Ban Mobil Kempes, Ini Penyebab, Ciri, dan Begini Cara Mengatasinya!

Ban mobil kempes ataupun bocor saat Anda berkendara rasanya sudah menjadi hal yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sudah tahukah Anda hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan ban mobil Anda kempes?

Sebaiknya sebagai pengendara, Anda harus memahami penyebab, ciri, risiko, serta cara mengatasi ban mobil yang kempes. Termasuk bagaimana cara melihat ukuran ban mobil yang benar

 Mengapa pengetahuan tersebut menjadi penting? Karena ban merupakan salah satu komponen yang vital, sehingga kondisinya harus selalu Anda perhatikan sebelum ataupun saat berkendara di jalan. Simak berbagai informasi yang terkait dengan ban kempes ataupun bocor hanya di Carsome!

Penyebab Ban Mobil Anda Kempes

 

ban-mobil-kempes-cara-mengatasi

1. Ban Mobil Terlalu Lama Diparkir

Ban mobil kempes meskipun tidak pernah digunakan dan hanya diparkir saja merupakan suatu hal yang wajar. Ban mobil yang dibiarkan begitu saja selama lebih dari seminggu memang memiliki potensi untuk mengalami pengempesan.

Hal tersebut biasanya disebabkan karena suhu udara, permukaan tanah, serta tekanan angin ban yang terus menerus berubah. Saat suhu dingin, tekanan yang ada di dalam ban akan menurun dan bisa menyebabkan ban menjadi kempes.

Selain karena perubahan suhu, ban juga dapat kempes karena terjadinya pengerutan yang disebabkan oleh suhu yang terlalu dingin. Suhu yang terlalu dingin membuat karet ban mobil mengerut, sehingga akan terbentuk ruang kosong yang terletak di antara ban dan pelek mobil.

2. Kerusakan pada Lubang Angin Ban Mobil

Kerusakan pada pentil ban biasanya diakibatkan karena adanya celah pada lubang angin mobil. Celah tersebut biasanya disebabkan karena umur ataupun waktu pemakaian pentil yang sudah terlalu lama. Hal tersebut menyebabkan angin dapat keluar dari lubang angin sehingga ban mobil kempes.

3. Hilangnya Tutup Lubang Angin pada Ban Mobil

Banyak yang tidak menyadari pentingnya penggunaan tutup lubang angin ataupun pentil pada ban mobil. Padahal tanpa adanya tutup lubang angin tersebut, tekanan angin pada ban akan dapat berkurang meskipun kondisi ban masih dalam keadaan yang baik. 

Maka dari itu, Anda harus selalu memeriksa kondisi tutup lubang angin atau pentil pada ban mobil Anda sebelum atau setelah berkendara karena perannya yang lumayan penting. Inilah penyebab ban mobil kempes yang sering diabaikan. 

4. Terjadi Kerusakan pada Pelek Ban Mobil

Pengecekan pada bagian atau komponen pelek pada ban mobil Anda sebenarnya harus dilakukan secara rutin. Mengapa? Karena kerusakan pada pelek juga dapat berdampak pada kondisi ban mobil yang Anda gunakan.

Kerusakan pelek biasanya terjadi karena adanya perubahan bentuk atau gangguan lainnya. Pengecekan ke bengkel juga penting untuk dilakukan untuk bisa mengetahui kondisi pelek ban mobil Anda selalu dalam keadaan optimal dan tidak memiliki retak ataupun gangguan pada bagian dalamnya.

Baca juga: Tanda Oli Mobil Kurang dan Harus Diganti Sekarang Juga!

5. Bekas Tambalan Ban Mobil yang Tidak Sempurna

Bagi Anda yang pernah menambal ban mobil kempes ataupun bocor mungkin pernah mengalami hal ini. Bekas tambalan ternyata juga bisa menyebabkan ban tersebut bocor atau bahkan kempes kembali jika dilakukan secara sembarangan.

Penambalan ban yang teliti dan dikerjakan dengan rapi biasanya dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama. Namun, jika mekanik yang melakukan penambalan tidak terlalu teliti, hal tersebut biasanya dapat menyebabkan ban kembali kempes dalam waktu dekat.

6. Adanya Retakan pada Dinding dan Tapak Ban Mobil

Siapa sangka, dinding dan tapak yang terdapat pada ban mobil ternyata memiliki fungsi yang penting untuk menjaga kondisi ban itu sendiri. Dinding ban yang sudah terlalu lama digunakan biasanya akan menyebabkan keretakan pada tapaknya.

Retakan tersebut ternyata dapat menyebabkan angin yang berada di dalam ban mobil keluar karena dinding ban sudah tidak mampu menahan tekanannya. Karena itulah, sebagai pengendara yang bijak Anda harus melakukan pengecekan kondisi ban secara berkala untuk menghindari ban mobil kempes. 

7. Kualitas Ban Mobil yang Kurang Baik

Dalam memilih ban mobil yang baik, sebaiknya Anda menyesuaikan tipe ban mobil dengan rute ataupun jenis jalanan yang nantinya akan sering Anda lalui. Selain itu, pilihlah ban yang berkualitas dan sudah memenuhi standar uji SNI dan standar internasional.

8. Adanya Pasir Diantara Ban dan Pelek Mobil

Khusus untuk ban mobil yang sering melaju di daerah berpasir, Anda harus melakukan pengecekan secara rutin untuk memeriksa keberadaan butiran pasir di antara ban dan pelek mobil. Butiran pasir yang menumpuk dapat menyebabkan ban mobil Anda kempes dan bocor.

9. Terkena Benda dengan Permukaan yang Tajam

Penyebab yang terakhir adalah salah satu fenomena yang paling sering terjadi saat Anda berkendara. Dalam berkendara di jalan raya, selalu ada kemungkinan ataupun risiko ban mobil yang Anda gunakan akan melewati atau melindas benda yang tajam seperti pecahan kaca, beling, ataupun paku.

Apabila benda tajam tersebut berukuran lumayan besar, maka mobil Anda berisiko untuk kempes atau setidaknya mengalami kebocoran karena berlubang akibat benda tajam tersebut.

Ciri-Ciri Ban Mobil Anda Kempes

ban-mobil-kempes-penyebab

1. Mobil Akan Terasa Lebih Berat

Ban kempes akan memiliki permukaan yang jauh lebih lebar dan akan bersentuhan dengan aspal. Karena semakin lebar permukaan ban, mobil pun terasa lebih berat karena kecepatannya akan lebih terhambat dari biasanya.

2. Setir Mobil Kadang Bergerak dengan Sendirinya

Saat salah satu ban depan pada mobil Anda kempes, biasanya setir ataupun kemudi Anda akan cenderung berbelok ke arah ban yang kempes. Misalnya saat ban depan kanan mobil Anda kempes, setir Anda akan cenderung berbelok ke arah kanan, dan begitu pula sebaliknya.

3. Ban Terasa Lebih Empuk

Hal ini terjadi karena adanya perbedaan ataupun perubahan tekanan pada ban mobil yang Anda gunakan. Ban yang kempes akan memiliki tekanan angin yang rendah, sehingga ban akan terasa lebih empuk saat digunakan untuk berkendara.

4. Terdengar Suara Gemuruh saat Mengemudi

Suara gemuruh yang terdengar saat ban kempes biasanya disebabkan karena permukaan karet yang terdapat pada ban menyentuh aspal. Suaranya akan terdengar lebih berisik karena permukaan ban yang menyentuh aspal akan lebih lebar dari biasanya.

Risiko Berkendara dengan Ban Mobil yang Kempes

  • Ban akan berisiko untuk pecah.
  • Kecepatan mobil akan terhambat.
  • Konsumsi bahan bakar akan meningkat.
  • Bagian samping ban akan mengalami keretakan.

Cara Mengatasi Ban Mobil yang Kempes

ban-mobil-kempes-resiko

1. Siapkan Peralatan untuk Mengganti Ban Mobil

Siapkan berbagai peralatan untuk mengganti ban mobil seperti dongkrak mobil, kunci roda, hingga ban cadangan yang akan digunakan.

2. Kendurkan Baut pada Ban Mobil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengendurkan baut yang terdapat pada ban mobil. Anda dapat memutarnya dengan menggunakan obeng dan memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam.

3. Pasang Dongkrak Mobil

Selanjutnya adalah memasang dongkrak di dekat ban mobil yang ingin diganti. Usahakan agar memasang dongkrak pada permukaan ataupun struktur yang kokoh dan berada dalam kondisi yang tegak lurus dengan ban mobil yang ingin diganti. Setelah terpasang, Anda dapat memulai untuk mengangkat ban.

4. Lepaskan Baut pada Ban Mobil

Saat kondisi ban sudah terangkat dengan dongkrak, lepaskan seluruh baut yang ada pada ban mobil.

5. Pasang Ban Cadangan

Tahapan selanjutnya adalah memasang ban cadangan sebagai pengganti ban yang kempes. Pasang secara perlahan dan pastikan posisinya sudah tepat. Lalu pasang baut sepeti sebelumnya.

6. Turunkan Dongkrak Mobil

Setelah ban dan seluruh baut telah terpasang dengan rapi, Anda bisa menurunkan dongkrak dan merapikan seluruh peralatan yang sudah selesai digunakan untuk mengganti ban yang kempes.

Itulah beberapa penyebab, ciri, serta cara mengatasi ban mobil yang kempes versi Carsome. Nah, kalau sobat Carsome mengalami masalah ban mobil kempes di dalam perjalanan, jangan panik terlebih dahulu. Usahakan tetap tenang dan segera menyiapkan peralatan, ya!

Jual beli mobil bekas di Carsome #gampangbanget, kamu tidak perlu merasa khawatir karena transaksi di Carsome terpercaya, mudah, dan aman! Hindari juga beberapa penipuan dengan mengetahui cara jual mobil bekas cepat laku

Baca juga: Shock Absorber: Fungsi dan Tanda Harus diganti