Tips Agar Harga Mobil Jarang Dipakai Nggak Anjlok

Mobil jarang dipakai membutuhkan perawatan khusus agar tetap terjaga kondisinya. Hal ini dikarenakan mobil yang jarang digunakan rentan mengalami masalah seperti kerusakan mesin, kelistrikan, ban pecah, dan sebagainya. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips penting untuk merawat mobil yang jarang dipakai.

1. Simpan di tempat yang aman dan terlindungi

Simpan mobil yang jarang dipakai di tempat yang aman dan sesuai dengan kondisi mobil. Jika mobil disimpan di tempat yang lembab, maka mobil dapat terkena karat. Jika mobil disimpan di tempat yang terlalu panas, maka dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan. Jika mobil disimpan di luar ruangan, maka pastikan mobil terlindungi dengan kain penutup mobil, ya. 

Sebaiknya, hindari menyimpan mobil di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di dekat tempat dengan resiko banjir atau kebakaran. Selain itu, jangan biarkan mobil terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung tanpa penutup mobil, karena akan merusak cat dan bisa membuat cat mobil luntur juga karatan di berbagai bagian mobil.

Baca artikel terkait: Cara Jual Mobil Bekas Cepat Laku, Ini 15 Tips Jitunya!

2. Hidupkan mesin secara berkala

Saat mobil jarang dipakai, pastikan untuk menghidupkan mesin secara berkala ya. Mesin mobil yang tidak digunakan dalam waktu yang lama sangat rentan mengalami masalah seperti kerusakan pada starter mobil, karat pada bagian dalam mesin dan sebagainya. Oleh karena itu, biarkan mesin mobil hidup selama beberapa menit secara berkala agar oli dapat mengalir dengan baik dan mesin tetap terjaga kondisinya.

Artikel rekomendasi: Biaya Balik Nama Mobil, Langkah & Dokumen yang Disiapkan

3. Bersihkan mobil secara teratur

Ada lagi nih, mobil yang jarang dipakai juga rentan terkena debu dan kotora, loh. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan mobil secara teratur untuk mencegah kotoran menempel dan merusak cat mobil. Selain itu, pastikan Anda membersihkan bagian dalam mobil seperti jok dan dashboard ya agar tetap bersih dan nyaman meskipun jarang digunakan.

Baca juga: Cara Over Kredit Mobil yang Aman Untuk Pembeli dan Penjual

4. Periksa dan isi bahan bakar 

Pastikan Anda memeriksa dan mengisi bahan bakar mobil secara berkala. Bahan bakar yang terlalu lama tertinggal di dalam tangki dapat menyebabkan masalah pada mesin mobil. Selain itu, pastikan tangki bahan bakar selalu terisi untuk mencegah kondensasi air yang dapat merusak mesin.

5. Lakukan servis secara berkala

Selanjutnya, pastikan Anda melakukan servis mobil secara berkala. Mobil jarang dipakai membutuhkan perawatan khusus, termasuk servis berkala untuk menjaga kondisi mesin dan komponen mobil lainnya. Pastikan Anda melakukan servis mobil sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Merawat mobil yang jarang dipakai memang membutuhkan perhatian khusus. Namun, dengan tips yang tepat, Anda bisa menjaga kondisi mobil tetap prima meskipun jarang digunakan. Pastikan untuk menyimpan mobil di tempat yang aman dan terlindungi, menjaga kebersihan mobil, melakukan perawatan mesin secara teratur, dan panaskan mobil secara berkala. Dengan cara ini, mobil Anda akan tetap awet dan dapat digunakan dengan baik seketika dibutuhkan.

Selain itu, perawatan berkala perlu dilakukan agar harga jual mobil yang jarang dipakai dapat tetap terjaga dan menghindari kerugian finansial jika dikemudian hari Anda berniat menjualnya.

Jual aman dan terima penawaran langsung 

Setelah melakukan perawatan dan menjaga kualitas mobil Anda yang jarang dipakai, saatnya untuk mempertimbangkan untuk menjualnya. Jika Anda ingin menjual mobil dengan aman dan cepat, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan layanan jual mobil online yang aman dan terpercaya di CARSOME

Anda bisa melakukan inspeksi mobil secara gratis tanpa dipungut biaya apapun dan mendapatkan penawaran harga di tempat. Selain itu, CARSOME juga menjamin keamanan transaksi jual beli mobil melalui proses yang dilakukan di tempat yang aman, terpercaya dan cepat, karena jika Anda sepakat dengan harga yang ditawarkan, uang akan dikirimkan dengan aman ke rekening Anda dalam 24 jam. 

jual-mobil-bekas

Anda tidak perlu khawatir tentang risiko penipuan jika menggunakan platform jual-beli mobil online seperti CARSOME, karena, Anda tidak perlu membuang waktu untuk beriklan, dan mencari pembeli untuk mobil Anda. Dengan menggunakan layanan CARSOME, Anda dapat menjual mobil Anda dengan mudah dan aman, serta mendapatkan penawaran harga yang lebih baik daripada menjual mobil secara mandiri atau melalui dealer.

Yuk segera jadwalkan inspeksi GRATIS secara online atau datang langsung ke CARSOME terdekat. Jangan lupa! Download aplikasi CARSOME untuk kemudahan jual beli mobil dalam satu genggaman. Kami tunggu kehadirannya, ya!

Baca juga: Resiko Jual Mobil Online, Kenali Bentuk Penipuannya!