7 Hal yang Perlu Anda Periksa Setelah Road Trip

Akhirnya Januari 2021 telah tiba, artinya musim road trip telah berakhir! Saatnya untuk kembali menghadapi kenyataan kembali bekerja dan pergi ke sekolah. Namun, sebelumnya, apakah Anda telah memeriksa kendaraan Anda yang setia dan tepercaya setelah kembali dari perjalanan? Banyak orang cenderung melewatkan perawatan mobil setelah perjalanan, tetapi tahukah Anda bahwa hal ini sama pentingnya dengan memeriksa mobil sebelum perjalanan?

Mungkin Anda merasa lelah setelah perjalanan dan hal pertama yang dilakukan adalah beristirahat. Setelah Anda merasa lebih baik, Carsome telah menyiapkan “Checklist Perawatan Mobil Setelah Road Trip” yang dapat Anda ikuti untuk mempersiapkan mobil.

Checklist Perawatan Mobil Setelah Road Trip

  1. Interior

Setelah perjalanan panjang, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa interior mobil apakah berantakan, ada kotoran, dan bau tidak sedap. Bersihkan area kabin mobil Anda dengan membuang semua sampah yang tidak diinginkan yang mungkin telah tersimpan lama di dalam mobil. Anda juga harus mengelap jok, karpet, dasbor, dan setir mobil untuk menghilangkan noda cairan sebelum mendisinfeksi serta membersihkan interior mobil.

Alat dan Bahan Pembersih

  • Penyedot Debu – penyedot debu yang memiliki ekstensi asah dan alat genggam tambahan berguna untuk membersihkan karpet, kursi, dan sudut yang sulit dijangkau.
  • Produk Pembersih Berbahan Kimia – Anda memerlukan beberapa produk khusus untuk membersihkan berbagai permukaan interior seperti vinil, plastik, kain pelapis, dan karpet.
  • Kuas dan Aplikator – Kuas dengan ukuran berbeda adalah sebuah keharusan untuk membersihkan debu dari ventilasi udara dan tempat lain yang sulit dijangkau. Tergantung pada pembersihnya, Anda mungkin memerlukan sikat, spons, atau kain lap berbulu kaku.

Tips Membersihkan: Hal terbaik adalah menyedot debu dan partikel kecil di bagian dalam mobil Anda sebelum menggunakan produk pembersih apa pun. Pastikan untuk mencapai seluruh sudut sejauh yang Anda mampu selagi membersihkan mobil. Untuk membersihkan area yang sulit dijangkau seperti ruang kecil antara tombol dan kontrol serta ruang sempit antara kursi dan rem tangan, cukup lilitkan kain di sekitar ujung obeng yang pipih. Triknya adalah menggunakan kain yang setipis mungkin agar kepala obeng tidak terlalu besar untuk menjangkau area tersebut. Jika Anda khawatir obeng logam akan merusak interior, Anda dapat menggunakan pisau plastik yang dibungkus dengan kain atau kapas untuk telinga.

  1. Ban Mobil

Ban mobil mengalami kontak langsung dengan jalan raya dan merupakan bagian terpenting yang harus diperiksa setelah melakukan perjalanan darat. Periksa marka ban, apakah ada partikel yang menempel dan membahayakan karena dapat menyebabkan ban kempes. Lakukan juga pengecekan tekanan udara jika masih pada level yang tepat. Jika tidak, pastikan untuk mengisinya saat Anda mengendarai mobil di kemudian hari.

Jika Anda tidak yakin berapa banyak tekanan yang dibutuhkan ban, Anda dapat menemukan tekanan ban yang direkomendasikan pabrik untuk mobil pada stiker di dekat pintu pengemudi atau di panduan manual mobil.

 

  1. Baterai Mobil

Periksa juga baterai mobil. Perhatikan suara starter, jika Anda mendengar suara aneh yang biasanya tidak terdengar, maka itu dapat menjadi indikasi bahwa aki mobil berkarat, perlu diisi, atau diganti. Jika Anda sudah lama tidak mengganti baterai, mungkin inilah saatnya untuk menggantinya. Mintalah bantuan mekanik untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

  1. Cairan Mobil

Mungkin Anda telah memeriksa cairan mobil sebelum pergi, tetapi ingatlah untuk selalu melakukannya setelah perjalanan. Pastikan cairan masih dalam level yang tepat. Yang kami maksud dengan cairan adalah cairan pendingin, oli, cairan rem, dan pencuci kaca depan. Memastikan bahwa cairan mobil berada di level yang tepat dapat membantu Anda menghindari kerusakan yang tidak diperlukan.

  1. Lampu dan Sinyal Mobil

Lampu dan sinyal mobil harus diperiksa setiap saat untuk memastikan keduanya masih berfungsi dengan baik demi menghindari kecelakaan di jalan (atau ditilang polisi). Beberapa bohlam lampu mungkin sudah tidak dapat digunakan selama perjalanan jauh. Lampu dan sinyal mobil meliputi lampu depan, lampu mundur, indikator, dan lampu belakang. Jika salah satunya tidak berfungsi dengan baik, kami sarankan Anda menggantinya secara berpasangan.

  1. Kotak P3K

Setiap mobil harus memiliki kotak P3K dan Anda mungkin telah menyiapkan sesuatu yang ekstra untuk perlengkapan darurat mobil selama perjalanan. Jadi, jika Anda kebetulan menggunakannya selama perjalanan, pastikan untuk menggantinya saat kembali karena lain kali mungkin Anda membutuhkan sesuatu dari kotak P3K dan telah tersedia.

  1. Eksterior

Eksterior mobil Anda juga perlu dibersihkan. Yang dapat Anda lakukan adalah membawa mobil ke tempat pencucian atau mencucinya sendiri untuk menghilangkan lumpur, kotoran, dan debu yang menempel pada mobil. Jika Anda tidak mencucinya, kotoran-kotoran tersebut lama-kelamaan dapat merusak cat mobil. Ingatlah untuk menggunakan sampo mobil atau produk pembersih mobil yang tidak berbahaya bagi cat mobil Anda. Selain itu, jika Anda pernah menabrak mobil dalam perjalanan dan melihat penyokan atau goresan yang tidak terlalu dalam, berikut adalah beberapa tips DIY untuk memperbaikinya.

Mengemudi di Medan yang Berbeda

Indonesia memiliki beragam fitur geografis yang luar biasa. Setiap daerah dan wilayah memiliki iklim yang berbeda, kondisi lahan, dan medan yang berbeda untuk dilalui. Jadi, berikut adalah beberapa tips tentang apa yang harus Anda perhatikan ketika kembali dari perjalanan darat di medan yang berbeda.

Jalan Berbukit – Saat Anda berkendara di jalan berbukit, rem dan kotak persneling memiliki peran yang sangat penting. Inilah mengapa penting untuk selalu memeriksa keduanya lagi setelah Anda kembali dari perjalanan. Periksa keausan bantalan rem dan oli untuk rem, serta roda gigi Anda. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa apakah gearbox berfungsi dengan baik adalah dengan:

  1. selalu perhatikan lampu peringatan dasbor
  2. memeriksa jika ada kebocoran cairan merah jenis apa pun
  3. memeriksa jika ada bau aneh saat Anda mengganti persneling

Jalan yang Basah/Berlumpur – Saat Anda berkendara di jalan yang basah atau berlumpur, sebaiknya periksa kembali ban. Periksalah marka dan tekanan ban Anda, dan jika memang harus, bawa mobil ke pusat servis/mekanik untuk menyetelnya kembali. Anda tidak ingin mengemudi di jalan dengan ban yang tidak berfungsi sepenuhnya, bukan?

Jalan Berpasir – Jika Anda menemukan pasir di ban dan pelek setelah berkendara di tepi pantai, hal ini dapat menyebabkan masalah di masa mendatang jika dibiarkan. Permukaan pelek dapat tergores dan catnya akan terlihat kusam disebabkan pasir yang kasar. Anda dapat menggunakan penyedot debu untuk menyedot pasir keluar atau menggunakan spons basah dan menyeka ban dengan kain mikrofiber. Jika Anda menemukan pasir di bagian dalam mobil, Anda dapat menggunakan kain mikrofiber lembab untuk menyeka area yang berpasir.

Memeriksa mobil sebelum melakukan perjalanan darat adalah sebuah keharusan dan jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, Anda dapat memeriksa checklist perjalanan darat kami di sini. Namun, ingatlah selalu untuk juga memeriksa mobil Anda setelah kembali dari perjalanan panjang demi menjaga performa mobil untuk jangka panjang.

Berencana untuk menjual mobil Anda setelah perjalanan panjang? Mengapa tidak menjualnya ke Carsome? Kunjungi situs web Carsome sekarang untuk informasi selengkapnya.