Carsome X Lifepal: Tips dan Rekomendasi Memilih Mobil yang Cocok Untuk Istri

Apakah Anda sedang memilih hadiah ulang tahun untuk istri Anda? Selain menjadi kado spesial untuk Istri, mobil memang menjadi kendaraan yang sangat diperlukan disaat pandemi seperti ini. Pasalnya selain mengurangi resiko tertular COVID-19, dari segi keamanan dan mobilitas tentunya akan sangat mempermudah mobilitas istri dan anak-anak Anda. 

Low cost green car adalah salah satu mobil yang sangat cocok di kalangan wanita pada umumnya. Selain dari segi harga yang cukup ekonomis, penggunaan bensinnya juga irit. Kebanyakan mobil LCGC memiliki transmisi yang cukup ringan dan mudah untuk dikendarai secara leluasa.

Kalau begitu bagi para suami yang ingin membelikan mobil untuk istri tercintanya. Yuk, langsung saja kita bahas tips dan rekomendasi membeli hadiah mobil yang cocok untuk istri Anda!

Tips Memilih Mobil yang Cocok Untuk Istri

 

mobil-yang-cocok-untuk-wanita

Kepemilikan mobil tentu bakal menimbulkan biaya-biaya yang harus dipersiapkan. Selain itu, akan ada pula risiko yang berpotensi muncul dan harus dihadapi oleh Anda atau istri Anda. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan jika Anda berniat membelikan mobil untuk istri menurut Lifepal.

1. Pastikan istri punya SIM dan siap bertanggung jawab

Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib dimiliki istri Anda terlebih dulu. Membiarkan istri menyetir tanpa SIM tentu sama saja dengan melanggar Pasal 281 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sebagai suami, Anda pun harus memahami bagaimana perilaku istri Anda saat berkendara. Pastikan bahwa istri Anda selalu patuh dengan rambu-rambu lalu lintas, tidak ugal-ugalan di jalan, atau terbiasa menyetir dengan kecepatan tinggi di luar anjuran.

Kerugian atas kecelakaan yang mengandung tindakan pelanggaran lalu lintas sendiri, tentu sulit untuk dicover asuransi.

2. Berikan mobil atas dasar kebutuhan

Berikanlah mobil kepada sang istri apabila Anda memandang hal itu merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi, bukan keinginan semata.  Adapun beberapa kondisi di mana Anda boleh membelikan mobil untuknya adalah:

  • Ketika Anda punya mobilitas tinggi dan sibuk, sementara anak Anda harus diantar jemput ke sekolah 
  • Sang istri memiliki mobilitas tinggi dalam kegiatan kerjanya, akan tetapi tidak memungkinkan baginya untuk naik kendaraan umum atau motor karena akses rumah yang jauh

3. Sesuai budget, kalau bisa tidak perlu kredit

Tak perlu memenuhi tuntutan istri yang menginginkan mobil dengan merek dan tipe tertentu, jika mobil tersebut harganya di luar kemampuan Anda. Mengingat mobil ini adalah “hadiah,” Anda yang berhak menentukan merek, seri atau spesifikasinya.

Berikan pengertian bahwa, mobil hadiah ini akan berfungsi sebagai sarana yang mempermudah transportasi sehari-hari. Dengan memiliki mobil pribadi, keselamatan di jalan juga akan lebih terjamin.

Tak masalah untuk memilih mobil dengan kapasitas mesin kecil atau di bawah 1.400 cc demi agar konsumsi bahan bakarnya irit. Dan bila Anda paham akan seluk beluk mobil, tak perlu sungkan pula memberikannya mobil bekas asal kondisinya masih baik serta surat-surat lengkap, karena dengan membeli mobil bekas, Anda bisa menghemat pengeluaran pajak tahunan mobil tersebut.

Penting pula untuk diketahui bahwa, tidak perlu membelinya dengan cara kredit untuk menghindari beban bunga. Lakukan perencanaan keuangan sejak dini untuk beli mobil, tentukan waktunya, harganya, dan gunakanlah instrumen investasi untuk mengumpulkan dana. Gunakan saja kalkulator waktu menabung Lifepal untuk mempermudah proses ini.

4. Jangan cairkan investasi jangka panjang Anda untuk beli mobil

Apakah terpikir di benak Anda untuk mencairkan investasi jangka panjang demi hadiah untuk istri? Jangan lakukan hal itu, atau Anda akan menyesalinya di kemudian hari. Mencairkan dana investasi jangka panjang sebelum waktunya hanya akan menghambat realisasi tujuan finansial tersebut.

5. Lindungi mobil istri Anda dengan asuransi terbaik

Mobil tanpa asuransi mobil tentu tidak lengkap karena asuransi merupakan satu-satunya produk yang mampu melindungi segala kerugian finansial, terhadap segala risiko finansial yang muncul di jalan dan di mana pun.

Kenali beberapa komponen yang berkaitan dengan besaran premi asuransi mobil. Pertama adalah domisili mobil, kedua adalah harga mobil, dan yang terakhir jenis asuransi yang dipilih yaitu All Risk (comprehensive) atau Total Loss Only (TLO).  Untuk mengetahui berapa estimasi premi asuransi dari mobil yang ingin Anda beli untuk sang anak, gunakan kalkulator asuransi mobil Lifepal. 

Rekomendasi mobil untuk istri

 

mobil-yang-cocok-untu-wanita-honda-briosource: lampunghonda.id

1. Honda Brio

Mengantar anak pergi sekolah lalu mengurus berbagai pekerjaan sampingan hingga rumah? Cocok sekali menggunakan Honda Brio! Mobil Hatchback tampil sangat sporty, modern, dan minimalis untuk istri Anda. Modelnya sporty dan stylish diperlengkapi dengan mesin bensin versi facelift 2016 yaitu 1.199cc i-VTEC 4 silinder. Dengan daya yang dihasilkan 89 hp pada 6000 rpm dengan torsi 110 Nm pada 1400 rpm. 

Tipe mobil keluaran Honda ini merupakan satu diantara mobil idola wanita zaman sekarang. Ukurannya yang tidak begitu besar memudahkan kaum hawa untuk melewati kemacetan yang ada di jalan raya. Selain itu, bentuknya yang mungil juga membantu saat ingin memarkir mobil. Didukung dengan pemakaian mesin kecil yang hemat bahan bakar juga keluaran tenaga yang tidak sangat besar membuatnya amat pas untuk wanita.

Harga Honda Brio: Rp 149 juta 

2. Nissan March

mobil-yang-cocok-untu-wanita-nissan-march

source: kumparan.com

Mengendarai mobil matic lebih mudah dibandingkan dengan mobil manual untuk Wanita. Nah, Nissan March juga tidak kalah dengan mobil mini lainnya yang cocok untuk wanita. Nissan March tentunya banyak diincar oleh kaum wanita. Ini disebabkan karena desain bodi mobilnya yang sangat imut dan cocok dengan selera wanita. Mungkin saja ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk istri Anda. 

Tidak hanya itu, tipe mobil untuk wanita ini memiliki banyak pilihan warna yang menawan. Ditambah dengan fitur audio yang dilengkapi dengan audio double din sehingga dapat terkoneksi dengan USB, gadget, dan AUX. Dibekali dengan mesin mobil tipe silinder 4 bergaris, 16 valve, DHOC serta Twin VTC berkapasitas 1498 cc, mobil ini dapat membuahkan performa mesin yang optimal. Performa mesin yang dibuat meraih 102 Ps pada putaran mesin 6000 rpm serta torsi optimal meraih 10, 8 Kgm pada putaran mesin 4.400 rpm. Peforma mesin ini dapat udah dibekali dengan sistem persediaan  bahan bakar ECCS hingga mesin bisa bekerja prima serta peformanya yang responsif.

Harga Nissan March: Rp 185 juta – Rp 225,6 juta

3. Toyota Sienta

mobil-yang-cocok-untuk-wanita-toyota-sientasource: suara.com

Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang satu ini adalah mobil untuk wanita yang cocok dikendarai untuk berbagai aktivitas. Walaupun desain mobilnya tidak seimut dua tipe mobil di atas, tetapi Toyota Sienta sangat disukai oleh wanita karir yang produktivitasnya sangat tinggi. Mobil ini bisa jadi pilihan yang menarik untuk istri Anda. 

Fitur sliding door di baris kedua mempermudah masuk atau keluarnya barang serta peralatan sehari-hari yang cukup banyak. Selain itu, Toyota Sienta juga ditujukkan kepada mama muda yang anak-anaknya bergerak aktif dan lincah. 

Power sliding door Sienta menggunakan sensor yang dapat menghindari anggota tubuh terjepit sehingga sangat aman bagi anak-anak. Kursi baris ketiga nya miliki feature drive in seat hingga bagasi belakang jadi semakin luas.

Harga Toyota Sienta: Rp 258,1 juta

4. Honda City Hatchback RS 2021

mobil-yang-cocok-untuk-wanitasource: oto.detik.com

Honda City Hatchback RS 2021 yang dikenal sebagai pengganti Mobil Jazz ini bisa dijadikan rekomendasi mobil untuk wanita yang dapat digunakan sehari-hari dengan nyaman. Mobil ini memiliki desain yang dinamis, futuristik, dan irit. 

Dari sisi interior, dimensi mobil City Hatchback lebih besar dan lega. Ada beberapa penambahan kompartemen yang membuat fasilitas dari mobil ini semakin bagus dan mumpuni. Sehingga, ketika Anda harus membawa barang banyak, Anda tidak perlu khawatir. 

Interior City Hatchback juga sudah dilengkapi dengan Apple dan Android Car Play. Kapasitas mesin mobil ini adalah 1500 cc i-VTEC DOHC. Dengan mesin ini, tentunya akan terjadi penekanan penggunaan bahan bakar yang boros. Jadi, nyaman dan irit untuk digunakan sehari-hari untuk Istri Anda! 

Itulah hal-hal yang mesti Anda ketahui seputar membelikan mobil yang cocok untuk wanita terutama untuk istri. Pada intinya, hal ini boleh saja dilakukan bila Anda sudah sehat secara finansial dan istri Anda bisa bertanggung jawab sebagai pengendara mobil. Hindarilah sifat impulsif ketika Anda membuat keputusan terkait hal ini. 

Baca juga: 8 Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas Bebas Penipuan