Tips Cegah Penularan Virus Covid-19 Lewat Transportasi Umum

Tindakan Preventif Agar Tetap Aman Dari Covid-19

covid-19

Source: Tribun News

Dengan adanya kebijakan untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah karena penyebaran virus Covid-19 yang semakin meningkat, sebagian orang tetap harus melakukan aktivitas di luar rumah. Menggunakan transportasi umum terkadang tak dapat terhindarkan. Padahal, transportasi umum adalah salah satu sarana yang memiliki risiko penularan virus tertinggi.

Jika dilihat dari kondisi ini, pasti saja semua lebih memilih untuk mengurangi kegiatan di luar rumah, jika itu keadaan yang mendesak, pilihan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil adalah menjadi yang utama. Namun, bagaimana jika mobil yang kamu miliki sekarang kurang memadai untuk digunakan pada saat pandemik ini, kita paham bahwa membeli mobil baru yang lebih nyaman & aman di saat ini tidaklah mudah karena harga mobil yang ditawarkan pun tidaklah murah. Solusi yang paling tepat yaitu dengan jual mobil bekas kamu terlebih dahulu maka setidaknya kamu memiliki budget yang cukup untuk meng-upgradenya.

Sekarang ini kamu tak perlu bingung & khawatir untuk jual mobil bekas dan memastikan harga mobil bekas kamu dengan harga terbaik, karena Carsome siap bantu jual mobil bekas kamu dengan harga terbaik hanya dalam 1 Jam* kamu bisa dapat pembayarannya langsung di tempat!

Bagi kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi dan sudah terlanjur jual mobil bekas untuk menambahkan biaya hidup di pandemik ini, sehingga harus tetap menggunakan transportasi umum untuk aktivitas diluar rumah. Berikut ini carsome berikan beberapa tindakan preventif agar tetap aman dari penularan virus corona.

#1 Pastikan kondisi badan sehat

gejala covid-19

Source: Kompas

Sebelum bepergian dengan menggunakan transportasi umum, pastikan kamu tidak memiliki gejala Covid-19. Beberapa gejala umum tersebut diantaranya demam, batuk kering, nyeri tenggorokan, berkurangnya indera penciuman dan sesak nafas. Sejumlah fasilitas transportasi umum juga melakukan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu badan para penumpangnya. Jika suhu badan diatas 38 derajat celcius, kamu tidak akan diizinkan untuk menggunakan layanan transportasi umum tersebut. Bahkan jika untuk perjalanan jarak jauh, kamu harus menunjukkan hasil rapid tes bebas Covid-19.

#2 Selalu gunakan masker

transportasi umum seperti bus, kereta, pesawat hingga ojek online

Source: Elshinta

Selama menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, pesawat hingga ojek online, kamu wajib menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung. Tidak ada keharusan menggunakan masker medis, gunakan saja masker kain yang memadai. Menurut surat anjuran dari WHO (World Health Organization) disini. Penggunaan masker non medis berbahan kain minimal tiga lapis. Masker kain tersebut dinyatakan aman untuk mencegah penyebaran virus tapi tetap nyaman digunakan dan tidak menghambat pernafasan.

#3 Gunakan hand sanitizer

Guna hand sanitizer

Source: Bisnis

Penyebaran virus corona bisa melalui cairan yang keluar dari mulut seseorang yang sudah terinfeksi saat berbicara, bersin atau batuk. Cairan tersebut dapat menempel pada benda-benda tertentu yang mungkin kamu pegang selama berada di angkutan kota, bus atau kereta.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menjelaskan salah satu cara pencegahan penyebaran virus Corona adalah dengan membersihkan tangan secara teratur memakai cairan antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer) yang mengandung alkohol. Hand sanitizer yang menggunakan bahan alkohol berfungsi untuk membunuh kuman atau bakteri yang menempel di tangan kamu. Jadi pastikan untuk selalu membawanya setiap bepergian menggunakan transportasi publik. 

#4 Selalu jaga jarak aman (social distancing)

jaga jarak

Source: Kompas

Social distancing harus tetap dijalankan selama kamu melakukan perjalan dengan transportasi umum. Usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain. Dalam posisi duduk, jaga jarak dengan penumpang lain minimal satu kursi. Jika kamu terpaksa untuk berdiri, usahakan untuk menjaga jarak minimal satu meter. Tapi jika tidak memungkinkan, setidaknya kamu bisa menjaga jarak satu lengan dengan penumpang lain.

#5 Cuci tangan dengan sabun

basuh tangan
Source: Marketeers

Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir selama minimal 20 detik sangat efektif untuk membunuh kuman dan virus. Lakukan hal tersebut sebelum dan setelah menggunakan transportasi umum. Sebelum mencuci tangan, usahakan untuk tidak menyentuh area wajah.

Sejumlah ruang umum seperti stasiun dan terminal bus kini telah menyediakan fasilitas untuk cuci tangan dengan sabun. Jadi kamu tidak perlu repot mencari-cari toilet atau kamar mandi.

Setelah membaca tips aman menggunakan transportasi umum di era new normal ini, kamu diharapkan bisa membentengi diri dari virus Covid-19 secara optimal. Jadi kamu tak perlu khawatir berlebihan, kamu masih tetap bisa menggunakan kendaraan pribadi sebagai alternatif yang tepat.

Khawatir kendaraan pribadi kamu belum cukup memadai untuk digunakan di aktivitas hari-harimu dan perlu membeli mobil baru tetapi belum ada budget yang cukup? Tenang, Jual mobil bekas kamu di Carsome! Cukup isi data mobil bekas kamu di www.carsome.id atau hubungi hotline kami 021-50300030, kami siap bantu semua proses jual mobil bekas hingga selesai. Tak perlu ragu akan harga mobil yang akan didapat, di Carsome kamu akan terima bayaran hanya dalam 1 Jam* dengan harga terbaik!