Pengertian PPnBM, Tujuan dan Pengaruh, Haruskah Beli Mobil Baru Sekarang?

Pengertian PPnBM adalah pajak yang dikenakan pada barang mewah oleh pengusaha atau produsen dalam rangka mengimpor barang tersebut untuk keperluan usaha atau pekerjaannya. Masyaarkat secara luas masih banyak keliru dengan persebaran dan pengertian PPnBM itu sendiri. Khususnya PPnBM mobil 0% itu sendiri hanya berlaku hingga Mei 2021. Lalu regulasi inipun hanya berlaku untuk beberapa mobil baru yang mendapatkan insentif PPnBM 0%.

Nah, pasti Anda penasaran terkait apa pengertian PPnBM sebenarnya, bagaimana regulasinya hingga apa saja mobil baru yang mendapatkan insentif PPnBM 0%. Yuk, simak disini penjelasan lebih detailnya, Carsome juga akan membahas beberbagi pertimbangan untuk membeli mobil baru atau bekas!

Prinsip Pemungutan Pajak Penjualan atas Barang Mewah

  • Proses pemungutan PPnBM hanya dilakukan sebanyak 1 kali saja.
  • Impor Barang Kena Pajak yang tergolong mewah.
  • Penyerahan oleh produsen atau penghasil Barang Kena Pajak yang tergolong mewah.

Jenis Barang yang Terkena PPnBM

Beberapa jenis barang yang termasuk ke dalam Barang Kena Pajak yang tergolong mewah dan harus dikenai PPnBM, antara lain:

  • Barang yang bukan merupakan barang kebutuhan pokok.
  • Barang yang hanya dikonsumsi untuk menunjukkan status sosial.
  • Barang yang hanya dikonsumsi oleh masyarakat berpenghasilan tinggi.
  • Barang yang hanya dikonsumsi oleh masyarakat tertentu.

Tujuan Kebijakan PPnBM

Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian), kebijakan PPnBM mobil yang mulai berlaku hari ini ditujukan untuk merangsang daya beli masyarakat. Hal tersebut diharapkan akan mampu mendorong produksi manufaktur otomotif hingga mencapai 81.752 unit atau senilai 1,4 triliun rupiah sebagai pemasukan negara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun menjelaskan, kebijakan PPnBM dilakukan dalam rangka membuat momentum untuk pemulihan ekonomi. Kebijakan PPnBM ini akan dilakukan secara bertahap sejak hari ini hingga akhir Desember 2021 untuk mendapatkan hasil yang optimal. Nah, Sobat Carsome ini menjadi hal yang sangat penting untuk digaris bawahi  karena PPnBM 0% itu tidak berlaku selamanya, hanya samapi Mei 2021. Lalu, PPnBM tersebut hanya berlaku pada mobil baru 2021.

PPnBM 0 Persen Untuk Mobil Baru Apa Saja?

  1. Toyota (Yaris, Vios, Avanza, Rush, Raize, dan Sienta).
  2. Wuling (Confero).
  3. Mitsubishi (Nissan Livina, Xpander, dan Xpander Cross).
  4. Suzuki (XL-7 dan New Ertiga).
  5. Honda (Mobilio, BR-V, HR-V, dan Brio RS).
  6. Daihatsu (Terios, Luxio, Gran Max Minibus, Xenia, dan Rocky)

Pengaruh PPnBM Terhadap Industri Otomotif

Jika dilihat dari peraturan undang-undang yang berlaku di Indonesia, PPnBM menjadi sangat penting untuk diterapkan oleh pemerintah Indonesia dengan pertimbangan sebagai berikut:

  • Adanya peningkatan signifikan pada saham mobil.
  • Peningkatan tinggi dalam jual mobil bekas.
  • Peningkatan pembelian mobil baru yang mendapatkan insentif PPnBM 0%.
  • Menurunkan emisi gas buang untuk mobil yang sudah berusia lebih dari 3 tahun.
  • Mendukung peraturan mobil 10 tahun dilarang mengaspal di Jakarta.
  • Sebagai bentuk pengendalian pola konsumsi atas Barang Kena Pajak yang tergolong barang mewah.
  • Sebagai bentuk perlindungan terhadap produsen atau pengusaha kecil (tradisional).
  • Untuk mengamankan penerimaan negara.

Ganti Mobil Baru atau Beli Mobil Bekas Saja?

Untuk ini ada beberapa hal yang Sobat Carsome perlu perhatikan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika Anda membeli mobil bekas ataupun mobil baru. Salah satunya dari segi faktor harga dan kualitas mesin dari mobil. Simak penjabarannya dibawah ini:

  • Pajak mobil tidak selamanya disubsidi
    Beli mobil bekas bisa jadi lebih menguntungkan jika Anda mempertimbangkan hal ini. Tentu saja Anda fokus pada fungsi jika memilih pilihan ini. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas. Salah satunya keadaan mesin, usia mesin, lalu Anda wajib melakukan perawatan mesin secara berkala agar dapat lulus uji emisi setiap tahunnya. Perawatan mobil yang wajib Anda lakukan seperti rutin melakukan tune up mesin hingga spooring mobil.usia-mobil-terjual-di-carsome
    Survey yang dilakukan Carsome mengatakan bahwa rata-rata usia mobil yang dijual pada beberapa platform jual mobil bekas adalah 6 hingga 8 tahun. Sedangakan yang berusia 3 – 5 tahun sendiri persebarannya hanya 13%. Untuk itu Anda perlu memperhatikan dengan baik platform jual beli mobil bekas yang terpercaya. Carsome sendiri saat melakukan inspeksi selalu menerapkan pengecekan 175 titik inspeksi pada mesin. Sehingga, secara performa mesin mobil bekas yang terjual di Carsome sudah pasti terjamin aman!
  • Trend Mobil Terbaru Meningkatkan Aktivitas Perekonomian
    Bicara mengenai trend dalam industri otomotif, tentunya sebagian orang tidak mau ketinggalan untuk mengikuti perubahan dalam dunia otomotif. Sehingga, memilih mobil baru bisa jadi alternatif yang baik untuk ini. Hal inipun juga ikut mendukung pengurangan emisi karbon, sehingga kualitas udara semakin membaik. Menurut sebagian orang termasuk Menteri Keuangan Indonesia, Ibu Sri Mulyani mengatakan bahwa inilah waktu terbaik jika ingin membeli mobil selagi segala sesuatunya masih disubsidi.
  • Dilema Jual Mobil Lama Harga Turun
    Jual mobil bekas memang tidak mudah bagi sebagian orang yang belum terlalu terpapar dengan digitalisasi. Sehingga, hal ini justru membuka peluang penipuan sering kali terjadi. Memang ada beberapa hal yang patut diperhatikan jika ingin jual mobil bekas cepat laku.Untuk itulah Carsome hadir menjawab kebutuhan masyarakat secara khusus menjembatani masyarakat perkotaan hingga daerah yang ingin menjual mobil bekasnya dengan harga yang sesuai dengan pasar. Carsome adalah platform jual mobil bekas Terpercaya, mudah, dan cepat! Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi ya untuk menjual mobi lama dan mengganti dengan mobil baru. Transaksi hanya berlangsung paling lama 1 hari dan paling cepat 1 jam* saja.

Gimana sobat Carsome? Sudah paham bukan pengertian PPnBM, tujuan hingga pengaruh dari PPnBM ini untuk masyarakat Indonesia? Semoga Anda dapat menimbang dan memutuskan keputusan yang tepat ya ingi beli mobil baru atau bekas saja. Ingat saja selalu memikirkan fungsi, kualitas, hingga prioritas terlebih dahulu, ya! Jika, ada pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi kami!

Baca juga: Perpanjangan Pemutihan Pajak Kendaraan di Tahun 2021