Perpanjangan Pemutihan Pajak Kendaraan di Tahun 2021

Pemutihan pajak kendaraan belakangan ini sering salah diartikan oleh masyarakat. Nah, untuk kendaraan mobil pemutihan pajak kendaraan masih berlaku sampai saat ini, hingga juni 2021 mendatang. 

Cek pajak secara online saat ini sudah bisa dilakukan ya Sobat Carsome. Hal ini sangat mempermudah kita untuk membayar pajak sesuai sebelum jatuh tempo. Nah, sekarang Carsome akan coba membahas seluk beluk pemutihan pajak kendaraan agar Anda mampu memahaminya secara lengkap!

pemutihan-pajak-online

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Pemutihan pajak kendaraan merupakan suatu kebijakan yang biasanya dilakukan oleh sejumlah pemerintah daerah untuk mendorong orang-orang yang memiliki kewajiban dalam membayar pajak yang telah lama tidak melunasi kewajibannya. Dengan kebijakan tersebut, denda keterlambatan dalam membayar pajak kendaraan akan dihapus atau dihilangkan selama periode tertentu.

Program ataupun kebijakan pemutihan pajak kendaraan seperti ini selalu menjadi kabar baik bagi seluruh pemilik kendaraan. Program ini sudah cukup sering dilakukan di sejumlah provinsi, termasuk DKI Jakarta. Pemerintah provinsi DKI Jakarta terbukti pernah melakukannya di tahun 2018 yang lalu.

Manfaat utama yang bisa Anda terima dari program pemutihan pajak kendaraan adalah Anda hanya diwajibkan untuk membayar dan melunasi pajak pokok kendaraan bermotor saja, tanpa harus membayarkan denda yang sebelumnya berlaku.

Syarat Umum Pemutihan Pajak Kendaraan

Sebelum dapat mengikuti program pemutihan pajak kendaraan, Anda harus menyiapkan beberapa persyaratan umum berikut:

  1. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) asli dan fotokopi. Jika STNK Anda sudah dalam masa tenggang, segera perpanjang kembali. Jika berniat untuk menjual mobil, maka blokir terlebih dahulu STNK mobil Anda. Nah, sekarang itu sudah bisa blokir STNK secara online
  2. KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli dan fotokopi sesuai dengan data yang digunakan di STNK.
  3. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) asli dan fotokopi.
  4. Map kuning untuk kendaraan motor.
  5. Map merah untuk kendaraan mobil.
  6. Uang yang sejumlah dengan pajak pokok yang harus dibayarkan.

Proses pembayaran pajak tersebut saat ini tidak harus dilakukan secara langsung di kantor Samsat. Anda juga dapat mengurusnya secara online melalui e-samsat. Namun, tetap pastikan agar seluruh berkas dan persyaratan umum sudah Anda siapkan secara lengkap.

Adapun, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengurus prosedur pemutihan pajak kendaraan selain syarat umum diatas adalah sebagai berikut:

  1. Usahakan agar Anda datang dengan penampilan yang sopan dan rapi. Meskipun tidak ada dalam aturan tertulis, namun biasanya penampilan yang Anda gunakan juga akan diperhatikan oleh petugas yang berjaga. Jika Anda menggunakan pakaian yang terlalu santai, ada kemungkinan Anda akan ditegur atau bahkan diminta untuk kembali di lain hari.
  2. Proses pembayaran pemutihan pajak kendaraan hanya dilakukan di loket resmi saja. Disarankan agar Anda tidak menggunakan jasa-jasa seperti calo yang tentu saja tidak sesuai dengan aturan yang ada. Lakukan pembayaran hanya di kantor Samsat, Samsat corner, Samsat drive thru, ataupun Samsat kelliling.

tujuan-pemutihan-pajak-online


Tujuan Pemutihan Pajak Kendaraan

Sebenarnya, program pemutihan pajak kendaraan ini tidak hanya dilakukan karena menguntungkan bagi pemilik kendaraan saja, namun juga menguntungkan bagi pemerintah daerah. Bagaimana bisa?

Program pemutihan pajak kendaraan merupakan salah satu upaya dari masing-masing pemerintah daerah untuk bisa mendapatkan Pemasukan Asli Daerah (PAD). Dengan diberlakukannya program ini, pemerintah daerah pada akhirnya akan mendapatkan pembayaran pajak kendaraan bermotor dari seluruh pemilik kendaraan yang ada di daerah tersebut.

Tak heran, saat program ini dilaksanakan kantor Samsat biasanya akan sangat ramai dikunjungi. Hal tersebut juga berkontribusi akan peningkatan pendapatan daerah dari pajak yang melonjak drastis.

Waktu Pemutihan Pajak Kendaraan

Untuk waktu pemutihan pajak kendaraan sendiri sebenarnya tidak dapat dipastikan. Setiap daerah memiliki aturan serta waktu-waktu tertentu untuk kebijakan pemutihan pajak kendaraan. Hal ini disebabkan karena hanya pemerintah daerah masing-masing yang memiliki hak untuk memberikan pengurangan, keringanan, hingga pembebasan pajak terutang lainnya untuki seluruh wajib pajak di daerah yang terkait.

Contoh Perhitungan Pemutihan Pajak Kendaraan 2021

Berikut ini adalah contoh perhitungan untuk pembayaran pajak kendaraan sebelum adanya program pemutihan pajak kendaraan:

Nilai Pajak Kendaraan per Tahun: Rp 500.000,00.

Keterlambatan Bayar: 5 Tahun.

Total Pajak yang Harus Dibayarkan: Rp 2.500.000,00.

Namun, dengan adanya program pemutihan pajak kendaraan Anda hanya diwajibkan untuk membayarkan pajak pokok saja. Anda tidak perlu membayar denda yang sebelumnya harus dibayarkan. Gimana sobat Carsome? Ini kesempatan yang baik bukan untuk segera melunasi penunggakan pajak kendaraan mobil Anda. 

Daftar Provinsi yang Hapus Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Ditengah pandemi saat ini, pemerintah turut memberikan bantuan untuk meringankan beban yang ditanggung masyarakat. 16 provinsi ini memberikan kebijakan penghapusan denda untuk pajak kendaraan bermotor.

  1. Jawa Timur
  2. Aceh
  3. Papua Barat
  4. Jawa Barat
  5. Jawa Tengah
  6. Yogyakarta
  7. Sumatera Barat
  8. Riau
  9. Sumatera Selatan
  10. Bengkulu
  11. Sulawesi Tenggara
  12. Banten
  13. Bali
  14. Sulawesi Tengah
  15. Sulawesi Utara
  16. Sulawesi Selatan.

pemutihan-pajak-online-dokumen


Tips dan Trik untuk Membeli Mobil dengan Pajak yang Mati

Mobil bekas saat ini banyak menjadi pilihan bagi beberapa kalangan yang memerlukan transportasi sendiri. Dengan harganya yang relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil keluaran terbaru, mobil bekas dianggap menjadi pilihan yang lumayan oke.

Mobil bekas yang dijual biasanya memang pajaknya sudah dalam kondisi mati karena sengaja diputus oleh pemilik sebelumnya untuk menghindari pajak progresif. Karena itulah ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas!

1. Perhatikan Tempat Membeli

Jika Anda ingin membeli mobil bekas dengan pajak yang masih hidup, Anda dapat mencoba untuk mencari ke showroom mobil. Biasanya mobil dengan pajak mati hanya dijual dari pihak perseorangan atau pribadi saja.

Jadi, jika Anda memutuskan untuk membeli mobil dengan pajak yang sudah mati, usahakan agar Anda mengenal dengan baik orang ataupun pihak yang menjual mobil tersebut agar terhindar dari penipuan.

2. Periksa Kelengkapan Data Mobil

Hal ini wajib untuk Anda lakukan secara teliti. Karena meskipun mobil tersebut dijual dengan kondisi pajak yang mati, namun dokumen-dokumen dan data mobil harus tetap lengkap. Pastikan seluruh dokumen mulai dari BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) hingga STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) lengkap tersedia. Hal tersebut agar Anda terhindar dari membeli mobil bekas curian.

3. Periksa Kondisi Mobil (Interior dan Eksterior)

Lakukan pengecekan secara menyeluruh mulai dari interior, eksterior, aki mobil, dan mesin mobil. Untuk proses ini, Anda dapat melakukannya sendiri atau memastikannya dengan membawa mobil ke bengkel terlebih dahulu untuk dilakukan pengecekan.

4. Lakukan Penawaran Harga

Setelah seluruh proses sebelumnya Anda lakukan, tawarlah mobil bekas yang ingin Anda beli dengan harga yang memang sesuai dengan yang beredar di pasaran. Anda juga harus melakukan perhitungan terhadap kondisi mobil, perhitungan pajak, hingga denda pajak yang mungkin belum dibayarkan. Tawarlah mobil dengan harga yang sesuai dengan seluruh kondisi tersebut.

Gimana sobat Carsome? Sudahkah Anda menjadi warga negara yang baik? Yuk, mumpung masih ada kesempatan sampai akhir Juni 2021 ini, buruan bayar pajak kendaraan mobil maupun motor Anda! 

Jual beli mobil bekas di Carsome itu #gampangbanget, prosesnya memang transparan, terpercaya, mudah dan aman nih! Gak percaya? Langsung saja daftarakan mobil Anda di www.carsome.id dan jadwalkan segera inspeksi mobil Anda. 

Buat Anda yang mau ganti mobil baru, tapi gak punya budget yang cukup. Yuk, jual aja mobil bekasmu di Carsome sekarang! Prosesnya terpercaya, mudah, dan aman. Mobil bekasmu bisa terjual hanya dalam 1 jam saja, lho! Carsome memiliki lebih dari 1000 rekanan tersebar di Indonesia. Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk jual mobil bekasmu di Carsome

Baca juga: 16 Daftar Harga Mobil Dibawah 200 Juta Sepanjang Tahun 2021