Fungsi Defogger Kaca Mobil Saat Hujan dan Cara Kerjanya!

Fungsi defogger kaca mobil memang jarang diperhatikan oleh para pengemudi dan pemilik kendaraan sendiri. Ternyata fungsi defogger kaca mobil ini sangat penting apalagi di saat musim hujan. Beberapa keluaran mobil terbaru saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan fitur bawaan defogger atau anti embun. Tentunya saat hujan mobil sudah pasti kaca mobil berembun

Namun, sudahkah Anda mengetahui fungsi defogger pada kaca mobil Anda? Pada artikel kali ini, Carsome akan membahas fungsi dan fitur utama dari komponen yang satu ini. Meskipun banyak orang yang belum mengetahui fungsinya, fitur defogger ternyata berperan sangat penting terutama jika harus menyetir dalam kondisi hujan.

cara-memakai-dan-fungsi-defogger-mobil-saat-berada0Sumber: Kompas

Apa Itu Defogger?

Defogger adalah sebuah fitur yang berada pada kaca mobil dan berfungsi untuk menghilangkan embun ataupun kabut yang bisa menutupi kaca terutama saat musim hujan. Umumnya defogger yang banyak digunakan adalah pada bagian kaca belakang mobil. Hal tersebut bertujuan agar visibilitas pengendara dapat tetap terjaga untuk bisa melihat ke arah belakang tanpa takut tertutup embun.

Defogger ini memiliki bentuk seperti garis-garis horizontal tipis yang melintang dari sisi kaca mobil belakang. Biasanya terbuat dari kawat yang tipis. Garis-garis yang menempel pada kaca tersebut bersifat panas jika diaktifkan, sehingga mampu menghilangkan embun dengan cepat dari kaca.

Fungsi Defogger pada Kaca Mobil

Defogger pada kaca mobil pada dasarnya berfungsi untuk menghilangkan embun yang menempel. Keberadaan embun tentu saja akan sangat berbahaya jika sudah mengganggu penglihatan pengemudi selama berkendara. Selain itu, defogger juga dapat berfungsi sebagai penghangat kaca mobil, namun tidak mampu untuk membersihkan kotoran seperti halnya wiper mobil.

Bagaimana Cara Mengaktifkannya? 

Cara mengaktifkan defogger pada berbagai mobil saat ini sebenarnya sudah banyak caranya. Salah satu cara yang paling dominan pada mobil adalah dengan menekan tombol yang memiliki logo defogger. Tombol ini berfungsi untuk menguapkan embun yang tercipta pada kaca belakang sehingga Anda dapat melihat situasi di belakang jalan. 

Jika Anda melihat garis-garis pada kaca belakang mobil, ini bukanlah sekedar garis melintang saja. Namun, garis tersebut adalah defroster elektrik yang mengandung listrik. Panas akan mulai mengalir jika tombol defogger Anda pencet. 

Jangan gunakan defogger secara terus menerus terutama pada saat kondisi cuaca yang panas. Penggunaan serta pengaktifan defogger secara berkelanjutan ternyata justru dapat membuat kaca mobil menjadi retak, lho!

Selain itu, jika defogger digunakan secara terus menerus, aki mobil akan cepat habis karena defogger sendiri menggunakan arus listrik yang cukup besar selama diaktifkan.

Cara Kerja Defogger pada Kaca Mobil

Cara kerja defogger mobil pada dasarnya mirip dengan cara kerja kompor listrik. Defogger pada mobil bekerja dengan cara menginduksi panas ke seluruh bagian permukaan kaca.

Saat pengendara menekan tombol defogger yang berada di dekat setir mobil, elemen panas pada garis-garis melintang di bagian kaca mobil akan mulai aktif. Dengan begitu, embun pun akan menghilang dengan sekejap karena suhu dari elemen defogger yang naik.

Cara Merawat Defogger pada Kaca Mobil

  • Perhatikan kondisi saat menyalakan dan mematikan defogger. Jangan nyalakan fitur defogger saat hujan baru saja turun karena fungsinya tidak akan bisa berjalan dengan optimal.
  • Perhatikan kondisi soket serta konektor pada defogger. Secara berkala sebaiknya lakukan pengecekan kondisi soket serta timah konektor yang berada di dalam defogger.
  • Lakukan pembersihan secara rutin dengan mengelap defogger menggunakan kain berpermukaan halus agar tidak ada kotoran yang mengendap atau mengering.

Jenis-Jenis Defogger pada Kaca Mobil

Jenis-jenis defogger pada mobil hanya terbagi menjadi dua macam antara depan dan belakang. Tentunya masing-masing fungsi berbeda sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi. Untuk itu mari simak selengkapnya dibawah ini!

Defogger pada Kaca Mobil Bagian Depan

Defogger yang terdapat pada kaca mobil bagian depan menggunakan sistem ventilasi udara. Sistem ini akan menyalurkan udara dari AC melalui celah-celah dashboard atas yang letaknya menghadap ke kaca bagian depan. Udara hangat yang dihasilkan dan dikeluarkan dari ventilasi tersebut nantinya akan mampu menghilangkan embun yang ada di kaca mobil bagian depan.

Defogger pada Kaca Mobil Bagian Belakang

Untuk jenis defogger yang kedua terdapat pada bagian kaca mobil belakang. Biasanya berbentuk seperti garis-garis dengan warna oranye yang terbuat dari bahan tembaga. Saat diaktifkan, tembaga akan mulai memanas dan embun yang menempel pada bagian kaca belakang pun akan menguap dan hilang.

Nah, itu dia berbagai tips menggunakan defogger pada kaca mobil dan bagaimana fungsi dari defogger itu sendiri. Pastikan Anda memastikan mematikan defogger dengan menekan tombol defogger agar tidak membuat kaca mobil menjadi retak. Perhatikan dengan hati-hati, ya sobat Carsome! 

Beli Mobil Bekas Tanpa Pusing di Carsome! 

 

beli-mobil-bekas-berkualitas-anti-penipuan-di-carsome

Jual beli mobil bekas menjadi lebih mudah saat ini di Carsome! Kemudahan hingga proses transparansi tentu membuat Anda semakin nyaman untuk bertransaksi. Carsome adalah Platform E-Commerce mobil bekas terintegrasi terbesar Se-Asia Tenggara yang memiliki 1000 lebih mitra terpercaya di Indonesia. Jadi, tidak perlu khawatir untuk menjual mobil bekas ataupun membeli mobil bekas Anda di Carsome

Baca juga: Cara Over Kredit Mobil yang Aman Untuk Pembeli dan Penjual