Apa Itu Spooring, Fungsi, Biaya, dan Kapan Harus Dilakukan?

Spooring adalah proses untuk meluruskan kembali keempat roda mobil seperti posisi semula. Keamanan ban memang sangat memegang kendali terhadap kemudi mobil. Jadi, melakukan spooring mobil merupakan suatu keharusan, ya! Ingat bahwa ban mobil merupakan salah satu elemen utama dalam keselamatan berkendara.

Memahami pengertian Ban dan cara melihat ukuran ban mobil yang tepat juga menjadi prioritas bagi Anda para pemilik mobil. Hal ini dikarenakan ban mobil lah yang bertugas pertama kali ketika mobil hendak dikendarai. Oleh karena itu, Anda perlu senantiasa memperhatikan kondisi ban mobil Anda, terutama apabila Anda banyak melewati jalan yang rusak. Keadaan jalan yang seperti itu bisa menjadi salah satu penyebab ban mobil kempes.

spooring-adalah

Hal ini dikarenakan jalanan yang rusak bisa mengubah presisi ban mobil Anda. Untuk itu, Anda perlu secara rutin melakukan perawatan berupa balancing dan spooring pada mobil Anda agar keamanan dan kenyamanan berkendara Anda tetap terjaga.

Adapun spooring adalah proses menyeimbangkan atau menyelaraskan ban mobil kembali seperti semula atau sesuai dengan spesifikasi bawaan mobil, contoh umum yang sering ditemukan adalah roda depan yang tidak center. Sedangkan, balancing adalah penyesuaian atau upaya menjaga keseimbang pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan menambahkan timah pada komponen yang kurang. Untuk memahami lebih dalam mengenai spooring dan balancing, mari simak penjelasan di bawah dari CARSOME!

Nggak perlu bingung cari mobil bekas, cek langsung di CARSOME

Lagi-cari-mobil-bekas-?

Perbedaan Spooring dan Balancing

Dalam perawatan mobil, spooring dan balancing mobil adalah salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada mobil Anda. Tujuan dari spooring dan balancing ini adalah agar laju mobil Anda tetap lurus. Meskipun demikian, keduanya memiliki perbedaan. Beberapa diantaranya:

1. Spooring

Spooring adalah proses menyeimbangkan atau menyelaraskan roda-roda mobil dengan meluruskan ban depan dengan ban bagian belakang. Dalam prosesnya, spooring mencakup camber, caster, toe angle (toe-in atau toe-out), dan turning radius.

Manfaat spooring adalah untuk menjaga kestabilan kendaraan, diantaranya kemudi menjadi ringan, menimbulkan gaya putar kembali setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri saat kemudi dilepas, lalu mengurangi keausan pada bagian-bagian ball-joint dan roda.

2. Balancing

Definisi Balancing yaitu menyeimbangkan kembali semua roda mobil dan memastikan apakah ban sudah seimbang pada titik pusat rodanya atau belum. Untuk itu, balancing mobil umumnya dilakukan sesudah proses penggantian ban atau pelek. Dengan tujuan, agar saat mobil dipakai, ban dalam kondisi terbaik dan putaran roda mobil pun bisa berputar dengan baik.

spooring-adalah-meluruskan-ban

Kapan Waktu Dilakukannya Spooring dan Balancing?

Pada sebuah mobil yang sudah lama digunakan, keselarasan dan keseimbangan roda perlu diperhatikan sebab keausan bagian roda dapat menyebabkan terjadinya penyimpangan pada sudut kelurusan roda.

Agar kestabilan mobil tetap terjaga, maka perlu melakukan spooring dan balancing mobil secara rutin, yaitu setidaknya setiap 15.000 km atau sekitar 3-4 bulan sekali. Namun, berpatokan pada waktu ini tidaklah cukup.

Anda setidaknya tetap perlu mengetahui tanda-tanda yang mungkin terjadi pada kendaraan yang membutuhkan spooring dan balancing. Berikut ini adalah berbagai tandanya.

1. Setir Bergetar Saat Berkendara

Amati dan rasakan apakah setir bergetar ketika sedang berkendara. Setir yang bergetar menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan ban depan mobil Ada. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara. Untuk itu, ketika Anda merasakan hal ini, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing pada mobil Anda.

2. Mobil Belok Sendiri Saat Melaju Lurus

Saat Anda sedang melaju lurus, coba rasakan apakah ada pergerakan atau perasaan bahwa mobil Anda berbelok dengan sendirinya. Jika ya, maka ini menandakan bahwa ada permasalahan dengan spooring.

3. Pastikan Tak Ada Benjolan pada Ban Mobil

Untuk mengetahui ketidaknyamanan dalam berkendara, Anda dapat mengecek keausan pada ban mobil Anda. Amati secara seksama dan menyeluruh. Apakah ada benjolan pada ban? Jika ya, itu bisa jadi sistem suspensi mobil Anda sedang bermasalah.

4. Setir Terasa Berat

Gejala yang paling terasa jika mobil perlu dilakukan spooring berlokasi pada setir. Kalau setir terasa tak nyaman atau terasa lebih berat dari biasanya, atau ketika setir dibelokkan, namun setir tidak berputar kembali ke posisi semula, maka ini saatnya bagi Anda melakukan spooring dan balancing pada mobil Anda.

5. Terasa Goncangan Dikala Membelokan Kendaraan

Saat membelokkan mobil, apakah terasa sedikit goncangan? Apabila terasa goncangan saat kondisi jalan yang baik, maka itu dapat dipastikan bahwa ada permasalahan pada spooring dan balancing mobil Anda.

6. Hilangnya Keseimbangan Kendaraan

Efek paling parah yang dapat timbul karena tidak adanya perawatan spooring dan balancing adalah hilangnya keseimbangan. Hal ini tentunya sangat membahayakan, khususnya saat Anda sedang melaju pada kecepatan yang cukup tinggi.

Itulah tanda-tanda yang mungkin terjadi pada kendaraan yang membutuhkan perawatan spooring dan balancing. Jika Anda merasakan salah satu atau sebagian dari gejala-gejala di atas, maka Anda harus segera membawa mobil Anda untuk dilakukan pengecekan dan perawatan spooring dan balancing.

Apa Saja Jenis Alat Spooring yang Biasa Digunakan?

Untuk melakukan spooring yang efektif, diperlukan penggunaan alat spooring yang tepat. Di dalam dunia otomotif, terdapat beberapa jenis alat spooring yang biasa digunakan. Mulai dari alat spooring laser, alat spooring 3D, dan alat spooring manual yang sederhana.

Tapi tahukah kalau ternyata, bukan hanya kendaraan kita yang perlu mendapatkan perawatan, tetapi alat spooring yang digunakan juga perlu menjalani kalibrasi secara rutin, lho! Mengapa? Supaya alat spooring tersebut tetap berfungsi secara optimal dan memberikan hasil yang akurat.

spooring-adalah-memperbaiki-ban-bengkok

Berapa Harga Spooring & Balancing?

Jenis Perawatan Mobil 

Harga Spooring 

Biaya Balancing (@roda) Rp 30.000 – Rp 45.000
Spooring Mobil Kecil (Sedan, Hatchback) (@roda) Rp 150.000 – Rp 175.000
Spooring Mobil Besar (MPV, SUV) (@roda) Rp 200.000
Paket Balancing & Spooring (@roda) Rp 225.000 – Rp 250.000

Saat ini, ada banyak bengkel yang menawarkan jasa spooring dan balancing ban mobil. Untuk itu, tarif yang ditawarkan pun bervariatif. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tarif yang ditawarkan masih sangat terjangkau.  Adapun berdasarkan data pricelist yang dijajakan bengkel, tarif spooring dan balancing dibedakan menurut model mobil. Untuk tarif balancing pada umumnya dikenakan Rp 30 ribu per roda.

Sementara, untuk tarif spooring pada mobil kecil, seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Suzuki Karimun, dan juga Toyota Agya adalah sekitar Rp 150-175 ribu per roda. Sedangkan, untuk mobil berukuran besar, seperti Alphard, Pajero, dan Outlander adalah sekitar Rp 200 ribu per roda. Harga ini sendiri dapat berubah-ubah berdasarkan promo yang ditawarkan saat pemilik kendaraan melakukan spooring dan balancing masing-masing bengkel dan daerah, ya!

Lalu Kesimpulannya?

Spooring adalah perawatan yang memang sangat perlu untuk dilakukan apalagi jika Anda sudah melewati permukaan jalan yang sangat ekstrim. Nah, semoga setelah membaca artikel ini Anda jadi menyadari pentingnya untuk menjaga ban agar tetap seimbang dan lurus. Sebenarnya bukan ban saja ya yang harus diperhatikan. Jadi, sering-sering lakukan tune up berkala dan perawatan mobil.

Jual mobil bekas dengan mudah? ADA CARANYA di CARSOME! Platform terpercaya, mudah, dan cepat untuk Anda yang ingin menjual mobil, semuanya serba praktis dan terbebas dari berbagai penipuan. Buruan masukan detail mobilmu di website atau aplikasi CARSOME dan dapatkan berbagai promo menarik untuk Anda. Carsome adalah paltform terpercaya untuk jual dan beli mobil bekas!

Jika Anda ingin membeli mobil bekas atau menjual mobil lama, tak perlu bingung lagi! CARSOME menawarkan proses yang transparan, mudah, dan tanpa ribet. Kunjungi situs web kami di carsome.id atau download aplikasi CARSOME sekarang juga!

jual-beli-mobil-bekas-terpercaya-di-carsome

Baca juga: Bebas Cemas, Garansi 1 Tahun Solusi Terpercaya Beli Mobil Bekas