Pandangan Tetap Terjaga, Tips Pilih Wiper Terbaik

Memasuki musim hujan, peran wiper pada mobil menjadi sangat penting. Air yang menumpuk pada kaca depan mengganggu pandangan pengemudi dalam perjalanan. Agar pandangan tetap terjaga dengan baik, maka memilih wiper tidak boleh sembarangan.

Saat musim panas, pemilik mobil kerap mengabaikan wiper karena tidak banyak digunakan. Namun ketika musim hujan tiba, wiper diaktifkan ternyata tidak menyeka air secara sempurna. Terkadang masih ada sisa-sisa air yang mengganggu visibilitas.

Hal tersebut tidak hanya mengganggu jarak pandang tapi juga membahayakan. Jarak pandang yang terbatas bisa mengakibatkan kecelakaan baik tunggal maupun tabrakan beruntun. Untuk mencegahnya maka mengganti wiper menjadi opsi terbaik, lantas bagaimana pilih wiper terbaik?

Wiper bawaan pabrik umumnya masih menggunakan desain standar dengan kerangka besi. Bila ingin mengganti dengan produk aftermarket ada dua jenis wiper yang umum dijual di pasar aftermarket, yakni wiper hybrid dan frameles. Namun untuk kedua wiper ini sudah tidak memakai rangka besi seperti wiper standar.

Saat mencari wiper terbaik di online, ada banyak merek dengan keunggulannya masing-masing. Tapi jangan sampai Anda salah membeli wiper dan membuat kaca depan rusak serta tidak membersihkan air dengan sempurna.

1. Ukuran Wiper

Hal pertama yang wajib diperhatikan saat membeli wiper di aftermarket adalah periksa ukurannya. Setiap merek atau model mobil punya spesifikasi wiper yang berbeda-beda. Cocokkan ukuran panjang wiper yang akan Anda beli dengan panjang ukuran yang sudah terpasang pada mobil. Kesalahan memilih ukuran wiper bisa berakibat fatal, seperti merusak dinamo atau membuat baret parah pada kaca depan.

Baca juga: Penting! 5 Bagian Mobil Ini Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan

2. Kerangka Wiper

Selain ukuran juga perhatikan kerangka pada wiper. Wiper yang cacat atau rusak umumnya mempunyai ciri fisik yang tidak terlalu bengkok. Bila kerangka wiper ini terlalu bengkok akan terlalu menekan kaca dan berakibat baret dan menganggu pandangan.

Periksa secara seksama sebelum membeli. Kalau Anda membeli secara online, pastikan saat sampai kondisinya baik dan layak pakai. Sedangkan bila membeli di toko, periksa secara seksama, jangan terburu-buru.

3. Karet Wiper

Bagian lain yang juga harus diperhatikan saat memilih wiper terbaik adalah karetnya. Cara memeriksa wiper terbaik bisa dari karetnya. Seperti ketebalan karet, karet yang harus rata, serta teksturnya yang tidak kasar.

Era online memang menjadi tantangan ketika membeli wiper di e-commerce. Mengingat tidak bisa dilihat dan dipegang secara langsung, maka baca testimoni pembeli lainnya. Bila ada komplain kualitas wiper maka cari penjual lainnya.

Baca juga: Siap Terobos Banjir, 5 Pilihan Mobil SUV Terbaik di Indonesia

4. Tes Produk

Cara lainnya untuk pilih wiper terbaik adalah membaca atau menonton review tes produk di internet. Saat ini cukup banyak content creator yang membuat komparasi produk termasuk salah satunya wiper.

Bila sudah mendapatkan jenis wiper yang diinginkan serta sesuai anggaran, bisa langsung beli baik secara online atau offline. Namun jangan hanya melihat satu sumber, cari sumber review lain agar menjadi acuan dan semakin yakin dengan kualitasnya.

5. Teliti Sebelum Membeli

Terakhir, periksa secara teliti saat membeli. Beberapa merek wiper memberi garansi yang bisa Anda manfaatkan ketika produk yang diterima berumur pendek atau cacat. Bila membeli secara online, pastikan barang yang dijual adalah asli.

Jangan memilih wiper berdasarkan merek saja. Kalaupun wiper terbaik yang Anda pilih adalah merek bagus, pastikan yang dijual adalah asli bukan tiruan. Bila membeli online dan tertipu, segera retur untuk minta kembalikan uang Anda karena wiper punya peran penting khususnya saat musim hujan.

Jual Mobil Kredit? CARSOME Bisa Bantu!

Mobil Anda masih dalam kredit? Jangan khawatir, CARSOME Consultant akan membantu dengan menghitung terlebih dahulu sisa kredit mobil Anda apakah dapat terbayarkan dengan harga penawaran yang diberikan untuk Anda. Jika ya, maka pembayaran kredit mobil Anda akan terpotong melalui harga mobil yang terjual dan sisanya akan langsung ditransaksikan kepada Anda.

Jika ternyata melebihi, maka CARSOME akan membantu proses pelunasan kredit mobil Anda melalui rekanan lembaga keuangan terpercaya kami. Lalu, Anda dapat melakukan proses angsuran atau hal lainnya yang disepakati antar lembaga pembiayaan dan Anda. Tenang saja, meskipun mobil masih dalam masa kredit, Anda tetap berhak untuk menawar mobil bekas Anda di CARSOME!

Jadi, tunggu apa lagi jual mobil bekas Anda di Carsome sekarang. Kunjungi Carsome platform jual beli mobil bekas berkualitas sekarang!

Baca juga: Program Tukar Tambah di CARSOME!