13 Jenis-jenis Mobil: SUV, MPV, Crossover Hingga LCGC

Jenis-jenis mobil di dalam industri otomotif menjadi semakin banyak seiring dengan bekembangnya zaman dan teknologi. Nah, hal-hal inilah yang terkadang membuat kita pembeli tidak begitu memperhatikan sisi fungsional dari jenis-jenis mobil yang ada dalam pasar. Padahal jika memperhatikan fungsi, kita bisa menjadi lebih efisien. 

Apa yang biasanya Sobat Carsome perhatikan saat ingin membeli mobil? Apakah dari segi merek, entertainment atau keiritan bahan bakar mobil ikut menjadi pertimbangan Anda? Nah kedepannya sebelum membeli mobil, Anda bisa memperhatikan jenis-jenis mobil dan membandingkannya. Supaya Anda bisa menemukan pilihan kendaraan yang tepat.

13 Jenis-jenis Mobil, Temukan Pilihanmu!

jenis-jenis-mobil

Berikut adalah jenis-jenis mobil sesuai fungsi dan kegunaannya. Hindari membeli mobil tanpa tujuan, karena nantinya Anda mungkin bisa jadi kewalahan dari segi finansial. Ingat untuk mempertimbangkan biaya pajak setiap tahunnya dan biaya cicilan setiap bulannya jika Anda memilih membayarnya secara kredit. Yuk, simak ini dia jenis-jenis mobil yang ada saat ini! 

1. Mobil SUV 

jenis-jenis-mobil-suv

Jenis-jenis mobil yang saat ini cenderung banyak dipilih oleh masyarakat adalah model mobil SUV. Secara eksterior dan penampilan keseluruhan mobil SUV adalah perpaduan antara mobil jeep dan mobil sedan. Mobil SUV banyak diminati karena fungsinya yang dapat digunakan dalam segala medan termasuk casual offroad. 

Mobil 4×4 adalah salah satu jenis mobil yang diberi label mid-size SUV, biasanya dilengkapi dengan 4WD (Four Wheel Drive) atau yang disebut mobil dengan sistem penggerak yang mengeluarkan tenaga pada keempat roda mobil. Inilah mengapa SUV dianggap tangguh, memiliki body yang cukup besar dan memiliki ground clearance yang tinggi. 

Meski demikian mobil SUV ini memiliki kekurangan juga dalam efisiensi bahan bakar, harga yang cenderung mahal dan sedikit susah dimanuver karena body dari mobil yang cukup besar. Salah satu contoh mobil SUV adalah Honda HR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Toyota Fortuner hingga Suzuki Ignis

2. Mobil MPV

jenis-jenis-mobil-mpv

Mobil MPV dan SUV sama-sama menajadi mobil yang banyak dimiliki oleh masyarakat. Kedua fungsi SUV dan MPV jelas berbeda. Pada mobil MPV tentu saja jenis mobil ini lebih banyak digunakan oleh keluarga banyak. Mengapa karena model dari mobil ini dibuat khusus sebagai mobil penumpang yang dapat memuat 7 penumpang. 

Memiliki ground clearance yang cukup tinggi di atas 200 mm membuat mobil ini dijadikan pilihan selain mobil SUV. Hal ini dikarenakan mobil MPV dinilai mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang. Terutama, saat berjalan di daerah yang bergelombang. Selain itu harga dari mobil MPV terbilang murah dengan berbagai fitur teknologi yang mengikuti. 

Kebanyakan mobil MPV saat ini dibekali dengan sistem SRS Airbag dan infotainment yang menarik untuk menjamin kenyamanan penumpang. Menariknya juga mobil MPV diniali sebagai mobil yang cukup irit bahan bakar. 

Jadi, jika kebutuhan Anda lebih mengarah kepada interior yang luas dan lebar, maka ada baiknya memilih mobil MPV. Jenis-jenis mobil MPV ini beragam  dalam pasar. Salah satu contoh mobil MPV yang banyak beredar saat ini contohnya Toyota Avanza, Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Toyota Sienta

3. Mobil Crossover

jenis-jenis-mobil-crossover

Sepertinya Sobat Carsome sudah familiar dengan jenis mobil ini bukan? Seringkali disebut belakangan kali ini semenjaka danya peluncuran Toyota C-HR.  Sebenarnya model mobil crossover sudah ada sejak tahun 2017. Pertama kali diluncurkan di Indonesia oleh Suzuki SX4 2007, namun pamor crossover ini kemudian baru muncul setelah adanya tren mobil SUV dan mobil jenis hatchback yang bermunculan. 

Nah, seperti yang sudah dikatakan bahwa Crossover ini adalah gabungan dari SUV dan Hatchback. Mobil ini digabungkan untuk memunculkan sisi kepraktisan pada sebuah kendaraan. Jika pada mobil SUV, kita lebih mengenalnya dengan mobil-mobil besar yang gagah. 

Namun, terkadang terasa cukup tidak leluasa jika digunakan dalam daerah perkotaan bukan? Sedangkan ketika melihat hatchback sendiri memang pas secara body, namun cukup rentan terhadap jalanan yang bergelombang. Sehingga, adanya kehadiran mobil Crossover ini menjawab permasalahan tersebut. 

Desain yang dikedepankan pada hampir seluruh mobil crossover adalah sisi aerodinamisnya. Ini menunjukkan bahwa mobil Crossover mudah untuk dimanuver dan praktis dijadikan mobil perkotaan.  Selain terlihat lebih compact, mobil ini juga dihadirkan dengan berbagai fitur infotainment hingga safefty yang nyaman. Rata-rata jenis mobil ini diperlengkapi dengan fitur penggerak AWD. Salah satu contoh mobil yang beredar saat ini adalah Xpander Cross, Chevrolet Trax, Nissan Juke dan Mazda CX-3

4. Mobil Hatchback 

jenis-jenis-mobil-hatchback

Hatchback adalah salah satu dari jenis-jenis mobil di Indonesia yang sangat diminati oleh anak muda dan wanita. Pasalnya tampilannya yang aerodinamis dan simple membuatnya sangat mudah digunakan dalam daerah perkotaan. 

Hampir setiap mobil hatchback yang beredar diperlengkapi dengan fitur VSC (Vehicle Stability Control). Fitur ini mampu membuat pergerakan mobil tetap stabil terutama saat melintasi daerah perkotaan yang berlubang. Kelemahan dari mobil ini adalah ground clearance yang dimiliki tidak terlalu tinggi. Hanya saja handling dari mobil ini terasa lebih ringan karena bentuk body yang ringan.

Mobil hatchback dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu low, medium dan compact hatchback. Meskipun kecil, mobil ini tetap diperlengkapi dengan bagasi, lho. Hanya saja penumpang jelas saja terbatas pada mobil ini, biasanya dibatasi sekitar 5 orang. Salah satu mobil hatchback yang beredar saat ini adalah Honda Brio, Suzuki Baleno Hatchback, Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda 2, dan Honda Civic

5. Mobil Sedan 

jenis-jenis-mobil-sedan

Mobil Sedan biasanya dikenal sebagai mobil yang memiliki bagasi tersendiri di belakangnya.Mobil ini memang tidak diperuntukkan sebagai mobil penumpang. Tentu saja karena hanya dapat memuat 3 orang pada baris kedua. 

Kalau pada umumnya SUV berfokus pada utilitas, kalau Sedan sendiri berfokus pada kenyamanan berkendara dan kestabilan. Sehingga kurang sesuai jika Anda mengharapkan mobil sekelas sedan melintasi jalanan yang berlubang dan berliku. 

Biasanya jenis mobil sedan juga digunakan sebagai mobil balap yang sering mendapat berbagai modifikasi. Mobil sejenis sedan ini memang cocok untuk Anda gunakan ke dalam beberapa pertemuan resmi yang menonjolkan sisi performance si pengemudi. Contoh mobil sedan yang ada di Indonesia saat ini adalah Honda Civic Turbo, Toyota Corolla Altis, Toyota Vios, Toyota Camry dan Mazda 6. 

6. Mobil Sport Sedan

jenis-mobil-sedan-sport

Jika Anda tertarik untuk memiliki mobil sport, Anda wajib mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya yang terbatas. Mobil ini lebih difungsikan untuk pengendalian dan performa pengendara. Disebut sebagai mobil Sport karena dinilai mobil memiliki tampilan yang sporty. Tidak heran jika mobil ini memiliki harga yang tinggi. 

Mobil sport yang paling murah saat ini saja dibandrol dengan harga 830 juta. Tentu saja bicara tentang performa, maka hal ini tidak jauh dari bahan bakar kendaraan. Jika umumnya paling mahal mobil mengisi bahan bakar mencapai Rp 500 ribu atau 750 ribu, tapi tidak untuk mobil sport. Harga bensinnya bisa mencapai 1 juta lebih. 

Belum ditambah dengan perawatan berkala dari mobil ini.Contoh mobil sport yang beredar di Indonesia yaitu Honda Civic Type-R, Toyota 86, BMW i8, Jaguar hingga Ferrari. Jadi, jika Sobat Carsome kepikiran untuk membeli mobil sport ini ada baiknya untuk meninmbang terlebih dahulu. Apalagi jika keadaan keuangan dan finansial yang tidak begitu stabil.

7. Mobil Convertible

mobil-convertible

Sebutan yang diberikan untuk mobil yang memiliki atap terbuka. Secara teknis mobil ini memiliki atap yang bisa atau ditutup dengan memencet salah satu tombol. Kelebihan dari mobil convertible ini tentu secara performa dan style sangat membuat pengendaranya terlihat berkelas. 

Namun sisi lain yang wajib dipertimbangkan adalah mobil ini tidak terlalu cocok digunakan di jalan raya apalagi situasi macet. Mengapa? Karena mobil ini memiliki jarak pandang yang terbatas, sehingga justru bisa membahayakan penggunanya. 

Selain itu sparepart dari mobil tentu saja mahal, namun jika Anda berniat untuk mengoleksi mobil ini tentu saja bisa dijadikan sebuah nilai investasi. Namun, perlu dipertimbangkan dengan baik, ya!  Harga termurah untuk mobil ini adalah Rp 1,5 miliar. Jenis-jenis mobil yang beredar di Indonesia contohnya Porsche 718, BMW 4 Series Convertible, Lamborghini Aventador dan Mercedes Benz SL-Class.  

8. Mobil Station Wagon 

jenis-mobil-station-wagon

Mobil Station Wagon ini salah satu dari jenis-jenis mobil yang beredar di Indonesia. Jarang disebut, namun mobil ini banyak berlalu lalang di daerah perkotaan. Mobil station wagon adalah mobil sedan yang memiliki bagasi diperpanjang. Sehingga perbedaanya dengan mobil sedan adalah mobil ini memiliki bagasi langsung tidak terpisah. Salah satu contoh yang mudah Anda dapatkan adalah semua varian mobil Mini Cooper.

9. Mobil Off road 

mobil-offroad-4x4

Mobil offroad adalah sebutan yang biasanya digunakan untuk mobil sekelas Jeep dan mobil adventure lainnya yang memiliki sistem penggerak 4WD atau mobil 4×4. Disebut offroad karena kemampuan dari mobil ini biasanya digunakan untuk situasi medan yang menantang.

Dari segi bahan bakar, mobil offroad cenderung mengkonsumsi banyak bahan bakar. Juga memiliki biaya perawatan yang terbilang tinggi. Khususnya Anda perlu memperhatikan oli pelumas yang digunakan. Sehingga, memiliki mobil offroad sudah pasti mewajibkan Anda untuk mengganti oli secara berkala. Jika tidak mobil Anda dapat sewaktu-waktu mengalami overheat.

Mobil Offroad yang ada di Indonesia tersebar dari varian lama hingga yang sudah memiliki desain lebih modern contohnya mobil Jeep. Namun, tidak peduli soal waktu, mobil offroad yang terawat dari waktu ke waktu cenderung dapat berfungsi dengan optimal contohnya mobil Suzuki Jimny. Jadi, jika Anda penggemar offroad, tunggu apalagi? Memiliki mobil ini tentunya bisa membuat hobby Anda tersalurkan dengan baik. 

10. Mobil Pickup Truck & Mobil Double Cabin 

hilux-double-cabin

Mobil pickup truck sendiri adalah mobil yang dicipatkan dengan fungsi khusus untuk membantu mendistribusikan barang-barang. Sehingga tidak jarang banyak pebisnis saat ini membeli mobil pickup untuk membantu kelancaran usaha mereka. Pickup truck sekarang ini yang banyak dikenal Suzuki Carry Pick Up. 

Selain itu mobil pickup truck ini juga memiliki jenis mobil yang terbuka di bagian belakangnya, biasanya disebut sebagai mobil double cabin. Mobil ini dirancang dengan memiliki 2 kabin, kabin khusus untuk penumpang dan kabin khusus untuk alat berat. Kegunaan mobil ini biasanya digunakan di daerah pertambangan. Memiliki kapasitas tangki yang besar dan dikenal tangguh. Salah satu contoh jenis-jenis mobil double cabin ini adalah Hilux Double Cabin. 

11. Mobil Elektrik 

mobil-terbaru-dfsk-gelora-elektrik

Dua mobil ini adalah mobil yang berbeda namun memiliki kesamaan yang dibalut dengan sistem listrik yang ada di dalamnya. Pada mobil elektrik tidak ada lagi bahan bakar yang digunakan untuk menggerakan mobil karena semuanya difungsikan oleh listrik. 

Keberadaan mobil listrik memang digunakan untuk menekan adanya pencemaran lingkungan. Namun, saat ini jika Anda berencana untuk menggunakan mobil listrik di Indonesia, Anda hanya bisa menggunakannya di daerah perkotaan. 

Anda harus mempertimbangkan tempat pengecasan dari mobil ini. Pengecasan menggunakan listrik terbilang cukup lama 4-5 jam. Sedangkan jika mengisinya di pom listrik, Anda perlu mengeluarkan biaya. Untuk mengisinya Anda memerlukan 30 menit. Salah satu contoh mobil elektrik adalah Tesla Model X dan Kona Elektrik. 

12. Mobil Hybrid

mobil-hybrid

Mobil Hybrid adalah mobil yang dihadirkan dalam era mobil listrik saat ini sebagai alternatif bagi Anda yang ingin merasakan mobil listrik. Pasalnya mobil hybrid ini adalah mobil yang memiliki dua mesin penggerak. Mesin bensin konvensional dan motor listik. Motor listik digunakan untuk mengoptimalkan efisien bahan bakar yang tinggi. Kedua mesin ini saling mengisi dan berkerja sama sehingga menjadikan mobil ini cukup ramah lingkungan. 

Biasanya dalam kecepatan mobil rendah, motor listik yang akan menjadi penggerak mobil.  Sehingga Anda tidak banyak membuang emisi karbon dan bisa lebih menghemat bahan bakar. Salah satu mobil yang sudah menggunakan teknologi Hybrid ini di Indonesia adalah Lexus, Nissan Kicks, Mecedes dan Toyota Corolla Cross. 

13.Mobil LCGC

jenis-mobil-lcgc

Mobil LCGC adalah sebutan mobil yang mengkategorikan mobil dengan harga jual kurang dari Rp 200 juta. Fungsi dari mobil ini lebih digunakan bagi Anda yang menginginkan mobil yang irit dan bermesin ramah lingkungan. Selain itu mobil LCGC saat ini banyak yang memiliki dimensi cocok untuk banyak penumpang. Contoh mobil LCGC adalah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

Gimana Sobat Carsome? Semoga Anda memahami jenis-jenis mobil yang ada di dalam industri otomotif saat ini. Jadi, Anda lebih memahami fungsi membeli mobil dan memastikan kendaraan Anda tidak menambah pengeluaran. Ada baiknya untuk tidak terburu-buru ketika hendak membeli mobil baru, ya. Pastikan Anda memikirkan juga nilai depresiasi mobil, sehingga mobil yang Anda miliki setidaknya bisa memiliki nilai finansial yang cukup menguntungkan di hari depan. 

Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas? 

jual-beli-mobil-bekas-terpercaya

Membeli mobil bekas tidak selamanya membeli mobil yang rusak. Carsome adalah platform e-commerce jual beli mobil bekas online terbesar di Asia Tenggara yang saat ini hadir di Malaysia, Indonesia, Thailand dan Singapura. Tentu saja membeli mobil di Carsome sudah terpercaya karena semua mobil sudah melalui proses inspeksi 175 titik inspeksi.

Anda tidak perlu takut mobil bekas banjir ataupun memiliki kerusakan kerangka yang besar. Nah, itu dia tips dari Carsome untuk Anda! Pastikan untuk memaksimalkan dengan baik budget membeli mobil yang Anda miliki ya dengan memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Baca juga: 12 Mobil Keluarga Murah,Irit, Nyaman, MPV Pilihan di Tahun 2021