Tips Membersihkan Interior Mobil 

Cara membersihkan interior mobil itu tidak boleh sembarangan ya sobat Carsome! Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan teliti. Dalam mobil sendiri terbagi menjadi beberapa bagian penting, untuk membersihkannya diperlukan beberapa mesin khusus.

Perawatan mobil ternyata bukan hanya dari sisi mesin serta penampilan luarnya saja, lho! Bagian dalam atau yang biasa disebut dengan interior mobil pun harus diperhatikan dan selalu dijaga kebersihannya.

Selain untuk fungsi kenyamanan pengendara dan penumpang, menjaga kebersihan interior mobil juga bertujuan untuk mempertahankan kinerja mobil Anda agar dapat bekerja secara maksimal.

Bagian-bagian dalam mobil memiliki penanganannya masing-masing. Tak heran, setiap bagian penting seperti jok dan dashboard mobil memiliki cara pembersihan yang berbeda antara satu bagian dengan bagian lainnya.

Untuk itulah, Carsome mencoba merangkum cara membersihkan interior mobil Anda agar dapat terlihat seperti baru sepanjang waktu meskipun sudah bertahun-tahun digunakan.

1. Cara Membersihkan Jok Mobil

cara-membersihkan-jok-mobil

Sebagai salah satu bagian ataupun komponen terpenting yang letaknya berada di dalam mobil, kebersihan jok harus sangat diperhatikan. Dengan fungsinya sebagai tempat duduk pengemudi dan penumpang selama perjalanan, kenyamanan jok menjadi hal paling vital untuk diperhatikan.

Berikut ini adalah 2 cara membersihkan interior mobil pada bagian jok berdasarkan jenis ataupun bahan jok yang digunakan:

  • Jok dengan Bahan Kulit Asli (Original Leather)

Ada beberapa perlengkapan yang harus Anda siapkan sebelum mulai membersihkan jok yang berbahan kulit asli (original leather), antara lain adalah kain lap yang berbahan halus, kuas dengan permukaan bulu yang lembut, plas chamois, serta vacuum cleaner (opsional). Vacuum cleaner biasanya digunakan untuk membersihkan bagian yang tidak terjangkau secara manual.
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membasahi dan meremas plas chamois terlebih dahulu. Lalu, usapkan plas chamois pada permukaan jok. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih ke seluruh bagian dan permukaan jok mobil Anda.
Usahakan agar sabun ataupun cairan pembersih yang Anda gunakan tidak mengering sebelum Anda mengelap permukaan jok mobil Anda. Untuk jok dengan bahan kulit asli atau original leather, biasanya harus dibersihkan secara berkala dengan kurun waktu 3-4 bulan sekali.

  • Jok dengan Bahan Beludru

Khusus untuk bahan yang satu ini memang memerlukan perhatian dan tingkat kehati-hatian yang lumayan tinggi jika dibandingkan dengan bahan jok lainnya. Untuk membersihkan jok dengan bahan beludru, Anda harus menyiapkan lap kain dengan permukaan yang halus, sikat dengan kuas halus, dan cairan pembersih khusus untuk bahan beludru.

Tahapan pertama untuk membersihkannya masih sama dengan yang sebelumnya, Anda bisa membersihkan terlebih dahulu kotoran-kotoran yang sulit dijangkau dengan menggunakan vacuum cleaner.

Setelah proses tersebut, semprotkan cairan pembersih khusus ke bagian jok yang akan Anda bersihkan. Sikat bagian tersebut dengan berulang kali hingga seluruh kotoran yang masih melekat dengan kuat bisa menghilang dari permukaan jok mobil. Setelah semuanya bersih, keringkan permukaan jok dengan lap bersih.

 

2. Cara MembersihkanInterior Mobil Bagian Dashboard

 

cara-membersihkan-dashboard-mobil

 

Dashboard mobil dapat dibilang menjadi salah satu bagian atau komponen dalam mobil yang paling sering terkena sinar matahari. Dengan kondisi tersebut, apabila tidak dilakukan perawatan serta proses pembersihan yang teratur dapat menyebabkan keretakan hingga warna dashboard mobil yang memudar.

Cara untuk membersihkan dashboard mobil sebenarnya tidak terlalu sulit, Anda hanya memerlukan beberapa alat sederhana seperti kain lap, cairan pembersih, cairan pelindung (treatment protection), dan kemoceng.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyingkirkan debu-debu yang masih menempel pada dashboard dengan menggunakan kemoceng. Setelah bersih dari debu, Anda bisa mulai menyemprotkan cairan pembersih ke bagian-bagian dashboard yang ingin dibersihkan. Untuk menghindari lecet ataupun goresan, sebaiknya jangan terlalu keras dalam menekan atau membersihkan dashboard dengan kain lap.

Pastikan seluruh bagian sudah Anda bersihkan termasuk bagian-bagian yang sulit terjangkau seperti pada bagian sudut dashboard, blower penyejuk, serta bagian lainnya. Cairan pembersih yang Anda gunakan bertujuan agar setelah proses pembersihan tidak meninggalkan bekas atau flek pada dashboard mobil Anda.

Setelah seluruh bagian dashboard dibersihkan, Anda dapat mengoleskan cairan pelindung (treatment protection) di seluruh bagian dashboard Anda. Cairan pelindung ini berfungsi untuk memberikan efek mengkilap serta menjaga tingkat kelembapan dari dashboard mobil Anda.

3. Cara Membersihkan Bagian Plafon Mobil

cara-membersihkan-plafon-mobil

Mengingat perannya yang juga penting, plafon mobil wajib dibersihkan secara berkala. Tujuan dari perawatan serta pembersihan plafon mobil adalah untuk menghindari risiko plafon mobil yang menjadi sobek, kendur, atau bahkan rusak.

Untuk membersihkan bagian yang satu ini, penanganannya sedikit berbeda dengan bagian lainnya. Hal ini disebabkan karena plafon mobil terdiri dari beberapa lapisan material yang berbeda.

Saat membersihkan plafon mobil, sebaiknya jangan menggunakan air dengan jumlah yang berlebihan. Mengapa? Karena lapisan luar dari plafon mobil terbuat dari wol yang apabila terkena air dalam jumlah yang berlebihan akan berisiko menjadi lembab.

Plafon mobil yang lembab biasanya akan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam mobil. Selain itu juga berisiko akan tumbuhnya jamur di dalam mobil Anda. Oleh karena itu, Anda harus memahami beberapa cara untuk membersihkan bagian plafon mobil berikut:

  • Gunakan Cairan Pembersih

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan cairan pembersih fabric. Sebaiknya hindari penggunaan air sabun biasa untuk membersihkan bagian plafon mobil Anda karena dapat berdampak buruk bagi interior mobil Anda ke depannya.

  • Gunakan Kain Microfiber

Kain microfiber merupakan jenis kain yang berbahan lembut serta halus, sehingga sangat cocok digunakan untuk membersihkan bagian pada plafon mobil Anda. Proses pembersihan juga harus tetap dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan plafon mobil Anda.

Basahi kain microfiber, lalu mulai gosokkan ke seluruh bagian plafon mobil Anda secara perlahan dan merata. Menggosok atau menekan kain terlalu keras dapat berisiko membuat plafon Anda sobek, rusak, atau bahkan berlubang.

  • Gunakan Vacuum Cleaner

Untuk membersihkan plafon mobil dengan menggunakan vacuum cleaner sebenarnya tergolong mudah. Anda cukup mengatur daya serapnya dengan kekuatan ringan untuk bisa membersihkan kotoran-kotoran yang ada di plafon mobil Anda. Menggunakan daya serap yang terlalu tinggi dapat berisiko membuat plafon mobil Anda kendur atau rusak.

  • Gunakan Sabun Pembersih dan Kain dengan Permukaan Lembut

Cara ini merupakan cara yang paling umum digunakan karena hanya memerlukan kain lap serta sabun pembersih. Prosesnya pun tergolong mudah, Anda cukup mengoleskan sabun pembersih pada bagian plafon mobil yang ingin dibersihkan. Kemudian, usap secara perlahan dengan kain lap hingga nodanya hilang dan plafon mobil Anda bersih.

4. Cara Membersihkan Bagian Karpet Mobil

 

cara-membersihkan-interior-jok-mobil

 

Karpet mobil merupakan bagian yang paling mudah dan paling cepat kotor karena letaknya yang berada langsung di bawah alas kaki Anda. Direkomendasikan agar Anda menggunakan karpet mobil dengan bahan dasar karet dibandingkan dengan yang berbahan dasar kain. Hal tersebut untuk lebih memudahkan Anda dalam perawatan serta pembersihan karpet mobil Anda secara berkala.

  • Cara Membersihkan Karpet Mobil Berbahan Kain

  1. Angkat dan keluarkan terlebih dahulu karpet mobil Anda.
  2. Bersihkan seluruh debu dan kotoran yang menempel dengan sikat halus.
  3. Gunakan cairan stain remover untuk bekas-bekas noda ataupun kotoran yang sulit dihilangkan.
  4. Setelah terlihat bersih dan kering, Anda bisa memasangnya kembali ke dalam lantai mobil Anda. Pastikan sudah tidak ada kotoran ataupun debu yang masih menempel pada permukaan karpet.
  • Cara Membersihkan Karpet Mobil Berbahan Karet

  1. Angkat dan keluarkan terlebih dahulu karpet mobil Anda.
  2. Bersihkan terlebih dahulu seluruh debu, noda, dan kotoran yang masih menempel pada karpet.
  3. Cuci karpet dengan menggunakan air serta sabun cuci khusus untuk karpet mobil.
  4. Gunakan sikat dengan bulu lembut untuk menghilangkan noda yang masih tersisa.
  5. Bilas karpet dengan air bersih.
  6. Jemur karpet hingga kering. Dan pastikan sudah tidak ada lagi kotoran atau debu yang tersisa.
  7. Pasang kembali karpet ke dalam mobil.

Tips untuk Menjaga Kebersihan Interior Mobil

cara-membersihkan-interior-mobil-agar-terlihat-baru

1. Bersihkan Interior Mobil Secara Berkala

Bagi Anda yang setiap harinya berkendara dengan mobil, rasanya sudah menjadi kewajiban untuk selalu melakukan pembersihan ataupun perawatan mobil secara berkala. Sebenarnya, untuk membersihkan interior mobil tidak perlu dilakukan terlalu sering.

Anda dapat membersihkan interior mobil sebanyak 2 kali dalam sebulan untuk tetap menjaga kebersihan serta kenyamanan selama berkendara.

2. Siapkan Tempat Sampah di Dalam Mobil

Usaha pembersihan serta perawatan yang dilakukan secara berkala rasanya akan terkesan percuma apabila Anda sebagai pengendara ataupun penumpang mobil masih sering membuat sampah secara sembarangan di dalam mobil. Itulah mengapa keberadaan tempat sampah di dalam mobil menjadi penting.

Direkomendasikan untuk setidaknya memiliki 1 tempat sampah di dalam mobil agar kebersihan mobil selalu terjaga terutama apabila digunakan untuk keperluan berkendara dengan jarak yang cukup jauh.

Nah, itu dia tips dari Carsome terkait cara membersihkan interior mobil agar terlihat seperti baru. Selamat mempraktikkannya, ya! Ingat saat menjual mobil bekas Anda, tampilan mobi itu sangat perlu baik eksterior hingga interior. Jika semuanya terga dengan baik, maka jual mobil bekasmu bisa laku dengan cepat

Jual beli mobil di Carsome aja! Platform terpercaya, mudah dan cepat untuk melakukan transaksi jual beli mobil Anda. Yuk, segera daftarkan mobil Anda sekarang di www.carsome.id dan jadwalkan inspeksi di wilayah terdekat Anda sekarang! Untuk info lebih lanjut, hubungi kami!

Baca juga: Tanda Oli Mobil Kurang dan Harus Diganti Sekarang Juga!