Lulusan Jurusan Otomotif Kerja Apa? Cek 8 Prospek Menjanjikan Berikut

Jurusan teknik otomotif sebenarnya sudah bisa didapat dari jenjang SMK atau sekolah menengah kejuruan. Dasar pembelajaran akan permesinan kendaraan pun diberikan dan dapat dilanjut di bangku kuliah. Bahkan tak sedikit yang mampu menghasilkan inovasi pada sektor kendaraan.  Prospek lulusan kerja otomotif sebenarnya cukup luas dan mapan jika masa kuliahnya mengambil ilmu tambahan untuk menunjang bakat dan kemampuan Anda. 

Meski demikian, tidak sedikit yang masih ragu untuk turut serta mencoba jurusan tersebut. Terutama mengingat persepsi jurusan yang dikaitkan dengan montir. Padahal, prospek kerja yang dimiliki pun cukup luas. Lantas, jurusan otomotif kerja apa? Berikut adalah ulasan yang Carsome siapkan untuk Anda! 

1. Mekanik Kendaraan 

Pekerjaan pertama yang terbuka untuk mereka yang lulusan SMA atau SMK sederajat adalah mekanik. Karir yang satu ini cocok untuk mereka yang hobi mengutak atik mesin. Ruang kerja mekanik sendiri mencakup seluruh jenis otomotif baik itu motor, mobil, bus, dll.

Peran dari mekanik sendiri beragam, mulai dari melakukan perawatan, pemeliharaan, perbaikan, atau pembaharuan. Jenis karir ini bisa saja dilakukan secara mandiri atau sebagai pekerja di dealer. Sebagai seorang mekanik, tugasnya pun sangat beragam bergantung dengan tanggung jawab. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan mekanik bisa membawa pulang gaji besar. Seperti contohnya adalah menjadi mekanik untuk kendaraan premium seperti mobil balap. Para mekanik di pit stop balap kelas dunia bisa mengantongi gaji mencapai 78.000 US dolar per tahunnya. Ingat mekanik kendaraan adalah pekerjaan yang menuntut spesialisasi dan kemampuan. Sehingga, saat Anda fokus untuk mendalami dan mengambil studi perkuliahan dengan menekuni dunia mesin. Maka, tidak menutup kemungkinan karir Anda kedepannya akan menjadi lebih cemerlang! 

2. Berwirausaha 

Kata siapa montir kendaraan bukanlah pekerjaan yang ideal? Bagi peminat wirausaha, membuka bengkel sendiri, produksi komponen mesin, hingga membuka usaha dagang pun bisa dijadikan karir cemerlang. Kendati Anda sudah memiliki ilmu terkait, maka karir ini pun terbuka lebar. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang wirausahawan. Jika ditanya jurusan otomotif kerja apa? Jawaban memiliki bengkel pun bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Bahkan jika ada modal besar, Anda pun bisa membuka dealer dengan omset dan untung yang lebih besar. Jadi, jangan membatasi pemikiran Anda ya. Dalam zaman digital ini ada banyak sekali peluang-peluang baru untuk memajukan dunia wirausaha. 

3. Marketing Otomotif 

Di dalam dunia otomotif, proses jual beli dan pemasaran pun dinilai sangat penting. Karena itu tidak jarang ditemukan pameran hingga dealer kendaraan. Proses marketingnya pun tidak bisa sembarangan. Hal ini bisa dilakukan secara perorangan atau dengan perusahaan. 

Meski demikian, seorang marketer yang handal harus tahu betul tentang barang yang dijualnya. Karena itulah lulusan dari jurusan teknik otomotif pun sangat diandalkan. Terutama mengingat seberapa paham mereka akan hal berkaitan dengan dapur pacu dan komponennya. Ini dia spesialisasi yang tidak dimiliki oleh banyak orang, jadi jika ragu kemana prosepek bekerja. Maka, menjadi marketing otomotif bisa saja menjadi pilihan awal memulai karir. 

Pemahaman dan ilmu yang dimiliki ini pastinya bisa menjadi bekal mantap untuk menggaet para pembeli. Menjalin komunikasi, konsultasi, dan pelayanan yang maksimal adalah kunci suksesnya. Tak jarang gaji yang didapat pun meningkat dengan tambahan komisi penjualan.

4. Jurnalis Otomotif 

Kata siapa lulusan jurusan ini harus terus bergelut dengan mesin dan oli secara langsung? Masih ada pilihan unik lain. Lantas jurusan otomotif kerja apa? Untuk alternatif yang lebih unik, lulusan bisa mencoba untuk menjadi seorang jurnalis atau reporter di bidang otomotif. 

Umumnya, para lulusan bisa mencoba menjadi wartawan dengan bekal tambahan ilmu jurnalistik. Kemampuan menulis, melaporkan, dan menganalisa pun harus diasah agar memberi nilai yang lebih baik. Menariknya, jurnalistik pun bisa dikaitkan dengan banyak media massa. 

Sebut saja koran, majalah, televisi, bahkan media online. Dengan ilmu akan otomotif yang sudah dipelajari, Anda bisa berfokus ke bidang tersebut dan memberi informasi yang lebih mendalam. Sayangnya, Anda harus mencapai kursi perguruan tinggi untuk menjejakkan kaki ke karir jurnalis. 

Umumnya, persyaratan jenjang pendidikan yang dibutuhkan adalah S1 sederajat. Tidak hanya itu, ada pula syarat seperti kompetensi dewan pers hingga persatuan wartawan. Tentunya Anda bisa memulai dari perusahaan kecil terlebih dahulu. 

Jika Anda berhasil menjadi seorang reporter profesional, jangan kaget jika gaji yang didapat bisa mencapai angka delapan juta lebih. Terutama untuk para profesional di luar negeri. Bahkan, besar kemungkinan Anda berkesempatan untuk bertemu dan mewawancarai idola.

5. Dosen 

Jika bertanya tentang jurusan otomotif kerja apa di bidang pendidikan? Sebenarnya, para lulusan SMK yang mau lanjut dan lulus pendidikan jenjang S2 sederajat pun bisa menjadi dosen. Tapi tidak hanya dosen, Anda pun bisa mencoba untuk menjadi guru SMK. 

Sebagai seorang tenaga pendidik profesional, dosen dinilai memiliki ilmu berkapasitas tinggi. Tidak hanya mengajar, namun seorang dosen pun memiliki tugas untuk melakukan pengembangan, penelitian, dan penyebarluasan ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa. 

Satu hal yang membuat jenjang karir ini menarik adalah masa bakti yang panjang. Seorang dosen bisa terus mengajar hingga mencapai umur 65 tahun sebelum mencapai waktu pensiun. Tidak hanya itu, dosen pun bisa turut menjadi pegawai ASN atau PNS. 

Dengan begitu, pendapatan yang didapat pun lebih terjamin. Menariknya, profesi ini bisa membuka kesempatan untuk mendapat gelar profesor (S3). Anda yang sudah memiliki gelar magister (s2) bisa melanjutkan jenjang karir dan pendidikan ke tingkat tertinggi dengan lebih mudah. 

Saat menjadi profesor, maka Anda memiliki kesempatan untuk menjabat dan memiliki pangkat tertinggi di perguruan tinggi. Alhasil, gaji yang dikantongi pun meningkat. Umumnya, gaji dari para Dosen sendiri masih ada di kisaran angka tiga sampai tujuh jutaan.

6. Research And Development 

RnD jurusan otomotif kerja apa? Karir Research and development bisa menjadi prospek yang menguntungkan. R&D disebut juga (litbang) staf penelitian dan pengembangan. Dalam dunia otomotif, bagian ini memiliki fungsi penting untuk pengembangan teknologi, produk, atau riset mengenai permesinan hingga inovasi terbaru. 

Perusahaan otomotif pun terus berkembang. Seperti Honda, Yamaha, Daihatsu, dan lain lain yang berkompetisi menghasilkan kendaraan terbaik. Sehingga tidak heran jika profesi ini akan selalu dicari dan diapresiasi.

7. Teknisi Dan Operator Pabrik 

Teknisi dan operator bisa menjadi salah satu alternatif pekerjaan untuk lulusan jurusan otomotif. Meski tidak secara langsung berkaitan dengan kendaraan, namun Anda akan bergelut dengan mesin. 

Sebagai teknisi atau operator, pekerja memiliki peran sentral dalam proses kerja suatu pabrik. Kontrol operasi pabrik, desain pabrik, hingga kondisi mesin ada di tangan mereka. Karir penuh tantangan ini bisa menawarkan gaji mencapai lima jutaan.

8. Perancang Dan Teknisi Mesin 

Tugas utamanya adalah melakukan perancangan desain hingga pengembangan produk elektronik. Dalam hal ini, keahlian di dalam dunia otomotif bisa menjadi bekal untuk memproduksi peralatan elektronik untuk otomotif atau bahkan kendaraan itu sendiri. 

Lantas, jurusan otomotif kerja apa? Anda bisa saja turut dalam proyek pengembangan desain kendaraan dengan teknologi terkini. Melakukan penelitian, melakukan presentasi, dan lain lain.

Itulah beberapa prospek kerja yang bisa Anda jadikan acuan untuk para lulusan jurusan otomotif. Sebagian besar memiliki keterkaitan dengan otomotif, baik itu dalam segi ilmu atau ruang kerja. Namun, ada pula opsi pekerjaan seperti dosen dan reporter otomotif yang cukup unik. 

Bicara tentang dunia otomotif, Carsome juga berupaya untuk membuka lapangan pekerjaan hingga wadah edukasi bagi para inspektor Carsome untuk belajar dan memperdalam ilmu otomotif. Salah satu langkah konkritnya adalah Carsome mendirikan Carsome Academy. Layanan ini difokuskan bagi pelatihan bagi para inspektor dan juga murid-murid yang memang tertarik dalam industri otomotif. 

tips-membeli-mobil-bekas-berkualitas

Carsome adalah platform e-commerce jual beli mobil bekas online terbesar di Asia Tenggara yang saat ini hadir di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura. Sejak tahun 2021 Carsome telah mendirikan Carsome Academy, mengakuisisi PT Universal Collection hingga masuk ke dalam daftar 50 perusahaan teratas dalam Nikkei-FT-Statista High Growth Companies Asia-Pacific 2021 dan menjadi exclusive car trading partner pertama kalinya di Indonesia Modification Expo 2021. 

Nikmati cara baru melakukan transaksi jual dan beli mobil bekas dengan mudah dan nyaman. Carsome Promise adalah upaya Carsome meberikan pelayanan tranparan melalui proses inspeksi profesional pada 175 titik, harga pasti tanpa biaya tambahan, garansi 1 tahun dan jaminan 5 hari uang kembali. Menarik bukan? Kunjungi carsome.id sekarang!