Nyetir Mobil Malam Hari? Ini 15 Tips Aman dan Ampuhnya!

Nyetir mobil malam hari? Eiits, hati-hati ya!! Nyetir mobil malam hari jauh lebih berisiko daripada pagi atau siang hari. Kondisi gelap dan penerangan yang minim bisa mempengaruhi jarak pandang Anda. 

Belum lagi, kondisi tubuh yang telah kelelahan setelah seharian beraktivitas, dapat menjadi unsur yang menyebabkan risiko kecelakaan. Meskipun demikian, berkendara di malam hari terkadang tidak bisa dihindarkan oleh sebagian orang. 

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar keselamatan Anda tetap terjaga. Yuk, simak tips nyetir mobil malam hari menurut Carsome Indonesia ini agar perjalanan Anda di malam hari tetap aman! 

nyetir-mobil-malam-hari

1. Memeriksa Kondisi Mobil

Pastinya sebelum berangkat, Anda harus memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Pastikan semua komponen berfungsi dengan baik, terutama pada bagian lampu penerangan. Mulai dari lampu sein, lampu rem, hingga lampu depan mobil. Jika ada salah satu lampu yang tidak berfungsi dengan baik, harus segara diperbaiki ya sobat Carsome. 

Tanda oli mobil berkurang juga merupakan salah satu pengetahuan yang Anda wajib pahami, pasalnya saat oli mobil berkurang mesin mobil terkadang menjadi kurang responsif. Lalu, saat hendak bepergian jauh, Anda juga harus memikirkan kadar aki dan ingat ya cara memperbaiki aki kering dan aki basah berbeda.

2. Kondisi Tubuh Harus Prima

Tips yang kedua haruslah mempersiapkan kondisi tubuh! Pengemudi harus dalam keadaan yang fit dan cukup tidur agar tidak mengantuk saat di jalanan. Kondisi tubuh prima ternyata sangat memperngaruhi penglihatan Anda saat mengemudi. Jika Anda merasa mengantuk, ada baiknya untuk beristirahat dan tidak memaksakan diri. Menurut buku The New York Times, Take A Nap mengatakan bahwa tidur siang akan memberikan pengaruh yang cukup besar pada produktivitas dan mood Anda. 

3. Membawa Teman

Jika Anda bisa membawa teman, maka ini adalah ide yang bagus agar ada temen yang bisa diajak ngobrol. Akan lebih baik lagi kalau teman Anda tersebut bisa mengemudi juga. Jadi saat merasa kelelahan, Anda bisa bertukaran. Anda tidak perlu panik atau takut jika ada hal buruk yang terjadi saat Anda dalam perjalanan seperti ban mobil kempes.

4. Ketahui Rute Perjalanan

Jangan lupa pilih rute yang sesuai sama tujuan Anda agar Anda tidak perlu mencari-cari lagi! Dengan demikian, Anda bisa fokus mengendarai dan memperhatikan jalan. Jika Anda kesulitan menemukan rute yang harus dilalui, Anda bisa meminta bantuan GPS. Saat ini, sudah banyak mobil yang dilengkapi dengan alat GPS atau jika tidak ada, Anda bisa menggunakan alat GPS dari smartphone.

Baca juga: 6 Penyebab Setir Mobil Bergetar dan Tips Mengatasinya!

5. Tetap Waspada Dengan Kondisi Sekitar

Awasi tiap pergerakan yang ada di sekitar Anda. Cek kaca spion di samping dan juga di tengah secara berkala. Pastikan kaca spion dalam situasi bersih, sehingga pandangan Anda tidak terganggu. Dengan cara ini, Anda dapat lebih waspada dengan situasi di sekitar jalan, seperti pesepeda, pejalan kaki, binatang melintas, dan hal lainnya. Hal ini dikarenakan adakalanya banyak hal yang luput tidak kelihatan oleh mata di malam hari. Itu tentunya akan membuat si pengendara menjadi gugup dan berupaya menghindarinya. Namun, menghindar secara tiba-tiba justru berpotensi memunculkan kecelakaan. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan dengan seksama kondisi sekitar.

6. Atur Kecepatan, Tak Perlu Ngebut

Kalau Anda baru pertama kali ngelewatin rute jalan itu, lajukan kendaraan Anda dengan kecepatan yang wajar. Jangan dibawa ngebut, karena kita tidak tau bagaimana kondisi jalanan yang dilalui! Apakah ada tanjakan, tikungan, jalan berlubang, dan lain-lain.

7. Jaga Jarak

Hindari berkendara secara agresif, seperti membuntuti kendaraan di depan dengan jarak yang terlalu dekat. Menjaga jarak itu penting supaya kita dapat bereaksi dengan cepat saat terjadi sesuatu dengan pengendara yang ada di depan. Tidak hanya itu, dengan menjaga jarak dengan pengendara di depan, visibilitas Anda dalam melihat lubang di jalan dan hambatan lainnya akan menjadi lebih jelas. Dengan demikian, kecelakaan pun bisa terhindarkan. Selain itu, menjaga jarak juga penting supaya pengendara di depan tidak menjadi gugup karena merasa dibuntuti oleh Anda. Bukan tak mungkin apabila si pengendara depan merasa gugup, dia justru salah mengambil keputusan dan kecelakaan pun jadi tidak terhindarkan.

8. Menepi

Jika Anda merasa ngantuk saat mengemudi, Anda bisa berhenti dan menepi terlebih dahulu. Anda bisa mengatasi ngantuk dengan minum air putih, cuci muka, atau tidur sejenak.

9. Nyalakan Lampu Depan

Menyalakan lampu saat nyetir mobil malam hari adalah suatu kewajiban. Lampu depan yang terus menyala bisa menambah visibilitas Anda saat berkendara, sehingga Anda dapat lebih waspada dengan kondisi sekitar. Lazimnya, kecelakaan yang terjadi di malam hari disebabkan oleh lengahnya pengendara dengan kondisi sekitar yang gelap. Menyalakan lampu bisa mencegah hal ini terjadi. Jikalau memang diperlukan, Anda juga dapat menyalakan lampu jauh untuk menambah visibilitas saat berkendara. 

10. Gunakan Lampu Jauh Seperlunya

Gunakan lampu jauh seperlunya saja. Hal ini dikarenakan penggunaan lampu jauh bisa sangat sensitif dan mengganggu bagi pengendara dari arah yang berlawanan karena sinarnya yang menyilaukan.

11. Tetap Fokus

Kondisi jalan pada malam hari cenderung sepi, tapi Anda tidak boleh lengang. Anda tetap harus fokus. Agar tetap fokus Anda bisa mengunyah permen mint ataupun permen karet, ya! Hindari makan terlalu banyak karbohidrat, karena nantinya bisa membuat Anda mengantuk.

12. Tetap Waspada

Jangan karena melihat kondisi jalanan yang sepi, Anda justru ngebut! Itu berbahaya. Anda tetap harus waspada terhadap pengendara lain yang bisa jadi tiba-tiba berperilaku tidak menentu. Pastikan untuk mengecek fungsi wiper mobil Anda, menyertir saat hujan di malam hari bisa menjadi tantangan yang sangat besar, pasalnya ada berbagai masalah yang bisa timbul seperti kaca mobil berembun.

13. Mengistirahatkan Mata

Kalau Anda menempuh perjalanan jauh, jangan lupa untuk mengistirahatkan mata secara rutin setiap 2 jam! Atau Anda juga bisa melakukan power nap, tidur di siang hari sehingga Anda lebih fokus dan berkonsentrasi. Ingat, bahwa beristirahat adalah hal yang paling penting dan wajib dilakukan pengemudi, ya! 

14. Jaga Etika dan Aturan Saat Berkendara di Jalan Raya

Masih berkaitan dengan kondisi jalan yang sepi. Anda tidak hanya tidak boleh mengebut, Anda juga tetap harus benar-benar menjaga etika dan aturan saat berkendara. Jangan hanya karena melihat jalanan sepi, semua lampu merah diterobos! Sebagai pengemudi yang baik dan sering melakukan perjalanan jauh, ada baiknya  

15. Memeriksa Kesehatan Mata

Kalau Anda sering melakukan perjalanan di malam hari, jangan lupa untuk periksa kesehatan mata secara rutin. Anda juga perlu makan makanan yang bergizi untuk tetap menjaga kesehatan mata,contohnya seperti makan wortel dan sayu-sayuran lainnya yang mengandung Vitamin A. Jika Anda menggunakan kacamata, pastikan untuk tidak mengarahkan AC kepada kaca mata supaya tidak berembun. Hindari juga menggunakan kacamata yang sudah tergores, ya! 

Gimana sobat Carsome? Semoga persiapan perjalanan jauhnya semakin lancar, ya! Tidak perlu panik memikirkan keamanan nyetir mobil malam hari, Anda hanya perlu memperhatikan kesehatan dan kenyamanan Anda mengemudi serta ketersediaan mesin mobil Anda yang cukup prima. Hal yang terpenting dari nyetir mobil malam hari adalah keselamatan dan kesadaran Anda. Jangan menyepelekan dan menyia-nyiakan waktu untuk beristirahat, ya! Itu dia pesan dari Carsome untuk Anda, selamat menikmati liburan, ya! 

Carsome adalah platform jual beli mobil bekas terpercaya di Indonesia. Carsome sudah bekerjasama dengan lebih dari 1000 mitra terepercaya dalam dunia otomotif untuk menyediakan berbagai mobil bekas berkualitas. Untuk itulah Anda tidak perlu ragu jika ingin ingin membeli mobil bekas di Carsome. Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas untuk Anda.

Temukan cara baru membeli mobil dengan mudah dan nyaman bersama kami, Anda dapat melakukan test drive hingga berkonsultasi dengan para inspektor kami di lokasi inspeksi terdekat di wilayah Anda atau silahkan hubungi kami!

Baca juga: Review Honda City Hatchback RS 2021, Pengganti Mobil Jazz