Siap Terobos Banjir, 5 Pilihan Mobil SUV Terbaik di Indonesia

Tren SUV yang terus meningkat membuat pamor tipe mobil ini semakin banyak dilirik oleh konsumen.Salah satu keunggulan mempunyai mobil SUV adalah ground clearance yang tinggi. Untuk melintasi jalanan rusak atau banjir menjadi lebih mudah untuk dilalui tanpa harus khawatir merusak kondisi mobil. Lantas apa saja pilihan mobil SUV terbaik di Indonesia?

Ketika musim hujan datang, banjir selalu menjadi musibah yang tak bisa dihindarkan di beberapa kota Indonesia. Mulai dari genangan air yang rendah hingga banjir tinggi membuat akses mobil menjadi terbatas. Namun bila mempunyai mobil SUV dengan ground clearance yang tinggi meningkatkan kepercayaan diri untuk melintasi banjir.

Kali ini kami memilih 5 mobil SUV terbaik di Indonesia dengan ragam pilihan harga. Satu syarat yang harus dipenuhi ialah minimal mempunyai ground clearance 200 mm atau sekitar 20 cm. Ada mobil SUV apa saja yang cocok untuk melintasi medan berat atau menerobos banjir?

  • Honda BR-V (210 mm)

Temukan mobil di sini

Pertama kali diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Honda BR-V mendapat respon positif dari konsumen. Meski mengambil basis dari Honda Mobilio, tetapi memiliki kesan tangguh sehingga mau diajak berpetualang keluar kota atau hanya dipakai dalam kota masih nyaman. 

Walaupun mempunyai basis mirip dengan Honda Mobilio, tetapi ground clearance setinggi 210 mm, Honda BR-V sudah memadai untuk diajak melintasi genangan air saat banjir.Soal keselamatan tidak perlu khawatir karena sudah mempunyai fitur keselamatan yang mumpuni.

Fitur ABS+EBD memberi pengereman lebih optimal. Adanya Vehicle Start Assist (VSA) juga menjaga mobil tetap stabil ketika mobil melintasi jalanan licin. Ketika menanjak pun Honda BR-V sudah siap agar tidak tergelincir karena dibantu fitur Hill Start Assist (HSA) yang memudahkan akselerasi.

Berbicara soal performa, Honda BR-V ditenagai mesin bensin berkode L15Z1 berkapasitas 1.496 cc DOHC 4-silinder segaris 16 Katup i-VTEC. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum 120 PS serta torsi puncak 145 Nm. Pada beberapa kali pengujian, mesin tersebut cukup irit dan bisa diandalkan.

  • Mitsubishi Pajero Sport (218 mm)

Temukan mobil di sini

Kurang afdol rasanya bila mencari SUV terbaik namun tidak memasukkan Mitsubishi Pajero Sport. Big SUV ini mempunyai bodi kekar dan gagahnya seperti SUV sejati. Dimensinya yang besar juga termasuk ground clearance yang cukup tinggi yakni 218 mm dari tanah hingga foot step.

Berbeda dari SUV yang punya dimensi lebih kecil, Mitsubishi Pajero Sport ditambahi foot step untuk akses ke kabin yang lebih mudah. Sehingga meski jarak ground clearance terlihat tidak terlalu tinggi, namun masih ada sedikit tambahan dari tebalnya foot step sekitar 1-2 cm.

Untuk melewati genangan air yang tinggi tentu bukan perkara sulit untuk Mitsubishi Pajero Sport. Tingginya ground clearance Mitsubishi Sport juga didukung dari ukuran velg sebesar 18 inci pada hampir seluruh variannya kecuali GLX (4×4).

Ada 2 pilihan mesin yang dipakai oleh Mitsubishi Pajero Sport yakni bensin dan diesel. Tetapi mesin diesel lebih laris dan secara performa lebih baik. Berkapasitas 2.442 cc mampu menghasilkan tenaga 179 HP dan torsi puncak 430 Nm.

  • Toyota Rush (220 mm)

Temukan mobil di sini

Bila mencari sebuah SUV dengan kapasitas 7 penumpang dan punya ground clearance tinggi, maka Toyota Rush menjadi pilihan terbaik. Mempunyai tinggi ground clearance 220 mm, maka aman melewati genangan air atau banjir. 

Baca juga: Mulai Dari SUV, MPV Hingga Sedan Mewah, Ini Pilihan Mobil Rp 300 jutaan

Untuk melintasi jalan rusak pun tidak perlu khawatir karena posturnya yang jangkung. Tingginya ground clearance Toyota Rush juga mengantisipasi jumlah penumpang yang penuh diisi 7 orang. 

Soal keamanan, mobil ini sudah dilengkapi sabuk pengaman tiga titik dengan 7 sandaran kepala. Selain itu juga terdapat 6 airbag, icle Stability Control (VSC), 7 seat belt indicator, ABS, Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Brake Signal (EBS).

Dalam hal performa, Toyota Rush pada generasi kedua di Indonesia menggunakan mesin baru berkode 2NR-VE dengan teknologi Dual VVT-i. Tenaga maksimumnya mencapai 104 PS dengan torsi puncak 136 Nm. Meski lebih kecil dari generasi sebelumnya namun punya konsumsi bahan bakar lebih irit.

  • Wuling Almaz (230 mm)

Temukan mobil di sini

SUV lainnya yang juga punya ground clearance tinggi adalah Wuling Almaz yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019. Pabrikan asal Tiongkok ini selain punya jarak dengan tanah yang tinggi juga tampilan yang futuristis.

Namun tidak hanya tampilan yang keren, fitur yang dihadirkan Wuling Almaz juga berlimpah. Seperti fitur keselamatan ESC (electronic stability control) yang punya peran menjaga kestabilan mengemudi secara otomatis saat kehilangan kendali. Juga ada fitur TSC (traction control system) yang berfungsi membuat mobil tidak kehilangan traksi saat dalam kondisi serupa.

Fitur keselamatan lainnya yang umum seperti ABS, EBD dan BA juga sudah disematkan pada Wuling Almaz. Soal kenyamanan, Wuling Almaz sudah mempunyai pengaturan posisi mengemudi secara elektris membuatnya mendapatkan posisi ideal dan ergonomis. Monitor 10,4 inci di tengah dasbor juga siap dihubungkan dengan gadget untuk memutar musik favorit selama perjalanan.

Perihal performa, Wuling Almaz menggunakan mesin DOHC berkapasitas 1.451 cc dengan turbocharged. Tenaga maksimumnya mencapai 140 HP dan torsi puncak 250 Nm. Perpaduan dengan transmisi CVT membuatnya nyaman ketika berakselerasi.

  • Toyota Fortuner (220 mm)

Temukan mobil di sini

Punya kelas yang sama dengan Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner juga layak untuk dipinang sebagai Big SUV dengan ground clearance tinggi. Terlebih desain bumper depan yang melandai membuatnya bisa lebih aman ketika melintasi banjir. Perawakannya yang gagah juga menambah rasa percaya diri ketika menghadapi genangan  air yang tinggi. 

Interiornya mencerminkan kemewahan dengan dominasi warna hitam dan material empuk (soft touch). Kualitas interiornya juga terlihat rapi dan berkualitas layaknya sebuah SUV mewah. Sistem hiburan juga mumpuni dengan empat speaker dan dua tweeter yang memproduksi suara secara jernih nyaman didengar.

Fitur keselamatan seperti ABS, EBD dan BA menjadi standar untuk seluruh varian. Untuk membuka bagasi juga lebih mudah dengan fitur kick sensing pada pintu bagasi. Cukup menendang bagian bawah bumper mobil maka pintu bagasi otomatis terbuka.

Toyota Fortuner yang banyak dijual di pasaran umumnya menggunakan mesin diesel. Berkode 2GD FTV, 4-silinder segaris, DOHC VNT Intercooler, Common Rail. Berkapasitas 2.400 cc, tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 147 HP dan torsi puncak sebesar 400 Nm. Dikombinasikan transmisi otomatis 6-percepatan dengan penggerak roda belakang.

Tukar Tambah di CARSOME Bisa Menang Banyak!

Salah satu program menarik yang ada di CARSOME adalah tukar tambah dengan banyak keuntungan. Bagi Anda yang melakukan tukar-tambah dengan mobil lama di CARSOME, berhak mendapatkan tambahan diskon senilai Rp 1 juta hingga Rp 3 juta untuk pembelian mobil berikutnya di CARSOME.

Baca di sini: Program Tukar Tambah di CARSOME! 

Bila mobil lama Anda mempunyai kisaran harga kurang dari Rp 150 juta maka berhak mendapat diskon Rp 1 juta. Sementara kisaran harga Rp 151 juta hingga Rp 250 juta berhak mendapat diskon Rp 2 juta. Sedangkan harga mobil diatas Rp 250 juta akan mendapat diskon sebesar Rp 3 juta.

Syarat dan ketentuan untuk mendapat promonya ialah berlaku dalam jangka waktu maksimal 30 hari setelah mobil lama pelanggan terjual. Diskon berlaku untuk pembelian mobil berikutnya di CARSOME. Untuk pelanggan yang ingin tukar tambah bisa langsung menghubungi CARSOME Consultant untuk informasi lebih lanjut.