Tips Tetap Fokus Berkendara Selama Berpuasa

Berkendara sambil berpuasa tentu memberikan tantangan tersendiri. Terlebih ketika tubuh kekurangan asupan cairan untuk jangka waktu yang lama, hal tersebut seringkali membuat kita mudah merasa lelah. Akibatnya sulit fokus dan hilang konsentrasi dalam beraktivitas. 

Meskipun dalam keadaan menahan lapar dan haus, kamu yang menghabiskan banyak waktu dalam bermobilisasi dari satu tempat ke tempat lain dituntut untuk tetap memiliki konsentrasi dan fokus yang tinggi. Lalu bagaimana untuk tetap bisa mengendalikan diri dari banyaknya godaan selama di perjalanan? 

Yuk simak tips dibawah ini, agar tetap aman dan nyaman selama berkendara meskipun sedang berpuasa.

Tidur Lebih Awal dan Rencanakan Perjalanan

Hal ini dilakukan untuk menghindari tergesa di menit akhir saat waktunya kamu pergi bekerja. Tergesa-gesa sendiri dapat menimbulkan kecemasan yang memicu adrenalin. Sehingga seringkali kamu akan terbawa suasana dan tanpa sadar berkendara dengan kecepatan tinggi. 

Sementara saat sedang berpuasa terjadi perubahan jam tubuh terkait waktu tidur, karena kamu diharuskan bangun saat dini hari untuk menyantap sahur. Jadi, penting untuk memiliki durasi tidur yang cukup agar tidak tergesa kemudian. 

Sadari Keterbatasanmu

Jika kamu mengalami gejala seperti menguap, mata lelah, mengantuk, dan gelisah, ada baiknya menghindari sejenak untuk berkendara. Hal tersebut merupakan tanda bahwa kamu telah kehilangan sebagian konsentrasimu dan buruk untuk memulai perjalanan. Sebaiknya menepi, beristirahat sejenak dan kembali saat kesadaraan dan fokus mu telah pulih sepenuhnya. 

Hindari Makanan Berlemak

Saat puasa Ramadhan seringkali kita kesulitan untuk mengontrol pola makan. Akibatnya, asupan nutrisi dan kalori menjadi tidak terkendali. Menghindari makanan berlemak saat sahur dan berbuka dianjurkan untuk mempermudah proses istirahat di malam hari. Karena itu tidak heran, jika banyak yang kesulitan untuk tidur di malam hari karena akibat dari konsumsi makanan pedas, tinggi lemak dan santan yang berlebih. Jika sudah terjadi, kamu akan mudah merasa lelah, dan tidak bersemangat saat bangun tidur. Kondisi ini harus dihindari terlebih jika kamu harus berkendara.

Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi makanan rendah indeks glikemiks yang membuat kenyang lebih lama. Menu jenis tersebut bisa kamu temukan pada makanan tinggi serat seperti kentang, beras merah, brokoli dan lainnya. 

Penuhi Asupan Cairan Dengan Pola 2-4-2

Asupan cairan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari pusing, lemas, tidak semangat dan hilang konsentrasi. Karena itu, selama berpuasa kamu dapat mencoba menerapkan pola 2-4-2 agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi. Seperti, 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih saat makan malam, dan 2 gelas air putih saat sahur. 

Selain air putih, ada jenis minuman lain yang dapat membantu kamu mengembalikan energi seperti air kelapa, teh manis, jus buah, dan madu. Namun, air putih tetap menjadi minuman terbaik sebagai pemenuh cairan tubuh yang baik untuk kesehatan. 

Sediakan camilan untuk berbuka

Demi menghindari kepanikan menjelang berbuka, ada baiknya kamu membawa camilan praktis hanya untuk berjaga jika kamu terpaksa berbuka saat di perjalanan. Karena kamu tidak tahu bagaimana kondisi jalan yang akan kamu lalui. Terjebak di tengah kemacetan bisa membuat stress. Apalagi jika bertepatan dengan waktunya berbuka. 

Karena itu penting untuk menyiapkan camilan untuk mengganjal perut dan membawa air mineral saat dalam perjalanan pulang. Rasa tergesa dan perut yang lapar dapat membuat kamu dengan mudah kehilangan konsentrasi saat berkendara. 

Ramadhan Berkah Promo Berlimpah

Manfaatkan promo terbaik dari Carsome selama periode Ramadhan berlangsung dengan total mencapai Jutaan Rupiah. 

Kegiatan silaturahmi jadi makin nyaman dengan mobil bertipe keluarga. Cek pilihan mobil impian Anda di carsome.id, sekarang. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service kami di (021) 5020 2030 atau kunjungi Carsome Experience Center terdekat.