Mobil Mana Nih yang Jadi Pilihan Kamu?

Kalo disuruh milih, kamu bakal pilih Daihatsu Sigra Anyar atau Honda Mobilio bekas nih? Mobil LCGC dan LMPV cocok banget kalo dijadiin pilihan buat keluarga kamu. Tapi kira-kira bagusan yang mana yaa? Daihatsu Sigra baru dibanderol mulai harga Rp 124 jutaan hingga Rp 156 jutaan. Sementara itu, Mobilio keluaran 2015 memiliki harga yang hampir sama jugaaa lohh..

Yuk kita bandingkan kedua tipe mobil ini! Kalo kita lihat dari segi akomodasi, Mobilio terlihat lebih unggul. Mobilio memiliki dimensi Mobilio 4386 x 1683 x 1603 mm. Sementara Sigra dengan ukuran 4070 x 1655 x 1600 mm. Jok mobilio memiliki tekstur yang sangatlah tipis sehingga memberi efek kabin lapang. Walaupun begitu, keduanya memiliki wujud yang sama-sama memiliki pusat gravitasi rendah dan memberi kesan agak ceper.

Source : daihatsu.co.id

Dari segi eksteriornya, Sigra memiliki wajah yang lebih sporty dengan aksen garis horizontal yang cukup banyak di bagian grille. Sistem penerangannya yang cukup tajam karena memakai teknologi LED, sedangkan Mobilio 2015 masih menggunakan halogen lampu multireflektor.

Mesin Sigra disuguhkan dalam dua tipe. Pilihan pertama yang paling kecil memiliki konfigurasi 2 silinder dengan kubikasi 1 liter. Mobil ini memiliki keluaran tenaga 67 PS dan torsi 89 Nm. Sementara itu, versi lebih bertenaganya adalah 4 silinder berkapasitas 1,2 liter yang memproduksi 88 PS dan momen punter 108 Nm. Keduanya tidak bisa menyaingi mesin 4 silinder Mobilio yang kapasitasnya 1,5 liter. Bahkan tenaga 118 PS masih yang terbesar di kelasnya. Begitu pula torsi yang mencapai 145 Nm. Kenyamanan bekendara juga berbeda khususnya untuk transmisi otomatis. Mobilio lebih memilih model CVT yang menawarkan rasa mengemudi halus, tanpa ada jeda perpindahan gigi. Sigra sendiri masih mengaplikasikan model konvensional. Sebagian mungkin lebih nyaman dengan transmisi Sigra. Namun, CVT masih merupakan perpaduan ideal dalam menyatukan performa dan efisiensi bahan bakar.

Source : hondaphil.com

Selanjutnya pada bagian kabin, gaya yang berbeda langsung terlihat terutama di bagian depan. Komposisi dasbor Sigra lebih terlihat kompak. Ini dikarenakan posisi tuas transmisi yang dibuat melayang dan menyatu dengannya. Beda dengan Mobilio yang meletakkan perangkat itu di konsol tengah sebelah jok, dekat rem tangan. Urusan hiburan, keduanya menggunakan layar sentuh yang dapat memutar macam multimedia.

Source : infomobilhonda.net

Perangkat yang paling mencolok bedanya adalah pendingin kabin. Walaupun sama-sama memakai model kenop, tapi untuk penumpang belakang Sigra ditunjang ventilator. Fungsinya meneruskan udara dingin yang keluar dari kisi-kisi AC baris depan ke belakang. Mobilio dinilai lebih mantap karena modelnya sudah model double blower. Fitur keselamatannya juga tergolong memadai. Dual SRS airbag sudah standar, kemudian Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronik Brake Distribution (EBD). Tapi ingat yaa, yang namanya mobil bekas pastinya harus dicek berkali-kali performanyaa. Pastikan CVT masih sehat dan rutin diganti oli. Hayooo kamu lebih pilih yang mana nih?

Kalo kamu mau jual mobil lama, gaperlu khawatir yaaa langsung aja buka www.carsome.id pastinya mobil kamu laku dalam 24 jam ajaa lohhh! Ditambah lagi ada sistem penawaran transparan dari ribuan dealer terverifikasi.. Pastinya bikin kamu jadi ketagihan buat jual mobil kamu lagi disini #EnaknyaJadiRebutan