Cuci Mobil Hidrolik Aman? Ini Biaya, Resiko & Kelebihannya pada Mobil

Cuci mobil hidrolik sebaiknya tidak sering-sering dilakukan untuk dijadikan rutinitas membersihkan mobil Anda. Mengapa? Perawatan pencucian mobil yang satu ini jika tidak dilakukan di tempat yang profesional bisa membahayakan mesin dan mobil Anda. Nah, saat ini di Indonesia sendiri jasa mencuci mobil dan jenis pencucian yang ditawarkan sudah banyak. Mulai dari cuci mobil hidrolik, cuci mobil otomatis, hingga cuci mobil manual. Jadi, ada baiknya Anda memahami juga jenis pencucian mobil. 

Menghilangkan jamur pada mobil memang sangat ampuh dengan cuci mobil hidrolik. Namun, jenis cuci mobil inipun tak bisa sembarangan untuk dilakukan. Itulah mengapa Anda harus memahami kelebihan serta kekurangan dari sistem kerja cuci mobil hidrolik itu sendiri. Setelah memahami sistem kerjanya, barulah Anda dapat memilih tempat cuci mobil yang aman dan nyaman untuk mobil Anda. Yuk, simak tips dibawah ini! 

Jenis-Jenis Usaha Cuci Mobil

 

jenis-cuci-mobil

1. Cuci Mobil Hidrolik

Cuci mobil hidrolik merupakan sebuah metode untuk mencuci mobil dengan cara mengangkat mobil dengan tujuan agar bagian bawah mobil dapat dibersihkan dengan maksimal. Dengan proses pengangkatan tersebut, kerak serta kotoran yang terdapat di bagian bawah mobil yang dapat mengakibatkan keropos pada mobil akan mudah untuk dibersihkan.

Cuci mobil jenis ini  sendiri dinilai sangat efektif untuk membersihkan mobil Anda terutama di musim penghujan. Pada musim penghujan, bagian kolong mobil tentu saja akan lebih sering terkena genangan air dan akan lebih cepat kotor.

Pada tempat usaha cuci mobil hidrolik biasanya menggunakan mesin uap dengan suhu air yang berkisar di antara 60 hingga 80 derajat celcius. Dengan mesin tersebut, kotoran yang sulit hilang seperti bekas oli akan mampu dibersihkan dengan cukup mudah.

2. Cuci Mobil Otomatis

Jenis usaha cuci mobil yang satu ini sempat sangat populer pada awal tahun 2000-an di Indonesia. Jenis mesin yang digunakan untuk tempat cuci mobil otomatis biasanya sudah dapat bekerja tanpa bantuan manusia.

Mesin ini akan secara otomatis menyemprotkan air serta sabun pada mobil Anda. Selanjutnya, air sabun akan digosok serta digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada pada body mobil Anda, hingga ke proses pengeringan. Berbagai teknologi saat ini sudah mulai menghadirkan inovasi yang touchless, sehingga Anda hanya perlu menunggu dalam mobil sementara mobil dibersihkan dari luar. 

Biaya untuk cuci mobil otomatis biasanya cenderung mahal jika dibandingkan dengan biaya cuci mobil jenis lainnya karena dianggap sangat praktis dan dapat menghemat waktu. Namun, dengan cara ini bagian bawah mobil biasanya tidak bisa terjangkau untuk dibersihkan.

3. Cuci Mobil Manual

Jenis usaha cuci mobil yang terakhir adalah tempat cuci mobil manual. Jenis ini merupakan jenis yang paling umum dan paling mudah ditemukan hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Biasanya pengusaha tempat cuci mobil manual menggunakan mesin pompa bertekanan tinggi yang nantinya akan dioperasikan secara manual oleh tenaga manusia untuk membersihkan bagian-bagian mobil Anda.

Jenis Cuci Mobil  Harga Cuci Mobil 
Steam – Cuci Manual  Rp 35-50 ribu
Steam – Cuci Manual Hidrolik Rp 35- 70 ribu 
Steam – Cuci Mesin Otomatis Rp 40 – 80 ribu 
Steam – Cuci Robotic Rp 45 – 125 ribu

Kelebihan Cuci Mobil Hidrolik

 

cuci-mobil-hidrolik-kelebihan-kekurangansumber: hai-online.com


1. Mobil akan Bersih dengan Maksimal

Kelebihan pertama mengapa Anda harus menggunakan jasa ataupun tempat penyedia cuci mobil hidrolik adalah tentu saja karena tingkat kebersihannya yang lebih maksimal jika dibandingkan dengan jenis cuci mobil lainnya.

Dengan memilih cuci mobil hidrolik, mobil Anda dapat dibersihkan hingga ke bagian-bagian yang sulit dibersihkan seperti bagian kaki-kaki serta kolong mobil. Ini akan lebih mudah untuk menghilangkan kerak hingga karat pada bagian bawah mobil. 

2. Proses Pembersihan akan Lebih Mudah

Kelebihan yang paling menonjol dari tempat cuci mobil hidrolik adalah kemampuannya dalam membersihkan kolong mobil. Sebagai salah satu bagian yang paling sering kotor karena letaknya yang berada sangat dekat dengan permukaan jalan, membuat kolong mobil harus secara rutin dibersihkan.

Jika Anda menggunakan metode cuci lain selain metode hidrolik, bagian kolong tidak akan benar-benar bersih. Sehingga, ada baiknya jika melakukan cuci hidrolik sekali-kali.

Kekurangan Cuci Mobil Hidrolik

 

kekurangan-cuci-mobil-hidroliksumber: liputan6.com

1. Dapat Melemahkan Komponen Suspensi

Sepertinya masih banyak orang yang belum memahami kekurangan ataupun risiko dari sistem cuci mobil secara hidrolik. Salah satunya adalah dapat melemahkan komponen suspensi mobil Anda. Bagaimana bisa?

Jika Anda terlalu sering mencuci mobil dengan sistem hidrolik, suspensi depan akan terkunci yang mengakibatkan roda mobilpun dapat berubah nantinya. Gejala tersebut biasanya dialami oleh mobil-mobil yang sudah berusia diatas 5 tahun. Jika, sudah merasa seperti ini ada baiknya melakukan spooring & balancing.

Selain itu, jika terlalu sering mencuci mobil dengan sistem hidrolik shockbreaker Anda juga berisiko mengalami kerusakan. Karena harganya yang tidak murah, sebaiknya Anda harus tetap melakukan perawatan rutin agar kondisi seluruh komponen termasuk suspensi dapat tetap bekerja secara maksimal.

Suspensi dan shockbreaker rusak biasanya mengalami kerusakan ditandai dengan tidak adanya peredaman bunyi pada mesin, sehingga Anda merasa mesin keras dan banyak bunyi. Juga saat digunakan dalam kecepatan tinggi, Anda merasa mobil oleng. 

2. Potensi Mesin Terbakar

Cuci mobil hidrolik bisa membuat mesin mobil terbakar karena terjadinya korsleting listrik. Untuk itu, Anda harus memperhatikan agar mesin tidak secara langsung dicuci. Sebisa mungkin tidak menggunakan air, karena nantinya dapat merusak sistem mesin yang ada di dalamnya. Ada baiknya, jika hanya melakukan pembersihan dengan lap mesin saja. 

3. Mobil Rawan untuk Terjatuh

Mengingat sistem cuci mobil hidrolik yang mengharuskan mobil Anda untuk diangkat dan digantung dalam waktu yang cukup lama, risiko mobil Anda terjatuh juga tetap ada. Biasanya hal tersebut terjadi karena kesalahan manusia (human error) atau kerusakan pada mesin hidrolik. 

Perhatikan jika posisi mobil Anda kurang center, dan Anda merasa lift hidrolik terlalu tinggi dengan kondisi fisik yang sepertinya tidak cukup kuat. Maka, ada baiknya Anda mengatakan kepada petugas untuk menurunkannya. 

4. Komponen Mobil Berisiko Rusak

Terlalu sering mencuci mobil dengan sistem hidrolik juga berisiko dapat merusak beberapa komponen yang ada pada mobil. Misalnya, karena penggunaan spray gun untuk menyemprotkan air pada mobil. Tekanan air yang terlalu tinggi dan secara terus menerus akan dapat merusak beberapa bagian komponen seperti komponen kelistrikan mobil.

Tips agar Aman saat Cuci Mobil Hidrolik

 

tips-aman-cuci-mobil-hidrolik

1. Selalu Pilih Tempat Cuci Mobil Hidrolik yang Bertipe H

Perlu Anda ketahui, tempat cuci mobil hidrolik biasanya memiliki 2 jenis tipe lift hidrolik. Pada tipe X yang akan mengangkat bagian bawah mobil Anda. Dengan sistem tersebut, risiko mobil Anda untuk terjatuh akan lebih besar. Mengapa? Karena topangan beban berada di tengah, sehingga mobil bisa saja naik tidak seimbang berat kiri dan kanannya. Jadi, potensi mobil terjatuh ke kiri, kanan, belakang, depan sangat mungkin terjadi.

Selanjutnya tempat cuci mobil hidrolik dengan tipe H, dimana lift hidrolik akan menopang bagian ban mobil Anda. Dengan sistem ini, proses pembersihan akan lebih mudah dan aman karena dinilai lebih seimbang saat pengangkatan mobil. Hingga kecenderungan untuk mobil terjatuh dari segi mesin tentu tidak akan terjadi. 

2. Kenali Bagian Mobil atau Mesin yang Harus Selalu Dicuci 

Menurut inspektor Carsome beberapa bagian yang harus selalu dicuci saat mencuci mobil adalah bodi mobil sudah pasti, kaca, lampu eksterior, atap mobil, ban mobil, bagian bawah mobil. Perhatikan untuk berhati-hati pada ruang spakbor, bagian bumper depan dan belakang, kemudi, suspensi, radiator hingga kondensor AC.

Nah, itu dia tips dari Carsome untuk Anda yang sedang memikirkan menggunakan jasa cuci mobil hidrolik. Ingat, bahwa musibah tidak bisa diprediksi, ya! Sehingga, pastikan Anda melengkapi mobil dengan asuransi. Carsome juga sudah pernah menginfokan Anda terkait cara mengklaim asuransi mobil all-risk. 

Tukar tambah mobil bekas Anda dengan mobil bekas berkualitas yang disediakan oleh Carsome. Proses jual mobil bekas di Carsome tentu terpercaya, mudah, dan cepat. Transaksi transparan dan sangat mempermudah Anda. Carsome sudah bermitra lebih dari 1000 dealer terpercaya di Indonesia. Jadi, tidak perlu ragu lagu untuk menjual mobil di Carsome

Baca juga: Tanda Oli Mobil Kurang dan Harus Diganti Sekarang Juga!