Service Mobil Berkala Itu Wajib untuk Mesin Mobil, Mengapa?

Service mobil berkala adalah kegiatan memperbaiki mobil yang wajib dilakukan paling tidak setiap 6 bulan sekali. Sebenarnya kilometer tidak selamanya menjadi acuan untuk melakukan service mobil. Namun, pada teori umumnya 10.000 km pada mobil baru dapat dicapai dalam waktu 6 bulan. 

Jika tidak mencapai 10.000 km, Anda tetap wajib melakukan service mobil. Dikarenakan adanya proses oksidasi dari uap sekitar mobil dan nantinya dapat merusak cairan oli. Juga komponen mesin cenderung cepat berkarat karena tidak ada pelumasan dari oli.

Jadi, apa patokan sebenarnya untuk kita  melakukan servis mobil? Untuk itu, yuk  simak selengkapnya informasi mengenai service mobil berkala yang wajib diketahui dibawah in!

service-berkala-mobil-itu-penting

Berapa Bulan Service Mobil Berkala Dilakukan?

Memahami jadwal service mobil berkala adalah sebuah kewajiban bagi Anda yang memiliki mobil baru. Dengan melakukan service berkala, keadaan mesin mobil lebih aman dan terhindar dari mesin bermasalah.  

Biasanya service mobil dilakukan mulai dari 1000 km, 10.000 km, 20.000 km, 30.000 km, dan tiap kelipatannya. Namun, saat ini km bukanlah lagi patokan untuk melakukan service berkala. Jika mobil rutin beroperasi setiap hari meskipun belum mencapai km yang ditentukan, maka Anda tetap wajib rutin melakukan service secara berkala minimal 6 bulan sekali. 

Apa Saja yang akan Diservis setiap Service Berkala?

Tidak perlu bingung biasanya tim mekanik pada dealer mobil resmi sudah memahami komponen apa saja yang perlu dilakukan pengecekan. Untuk itu simak apa saja komponen yang dicek setiap service secara berkala pada km dibawah ini: 

1. Service Awal 1000 km 

Service berkala mobil saat 1000 km memang tergolong sangat rendah, ini adalah service tahap pertama mobil. Mengapa 1000 km pertama perlu service? Ini dikarenakan sebelum mobil laku terjual, biasanya mobil-mobil didiamkan dalam gudang, tidak dibersihkan dan tidak beroperasi. Jadi, untuk menghindari adanya kerusakan pada mesin, maka Anda sangat direkomendasikan untuk melakukan service pada 1000 km pertama.

Biaya service 1000 km pertama dikenakan biaya gratis. Adapaun komponen yang dicek pada service mobil adalah mesin, rem, dan chasis. Pentingnya melakukan service pertama kali adalah untuk menemukan komponen mesin yang berpotensi merusak ke depannya.

2. Service 10.000 km 

Service berkala mobil 10000km tentu wajib dilakukan, keluhan yang biasa dirasakan adalah jika kaki-kaki mobil berbunyi apalagi jika sering melewati jalan bergelombang. Biaya service 10000 km ini biasanya masih mendapatkan garansi resmi servis. Biasanya jika sudah mencapai 10000 km komponen yang akan diperbaiki adalah sebagai berikut: 

  • Sistem rem 
  • Filter udara
  • Kondisi baterai
  • Kondisi elektrikal mobil 
  • Penggantian oli mesin dan filter. 
  • Pengecekan rotasi ban. 

3. Service 20.000 km

Biasanya service 20.000 km mobil sudah mulai menunjukkan kerusakan seperti kaki-kaki berbunyi, masalah pada mesin hingga kelistrikkan. Selain dari kerusakan ini, Anda patut memberi tahu apa saja kendala yang Anda rasakan. Kemungkinan besar tarikan yang kurang mulus atau masalah lainnya yang Anda temukan. 

Biaya yang dibutuhkan biasanya tergantung pada jenis mobil. Namun biasanya jika mobil masih memiliki garansi resmi, servis mobil tidak akan dikenakan biaya. Untuk mobil kecil biasanya dimulai dari harga Rp 700 ribu.  Biasanya spare part yang diservice antara lain

  • Pengecekan sistem rem
  • Filter udara 
  • Engine tune-up 
  • Pembersihan busi 
  • Pengecekan kondisi baterai
  • Elektrikal mobil
  • Penggantian oli mesin dan filter oli
  • Pengecekan rotasi ban dan melakukan spooring balancing roda. 

3. Service 30.000 km

Biaya service 30.000 km biasanya sudah tidak ditanggung oleh perusahaan. Adapun pengecekan yang dilakukan adalah rem, sistem EFI, filter udara, pemeriksaan baterai, 

penggantian busi, engine tune-up, penggantian oli mesin dan filter, penggantian fuel filter, penggantian oli transmisi dan pengecekan rotasi ban. Salah satu kerusakan yang mulai timbul biasanya tie rod dan shock absorber.

Mengapa Harus Service Secara Berkala?

Service berkala wajib dilakukan untuk memastikan klaim garansi resmi mobil tidak gugur sewaktu-waktu mobil mengalami kerusakan parah. Sesuai yang disarankan, mobil baiknya rutin melakukan pengecekan setiap 6 bulan sekali selama 3 tahun. 

Service secara berkala juga membuat harga jual mobil kembali menjadi lebih terjaga. Calon pembeli akan merasa lebih tenang dan terjamin dengan mobil bekas yang akan dibeli. 

Apa Saja Komponen Mobil yang Harus Diservice?

Jika sudah melewati 3 tahun dan Anda sudah rutin melakukan service berkala berdasarkan kilometer. Maka, selanjutnya hal yang perlu Anda perhatikan adalah merawat mobil secara berkala setiap 6 bulan sekali.  Nah, kalau begitu apa saja komponen yang harus rutin diservice? 

  • Service AC Mobil
    Biasanya service AC mobil dilakukan pada 20.000 km pertama atau biasanya setelah pemakaian 4.000 jam pakai. Biasanya servis AC mobil setelah 1 tahun. Namun, jika Anda merasa kompresor berisi atau bahkan macet.Namun, jika udara di tempat  Anda kotor, maka waktu service AC relatif cepat. Biasanya service AC mobil besar-besaran dengan mencuci evaporator dan filternya berisi kotor-kotoran. Biaya service AC mobil biasanya dimulai dari Rp 300.000 sampai Rp 1,5 jutaan.
  • Service Shock Absorber Mobil
    Komponen utama dari suspensi adalah shockbreaker atau yang sering disebut shock absorber. Fungsi dari komponen ini adalah untuk meredam guncangan. Komponen suspensi ini penting untuk menjaga keselamatan pengemudi.Usia pakai Shockbreaker biasanya 4 hingga 5 tahun. Namun, jika Anda melewati jalan yang mulus, penggunaan shockbreaker bisa mencapai 10 tahun. Jika berkaca pada jarak tempuh, untuk mengganti shock abosrber dibutuhkan 50.000 mil atau sekitar 80.000 km. Tanda lain shockbreaker minta diganti adalah saat ayunan berlebih saat melewati jalan bergelombang atau berlubang, suara berisik pada suspensi belakang, level mobil tidak seimbang, oli shockbreaker bocor, dan ban aus tidak merata.
  • Service Speedometer Mobil
    Service speedometer mobil setelah pemakaian mobil yang cukup lama wajib dilakukan. Anda dapat mengenali speedometer yang rusak dari kerusakan sensor atau kabel speedometer.Secara berkala perhatikan jarum speedometer, jika sering jatuh berulang kali saat berkendara pelan juga saat bergetar pada kecepatan tinggi hingga speedometer berbunyi. Jika indikator lampu cek engine menyala, maka ini tandanya Anda harus mengganti speedometer.
  • Service Radiator Mobil
    Service radiator mobil jika odometer Anda Radiator ada baiknya dicek dan dilakukan setiap 40.000 km sekali. Jika Anda sering memakai mobil untuk bepergian, lakukan servis setiap 6 bulan sekali dan paling lama 1 tahun sekali. Jika radiator mobil rusak, temperatur mesin panas atau overheat, mobil yang sudah pernah overheat tentu akan menurun performanya.

Komponen yang Wajib Dicek Secara Berkala

Bepergian jauh ataupun dalam kota hanya sekedar mobilitas sehari-hari jangan mengabaikan fungsi komponen penting ini: 

  • Oli
    Tanda oli mobil kurang biasanya bisa menyebabkan mesin mobil tidak mulus atau kurang berfungsi dengan baik. Oli mobil yang kurang juga bisa menimbulkan pencemaran udara dan suara mesin terasa kasar jika dihidupkan. Jika mesin mobil kekurangan oli, maka mobil akan lebih mudah mengalami keausan. 
  • Akumulator (Aki)
    Aki adalah komponen yang penting mendukung kinerja mobil terutama dalam fungsi kelistrikan. Jika timbul kerusakan pada aki, besar kemungkinan kelistrikan mobil akan terganggu. Selain itu mobil cenderung lebih sering mogok dan sulit untuk distarter
  • Ban
    Ban mobil kempes tentunya akan menjadi kendala bagi kendaraan Anda. Selain bisa menyebabkan bensin semakin boros, ban mobil kempes juga bisa membahayakan keselamatan penumpang. Saat ban kempes, perhatikan keseimbangan steering mobil dan jangan panik, lakukan tambal ban segera di tempat terdekat. 
  • Rem dan Minyak Rem
    Rem mobil harus selalu dicek berkala apakah pakem atau tidak. Hal lainnya yang mempengaruhi adalah minyak rem. Jika rem mobil terasa blong, maka Anda perlu mengganti minyak rem. Rutin cek berkala dan pada 40.000 km atau setidaknya pengecekan setiap 6 bulan sekali. 
  • Filter
    Filter berfungsi sangat penting untuk menyaring kotoran. Adapun filter pada mobil yang harus diperiksa mulai dari filter oli, filter udara, filter bensin hingga filter AC agar perjalanan Anda tetap nyaman dan aman. Ada baiknya secara rutin melakukan pengecekan untuk menjaga kualitas udara di kabin tetap bersih dan sejuk.

Perbedaan Service Berkala dan Tune Up 

Tune up adalah perbaikan mesin mobil secara mendalam dan proses yang lebih detail. Jika pada service mobil berkala biasanya yang dilakukan adalah pengecekan secara umum dan pembersihan mesin-mesin mobil. Secara biaya, tune up memiliki biaya jasa yang lebih tinggi dibanding saat Anda melakukan service berkala. Namun, ini biasanya didasari dengan kebutuhan mesin. 

Tune up sendiri biasanya perlu dilakukan ketika mobil sudah menginjak 20.000 km sedangkan service berkala wajib dilakukan mulai dari 1000 km, 5000 km, 10.000 km dan kelipatannya. 

Perbedaan cakupan servis yang dilakukan untuk service berkala pada mobil Anda biasanya mengikuti apa yang sudah diterapkan oleh showroom. Jika pada tune up, komponen yang dicek adalah pengecekan busi, injector, pembersihan ruang bakar dan hal-hal lainnya disesuaikan pada kerusakan yang ada pada mobil. 

Apa Kelebihan dan Kekurangan Servis Mobil Di Bengkel Resmi? 

Servis mobil di bengkel resmi sebenarnya jauh lebih terjamin dikarenakan peralatan bengkel dan suku cadang lebih lengkap dan terjamin. Namun, ada beberapa kekurangan yang biasanya Anda rasakan seperti waktu dan jam service yang tidak bisa berubah. Simak lebih lengkapnya: 

  • Teknisi Terlatih
    Nah, service mobil di bengkel resmi memang lebih terjamin dari sisi keamanan teknisnya. Sehingga, kualitas perawatan dan perbaikan mobil Anda dapat lebih terjamin. Seluruh mekanik yang ada di bengkel resmi, biasanya memiliki pengalaman yang sudah cukup lama dalam dunia otomotif. Sehingga kecenderungan untuk terjadinya malpraktek pada mobil Anda kecil.
  • Suku Cadang Terjamin
    Jika melakukan servis mobil di bengkel, keamanan suku cadang sudah pasti terjamin kualitasnya. Sehingga Anda tidak perlu takut ada kerusakan nantinya. Berbeda dengan servis mobil di bengkel umum, biasanya suku cadang belum tentu terjamin dengan baik. Sehingga, Anda perlu memastikan dengan baik ketersediaannya.
  • Sistem Reminder Service Berkala
    Service berkala di bengkel resmi memang membuat mobil Anda memiliki track record yang baik untuk dijual kembali nantinya. Keunggulan tersendiri untuk Anda adalah keadaan mobil Anda menjadi lebih terawat dari segi mesin dan oli mobil. Service berkala mobil setiap kilometer penting untuk dilakukan agar fungsi rem dan komponen mesin lainnya berjalan lebih baik. Selain dari itu, Anda bisa memiliki riwayat perawatan mobil lebih lengkap.

Rawat Mobil dan Jual Beli Mobil Bekas di Harga Tinggi 

Jual beli mobil bekas di Carsome dengan cepat, mudah dan terpercaya. Perhatikan hal-hal diatas, khususnya kondisi mesin yang prima tentunya akan membuat mobil Anda lebih mudah terjual. Namun, tenang saja menjual mobil di Carsome tidak butuh waktu yang lama. Proses transaksi di Carsome tentu sangat transparan dan cepat! Temukan dan nikmati sekarang berbagai kemudahan bertransaksi termasuk tukar tambah mobil bekas!

Baca juga:  Cara Jual Mobil Bekas Cepat Laku, Ini 15 Tips Jitunya!