Tips Hemat Bensin Selama Mudik Dengan Kendaraan Pribadi

Mudik jadi ritual tahunan yang paling ditunggu-tunggu nih, terlebih bagi perantau yang sudah bertahun-tahun tidak kembali ke kampung halaman. Terjebak di dalam kemacetan dan rintangan lain yang membentang selama perjalanan agaknya tidak jadi penghalang demi segera bertemu sanak saudara di kampung halaman. 

Beruntungnya, tahun ini sudah dipastikan bahwa masyarakat Indonesia bisa kembali menikmati euphoria mudik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. 

Nah bagi Anda yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, ada strategi khusus nih agar bisa tetap hemat bahan bakar selama perjalanan darat berlangsung atau yang disebut juga teknik eco-driving. Seperti apa?

Yuk cek tips hemat BBM untuk persiapan mudik Anda.

 

1. Hindari rem mendadak

Selain menggunakan bahan bakar yang tidak tepat, mengerem yang dilakukan secara mendadak juga bisa menjadi pemicu mobil Anda mengalami boros bensin dengan cepat. 

Karena kegiatan tersebut dapat memicu konsumsi bahan bakar lebih banyak akibat kecepatan mobil yang terbuang secara drastis dalam waktu singkat dan perlunya energi besar untuk berjalan kembali. Sebaiknya hindari melakukan aktivitas tersebut jika Anda ingin bahan bakar Anda lebih hemat. 

2. Hindari bersikap agresif dalam berkendara

Selama berkendara ada saja rintangan yang menguji kesabaran. Selain dapat membahayakan pengguna jalan lain yang menyebabkan potensi kecelakaan lalu lintas, bersikap agresif dalam berkendara bisa memperbesar peluang bahan bakar Anda menjadi lebih boros karena akselerasi tinggi terlebih di jalanan yang lengang, 

3. Kurangi penggunaan AC

Mengurangi penggunaan AC bisa jadi salah satu cara menekan penggunaan bahan bakar agar lebih hemat, lho. Karena faktanya, meskipun dapat membuat Anda merasa nyaman dan segar selama berkendara, AC ikut berkontribusi dalam mempercepat borosnya bahan bakar. 

Trik yang bisa Anda lakukan adalah, jika melewati area menanjak dengan tikungan tajam, Anda bisa mematikan atau mengurangi AC sejenak agar mesin tidak bekerja dengan extra yang membuat bahan bakar semakin boros. 

4. Memanfaatkan “engine brake”

Apa itu engine brake? Teknik memperlambat kecepatan mobil dalam jarak waktu pendek dengan aman untuk meringankan kerja rem dengan cara mengandalkan putaran mesin ketika transmisi ke gigi yang lebih rendah. Teknik ini dapat membantu mengurangi beban rem dan membuat bahan bakar lebih efisien. 

5. Jaga jarak aman dan hindari ber-manuver tajam

Beri ruang aman antar kendaraan untuk menghindari manuver tajam jika terjadi kondisi mendesak seperti rem mendadak. Tentu, ini berkaitan dengan poin pertama dalam menjaga bahan bakar tetap efisien selama perjalanan mudik berlangsung. 

Baca juga: Pilihan mobil irit BBM disini

Beli Mobil Bekas Berkualitas di Carsome!

Mobil bekas tidak semuanya buruk, lho! Semua tergantung dimana tempat Anda membeli dan bagaimana jaminan hingga transparansi yang berlaku. Carsome adalah platform e-commerce jual beli mobil bekas online terbesar di Asia Tenggara yang saat ini hadir di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura.

Beli mobil bekas di Carsome selalu lebih mudah, cepat dan transparan. Harga pasti, jaminan 1 tahun garansi dan garansi 5 hari uang kembali. Semua mobil yang dijual di Carsome sudah dipastikan lulus inspeksi di 175 titik. Jadi, tunggu apa lagi? Kunjungi carsome.id dan pilih mobil bekas berkualitas terbaik untuk kebutuhan Anda!