4 Fungsi Fog Lamp Lampu Kabut Mobil

Fungsi Fog Lamp lampu kabut pada setiap mobil tentunya untuk meningkatkan visibilitas/penglihatan pengendara selama berkendara di jalanan yang berkabut. Namun, tak hanya sebatas digunakan saat kondisi jalanan yang berkabut saja, fog lamp juga bisa digunakan dalam kondisi lainnya. Berikut ini adalah penjelasan dari fungsi fog lamp lampu kabut pada mobil: 

lampu-fog-lamp-lampu-kabut

1. Fungsi Fog Lamp Saat Hujan Lebat

Selain dapat digunakan saat kondisi berkabut, fog lamp lampu kabut ini juga dapat Anda gunakan saat sedang berkendara di hujan lebat. Pasalnya, tak hanya kabut, tetapi hujan lebat juga bisa mengurangi visibilitas saat sedang berkendara, maka dari itu jika Anda sedang berkendara saat hujan, Anda bisa menghidupkan lampu kabut ini agar mendapat visibilitas yang lebih baik.

Sinar fog lamp lampu kabut yang kekuningan disertai intensitas cahaya yang tidak setinggi lampu utama, itu membuatnya sanggup menembus kabut atau derasnya guyuran air hujan dengan baik. Selain itu, fog lamp lampu kabut juga memiliki pola penyinaran yang menyebar, sehingga menambah visibilitas area sekitar yang bisa dilihat oleh pengemudi. Nah, biasanya masalah yang sering dihadapi Sobat Carsome ini adalah kaca mobil berembun

Saat berembun, tentu saja akan membuat mobil menjadi sulit untuk melihat dengan jelas, sehingga disinilah fungi fog lamp lambu kabut untuk membantu penerangan Anda juga untuk memberi sinyal bahwa mobil ada mobil atau kendaraan di belakang Anda.

2. Fungsi Fog Lamp Saat Berkendara di Malam Hari

Selain itu, Anda juga bisa menghidupkan fog lamp/lampu kabut saat berkendara di malam hari. Hal ini dikarenakan fog lamp dapat menambah visibilitas saat sedang berkendara, khususnya pada malam hari. Meskipun tidak dalam kondisi berkabut atau hujan, namun saat berkendara di malam hari, sinar fog lamp bisa membantu Anda untuk melihat area sekitar mobil. Dengan daya jangkaunya yang mencapai sekitar 10 meter dan pola penyinaran yang menyebar, fog lamp berfungsi untuk membantu penglihatan jarak dekat, sehingga Anda dapat lebih waspada pada kondisi jalanan, seperti lubang, bahu atau marka jalan. Posisinya yang di bawah juga tidak membuat silau pengguna jalan lain yang berasal dari depan. 

Itulah berbagai fungsi fog lamp lampu kabut mobil selain untuk mengatasi kabut. Sebagai informasi tambahan, fog lamp ini adalah lampu yang termasuk dalam fitur keselamatan dengan fungsi membantu visibilitas pengemudi dikala berkendara di cuaca yang tidak bersahabat, seperti hujan deras, asap, atau melintasi area yang berkabut.

Baca juga: 15 Tips Persiapan Nyetir Mobil Malam Hari Agar aman!

3. Tampilan Mobil Lebih Maksimal

Adapun fog lamp ini terdiri atas 2 jenis, yaitu Front Fog Lamp (lampu kabut depan) dan Rear Fog Lamp (lampu kabut belakang). Front fog lamp terdapat pada bagian bawah sisi kanan dan kiri, sedangkan rear fog lamp/lampu kabut belakang terdapat di bagian belakang mobil dan menyatu dengan lampu belakang mobil dan memancarkan warna merah terang.

Untuk lampu bohlam nya sendiri, Anda bisa memilih antara bohlam berjenis Halogen atau LED berwarna kuning. Lampu Halogen memberikan daya tembus yang kuat, sedangkan lampu LED menghadirkan tingkat kecerahan tinggi dan hemat energi. Secara teoritis, usia fog lamp jenis halogen bisa mencapai 350 jam, sementara tipe LED bisa lebih lama, yaitu lebih dari 500 jam. Meskipun demikian, apapun pilihan bohlam Anda, pastikan untuk memilih fog lamp yang waterproof/anti air agar saat air masuk ke dalam foglamp, lampu tidak mudah rusak. 

4. Harga Fog Lamp 

Harga untuk fog lamp sendiri dibandrol mulai dari Rp 500 ribu untuk berbagai varian fog lamp yang dibuat di Cina. Sedangkan, fog lamp yang dibuat dari Taiwan rata-rata harga dimulai dari Rp 800 ribu.

Nah, bagaimana sobat Carsome? Sudah tahu kan sekarang fungsi fog lamp lampu kabut di mobil Anda? Jangan lupa buat Anda yang mau jual mobil, namun bingung cari pembeli, jual saja mobil Anda di Carsome. Cukup isi data di www.carsome.id dan dalam 24 jam mobil laku dengan harga terbaik. Transaksi Jual beli di Carsome Terpecaya, Mudah, dan cepat! Tunggu apa lagi kunjungi Carsome sekarang dan jika ada pertanyaan silahkan hubungi kami

Baca juga: 12 Perawatan Mobil Agar Awet Usai Perjalanan Jauh