidak perlu khawatir. Produk ini mengolah bensin lebih optimal berkat fitur Common Rail. Memiliki sebuah produk mobil dari vendor ternama akan memberikan kemudahan pasca jual. Hal inilah yang membuat produk Toyota laris di pasaran. Pantaslah kiranya jika Toyota Fortuner masuk dalam deretan mobil diesel terbaik yang patut diperhitungkan.

Harga Toyota Fortuner: >Rp 480 juta

9. Mitsubishi Pajero Sport

mitsubishi-pajero-sport-mobil-disel-irit-bertenagaSumber: Otodetik 

Dengan desain eksterior yang modern, mewah, dan sporty, itu membuat Mitsubishi Pajero Sport banyak menjadi pilihan untuk mobil keluarga di Indonesia. Dilengkapi dengan mesin 4N15 yang berkapasitas hingga 2.400 cc dan 4 silinder turbo, kendaraan buatan Indonesia ini punya mesin diesel bertenaga besar, yaitu mampu mengeluarkan tenaga sebesar 180 hp. Tidak hanya itu, mesin ini juga dipadukan dengan transmisi otomatis 8 percepatan yang dapat membuat performa yang diperoleh jauh lebih optimal diperbandingkan dengan mobil diesel lain. Dengan harga yang memang masih cenderung mahal di kelasnya, Mitsubishi Pajero Sport merupakan salah satu mobil bermesin diesel yang memiliki suara mesin yang tidak terlalu bising meskipun bertenaga besar sekalipun. Jadi, masih layak dijadikan mobil diesel terbaik di Indonesia.

Harga Mitsubishi Pajero Sport: > Rp 502,8 juta 

10. Toyota Fortuner SUV Premium

toyota-fortuner-mobil-diesel

Sumber: Otomotif Tempo

Tak mau kalah dari pesaingnya, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota pun menghadirkan SUV berukuran besar, Fortuner. Toyota Fortuner ini adalah pesaing terdekat dari Pajero Sport. Toyota Fortuner ini juga mempunyai desain yang tidak kalah mewah dibanding Pajero Sport. Mobil yang menawarkan desain yang kokoh serta gagah ini menggunakan mesin bertipe 2GD FTV seperti yang digunakan pada Toyota Kijang Innova. Toyota Fortuner sendiri mampu menghasilkan tenaga torsi maksimum hingga 40,8 kgm pada 1.600 rpm hingga 2.000 rpm. Selain itu, Toyota Fortuner juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap, lho! Adapun Toyota Fortuner yang dapat menjadi pilihan Anda adalah Toyota Fortuner 2.4 4×2 VRZ AT DSL TRD, Toyota Fortuner 2.7 SRZ AT BSN TRD dan Toyota Fortuner 2.7 4X2 SRZ AT BSN. 

Harga Toyota Fortuner:  >Rp 554,85 juta 

11. Hyundai All-New Santa Fe

mobil-diesel-hyundai-all-new-santa-feSumber: Hyundai

Rekomendasi mobil diesel terbaik selanjutnya datang dari pabrikan asal Korea Selatan. Hyundai All New Santa Fe sendiri dikenal sebagai salah satu pesaing berat dari Toyota Fortuner serta Mitsubishi Pajero Sport. Dengan dua varian mesin yang ditawarkan (diesel atau bensin), Hyundai menggunakan kapasitas mesin diesel sebesar 2.200 cc, 4 silinder, dan turbo yang bertenaga 191 hp. Jika dilihat dari sisi kenyamanan dan keamanannya, Hyundai All New Santa Fe sudah memiliki berbagai fitur yang setara dengan mobil-mobil keluaran Eropa. Mulai dari sistem handling hingga sistem suspensi yang digunakannya.

Harga Hyundai All New Santa Fee: >Rp 569 juta 

12. KIA Grand Sedona

mobil-diesel-kia-grand-sedonaSumber: Viva

Mobil diesel terbaik di Indonesia berikutnya adalah KIA Grand Sedona. Memang masih banyak orang yang belum mengenal mobil yang satu ini. Meskipun demikian, KIA Grand Sedona juga termasuk ke dalam mobil diesel yang cukup nyaman dikendarai. Kia Grand Sedona sendiri sebenarnya tersedia dalam dua varian mesin (bensin dan diesel). Untuk pasar Indonesia, KIA Grand Sedona menggunakan mesin diesel dengan kapasitas 2.199 cc yang memiliki 4 silinder dan mampu mengeluarkan tenaga hingga 200 hp. Dengan performa yang luar biasa, KIA Grand Sedona juga sangat nyaman untuk dikendarai sebagai mobil harian karena ukuran kabinnya yang lebih lega dan lebih panjang dari Toyota Alphard.

Harga KIA Grand Sedona: > Rp 656,7 juta

Beli Mobil Bekas Berkualitas & Aman di Carsome!

belim-mobil-bekas-berkualitas-di-tokopedia

Kata siapa beli mobil bekas sangatlah rumit dan bisa tertipu? Sekarang tidak perlu ragu dan takut lagi karena ada Carsome semua menjadi lebih tenang! Carsome menyediakan berbagai diskon menarik untuk setiap pembelian mobil bekas hingga Rp 3 juta. Buruan sekarang kunjungi Tokopedia Carsome Indonesia!

Carsome adalah Platform E-Commerce mobil bekas terintegrasi terbesar Se-Asia Tenggara yang memiliki 1000 lebih mitra terpercaya di Indonesia. Seluruh prosedur dan transaksi jual maupun membeli mobil bekas di Carsome sangat dimaksimalkan. Sehingga, Anda tidak perlu terlalu lama menunggu.

Tidak perlu ragu, karena seluruh mobil yang dijual di Carsome sudah melalui proses 175 titik inspeksi. Anda juga dapat melakukan test drive, lho! Silahkan kunjungi website Carsome dan pilih menu beli mobil bekas.

Baca juga:  31 Mobil Kecil Murah Baru dan Bekas Harga Mulai 100 Jutaan