Cara Mudah Menghilangkan Baret Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Cara menghilangkan baret mobil tanpa harus ke bengkel tidak sulit, bahkan Anda dapat membuat campurannya sendiri. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari jenis baret dan penyebab baret pada mobil Anda. 

Coating memang bisa menjadi solusi yang tepat dalam menghilangkan baret atau lecet pada bodi mobil, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Demikian halnya juga untuk mobil penyok. Jadi, saat penyok atau baret di mobil Anda, jangan terlalu terburu-buru untuk membawanya ke bengkel. Dengan menerapkan beberapa cara ini, Anda dapat menghilangkan baret mobil sendiri dirumah!

cara-menghilangkan-baret-mobil

Cara Menghilangkan Baret Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

Pertama-tama kenali dulu penyebab baret yang terjadi pada mobil Anda. Baret ringan, sedang atau yang memang parah. Jika baret ringan seperti goresan, Anda hanya perlu menggunakan amplas, kain penghilang goresan, pasta gigi, dan senyawa penggosok. Namun jika penyok, perkakas yang dapat Anda gunakan seperti air mendidih, pengering rambut dan plunger. Untuk itu, yuk simak kapan harus menggunakannya.

1. Baret Ringan 

Baret ringan biasanya masih tergolong goresan yang tidak terlalu merusak cat mobil Anda. Goresannya cenderung kecil dan tidak terlalu terlihat jelas, biasanya disebabkan karena terkena benda-benda dengan ujung atau permukaan yang tajam. Untuk masalah baret ini, Anda bisa menggunakan tips dan perkakas di bawah ini: 

  • Pasta Gigi

Perihal menggunakan pasta gigi, Anda dapat menggunakan kanebo ataupun lap dengan permukaan yang lembut. Oleskan pasta gigi secukupnya pada permukaan lap yang sudah dibasahi, kemudian gosokkan lap pada permukaan bagian baret mobil. Gosokkan lap secara melingkar agar dapat merata pada seluruh bagian yang terdapat baret.

  • Minyak Rem

Baret pada bodi mobil ternyata juga bisa dihilangkan dengan menggunakan minyak rem, lho! Anda cukup menuangkan minyak rem pada kanebo atau lap kering secukupnya, lalu oleskan pada bagian yang tergores. Setelah itu, bersihkan bagian tersebut dengan menggunakan air dan kain kering yang baru.

  • Cairan Ammonia

Campurkan 15 ml cairan amonia dengan setengah liter air dan aduk hingga rata. Setelah itu, siapkan kain bersih dengan tekstur lembut dan celupkan pada campuran tadi. Gosokkan kain pada bagian kaca mobil yang mengalami baret atau goresan ringan, lalu biarkan cairan amonia menyerap secara menyeluruh.

2. Baret Sedang

Jenis goresan yang kedua adalah baret sedang. Untuk baret sedang sendiri memang terlihat cukup jelas dan mulai mengganggu tampilan mobil Anda, namun tidak terlalu merusak cat mobil. Biasanya terjadi karena gesekan dengan pohon ataupun ranting. Simak tips untuk mengatasi baret mobil yang tergolong sedang. 

  • Obat Nyamuk Cair

Siapa sangka obat nyamuk cair dapat menghilangkan baret pada permukaan body mobil Anda. Cara ini tergolong mudah, Anda hanya perlu menuangkan obat nyamuk cair ke lap yang kering dan usap pada bagian mobil yang tergores. Oleskan nyamuk cair pada bodi mobil dengan gerakan melingkar hingga merata. Lalu, kemudian menunggu hingga 15-20 detik. Selanjutnya, bersihkan dengan air. Anda wajib mengetahui bahwa membersihkan dengan autan tidak berhasil gunakan kompon. Untuk harga dari obat nyamuk cair sachet ini berkisar dari Rp 1.000 hingga Rp 12.000 untuk 1 lusinnya. 

  • Kompon

Untuk cara ini, Anda hanya perlu menyiapkan kain bersih yang bertekstur lembut dan juga kompon poles. Anda dapat mulai memoles bagian mobil Anda yang mengalami baret dengan menggunakan kompon secara secukupnya. Usahakan agar mengusap kompon secara satu arah dan merata hingga baret hilang.

Perhatikan jenis kompon yang Anda gunakan, umumnya  di pasaran terdapat 2 kompon diantaranya kompon coklat dan kompon putih. Untung masalah pada baret mobil gunakan kompon berwarna putih karena lebih halus. 

Bersihkan terlebih dahulu mobil,lalu keringkan dan oleskan kompen lalu gosok perlahan dengan lap halus. Jika sudah selesai, bilas kompon sampai bersih. Setelah itu aplikasikan produk wax mobil yang digunakan untuk membuat body mobil mengkilap. Untuk harga kompon itu sendiri berkisar dari Rp 50.000 hingga Rp 300.000. 

  • Scratch Remover

Cara yang satu ini memang tergolong sangat mudah. Anda cukup memoles bagian yang mengalami baret dengan cairan scratch remover secara merata dan perlahan. Setelah itu gosok permukaan dengan micro-fiber hingga goresan ataupun baret perlahan menghilang. Di pasaran, harga scratch remover berkisar dari Rp 79.000 hingga Rp 300.000.

  • Amplas

Ingat jangan gunakan sembarang amplas, gunakan amplas P2000 atau P2500 yang memiliki tingkat kehalusan cukup tinggi. Basahi amplas dengan sedikit air, hal ini dilakukan supaya tidak merusak permukaan cat yang ada pada mobil. Setelah permukaan yang baret sudah hilang dan terasa halus, gunakan finishing wax untuk meningkatkan warna cat agar tidak memudar. Untuk perkiraan harga amplas di pasar ini berkisar dari Rp 2.000 hingga Rp 7.000. 

3. Baret Dalam

Baret dalam merupakan jenis goresan yang paling parah karena sudah merusak lapisan dari cat mobil. Baret dalam umumnya disebabkan karena kecelakaan berat yang membuat lapisan dalam mobil menjadi rusak atau bahkan hancur. Pastikan penyok yang terjadi tidak terlalu berat, ya! Jika sudah terlalu berat sekali kerusakannya, maka ada baiknya Anda segera melakukan klaim asuransi all risk

Untuk masalah baret dalam ini biasanya terjadi baret dan penyok biasanya dalam satu waktu kan. Nah, untuk masalah baret sekaligus penyok coba atasi dengan memperbaiki penyok pada mobil terlebih dahulu. Kemudian Anda melakukan pemolesan dengan dengan tips dan trik yang ada di atas. 

  • Pengering Rambut 

Siapkan pengering rambut dan sebotol karbondioksida cair. Kemudian arahkan hairdryer pada penyok mobil sekitar 3-5 menit sampai permukaan panas, lalu semprotkan karbon dioksida cair. Kemudian tekan-tekan kembali hingga permukaan mobil kembali ke bentuk asalnya.

  • Air Mendidih 

Gunakan Air mendidih untuk membantu menghilangkan penyok pada mobil. Ini adalah teknik kuno yang ampuh dan banyak digunakan hingga hari ini pada bumper yang penyok. Anda membutuhkan dua panci, satu dengan air mendidih, dan yang lainnya dengan air dingin. 

Hal yang perlu Anda lakukan adalah menuangkan air panas ke atas penyokan agar bumper yang penyok menjadi cukup lentur sehingga Anda dapat mendorongnya keluar dari dalam. Selanjutnya, tuangkan air dingin ke atasnya untuk mendinginkan area tersebut.

  • Plunger 

Anda akan membutuhkan plunger yang lebih kecil dari penyok di mobil Anda dan jika penyoknya cukup kecil, Anda bahkan dapat menggunakan mangkuk penyedot dari dudukan handphone di dalam mobil. Anda membutuhkan sedikit air pada plunger atau cangkir hisap dan mobil untuk membantu menciptakan segel. Dorong sepenuhnya ke bawah untuk mengeluarkan udara dan tarik dengan kuat. Penyok akan kembali seperti semula. 

cara-menghilangkan-baret-mobil-tanpa-ke-bengkel


Penyebab Baret pada Mobil

Sobat Carsome, Anda juga perlu mengenali apa saja penyebab baret pada mobil karena ada berbagai hal yang tidak sengaja bisa menyebabkan baret pada mobil: 

  • Benturan (tabrakan) halus ataupun kasar
  • Usia mobil yang sudah cukup tua
  • Penggunaan sponge yang kasar saat mencuci mobil
  • Penggunaan lap yang kasar saat mengeringkan mobil

Gimana Sobat Carsome, semoga rangakaian informasi dan artikel di atas dapat membantu Anda, ya! Setidaknya Anda memahami kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda dan dapat melakukan estimasi pembayaran untuk melakukan perbaikan jika diperlukan. Selalu lakukan perawatan pada mobil Anda secara berkala agar jual mobil Anda dapat lebih cepat

Jual beli mobil bekas di Carsome terpercaya, mudah dan cepat! Pastikan Anda menyimpan berkas-berkas dan dokumen penting dari kendaraan Anda agar proses penjualan mobil dapat berlangsung dengan baik. Kunjungi lokasi Carsome di beberapa wilayah terdekat Anda! 

Baca juga: SUV vs MPV? SUV Memang Lebih Bertenaga Dibanding MPV!