Apa Itu Facelift dan All NEW di Dunia Otomotif

Facelift dan All New ternyata penamaan ini memiliki arti khusus untuk model mobil yang Anda temukan. Biasanya, saat Anda mencari mobil baru, Anda mungkin menemukan istilah seperti ‘ini adalah Toyota Avanza Facelift’. Tapi, apa sebenarnya facelift itu? Lalu apa bedanya dengan istilah “All New”? Untuk menemukan jawabannya, inilah semua yang perlu Anda ketahui mengetahui trend perbedaan varian mobil Facelift dan All New. 

Daftar Isi:

Apa Itu Facelift?

Facelift dalam dunia kesehatan, khususnya dalam operasi adalah operasi mengencangkan kerutan untuk memberikan pasien wajah yang tampak lebih muda. Jadi apa itu facelift dalam dunia otomotif? Kurang lebih, ketika berbicara tentang mobil, facelift adalah istilah yang mencakup sejumlah desain, interior, dan peningkatan teknologi pada mobil untuk mempertahankan daya tariknya. 

Saat ini, produsen mobil lebih suka menambahkan sejumlah perubahan kecil, daripada membuat beberapa perubahan besar, seperti yang terjadi di masa lalu. Oleh karena itu, Anda perlu benar-benar ahli atau pandai membedakan untuk memilih perubahan gaya eksterior antara Toyota Avanza pra dan pasca facelift, misalnya. Perubahan tersebut cenderung dilakukan pada bumper, lampu, dan grille. Mungkin ada desain roda baru dan pilihan warna juga.

Sedangkan, untuk perubahan interior mobil facelift biasanya sama halusnya. Mungkin beberapa opsi trim dan pelapis baru, atau bahkan desain ventilasi udara baru. Perubahan yang lebih besar dapat dilakukan untuk mengakomodasi peningkatan besar dalam teknologi on-board. Sistem entertainment baru dengan layar yang lebih besar dapat memberikan suasana berbeda di seluruh dasbor.

Facelift juga dapat mencakup pembaruan pada mesin, gearbox, sistem kontrol sasis, dan alat bantu keselamatan. Apalagi jika ada perubahan besar dalam undang-undang seputar emisi dan keselamatan sejak mobil pertama kali diluncurkan.

Mengapa Mobil Alami Facelift?

Sebagian besar produsen mobil meluncurkan generasi baru dari model yang diberikan setiap enam hingga delapan tahun. Itu umur yang sangat panjang untuk barang konsumen. Apple saja meluncurkan iPhone baru setiap 12 bulan. Contoh perubahan yang signifikan dapat kita lihat speerti Apple 6 vs Apple 6s.

Sementara itu,  dalam dunia otomif itu sendiri Facelifts menjadi sarana untuk meningkatkan minat pada model yang telah diminati sebelumnya dengan menambahkan beberapa komponen tertentu. Fungsinya untuk memberikan penyegaran baru dalam industri otomotif.

Adapun alasan lain untuk melakukan facelift adalah sejak mobil pertama kali diluncurkan, pembuatnya mungkin telah benar-benar mengubah ‘tampilan keluarga’ – seperangkat isyarat gaya yang mengidentifikasi mobil sebagai produk dari pabrikan tertentu – oleh karena itu, gaya tersebut memerlukan perubahan besar agar mobil menyerupai rekan sejawat yang lebih baru. Atau mobil lain yang telah diluncurkan mungkin telah menetapkan standar dalam hal teknologi atau efisiensi, sehingga pembuat mobil lain memperkenalkan facelift untuk mengejar ketinggalan.

Kapan Facelift Terjadi?

Kemungkinan besar Ford yang mengembangkan konsep facelift kembali ketika Model T diproduksi. Sepanjang 19 tahun, Model T menerima pembaharuan yang hampir konstan. Sebagai contoh, tahun 1927 adalah mobil yang sangat berbeda dengan mobil asli tahun 1908.

Produsen mobil Amerika lainnya mengikuti dan, pada 1950-an, sebagian besar menerapkan perubahan tahunan – facelift – pada model mereka, sebuah rezim yang masih ada sampai sekarang. Itu sebabnya usia mobil Amerika biasanya ditentukan oleh ‘model tahun’, bukan tanggal pembuatan atau pendaftarannya, seperti di Inggris.

Pabrikan mobil dari seluruh dunia cenderung tidak melakukan facelift mobil mereka secara teratur. Mobil yang dijual di Inggris cenderung menerima facelift sekitar setengah siklus hidupnya, biasanya tiga atau empat tahun setelah diluncurkan, seperti dalam kasus Lexus NX.

Itu mungkin diikuti oleh satu atau dua putaran pembaruan yang lebih kecil sebelum mobil diganti. Mobil yang tetap berproduksi di luar enam sampai delapan tahun biasanya dapat menerima dua atau tiga facelift penuh selama hidup mereka. Mitsubishi ASX, misalnya, sudah ada sejak 2010 dan kini facelift keempat.

Ini hanya aturan umum. Beberapa mobil yang dijual di Inggris hampir tidak berubah sama sekali selama sepuluh tahun produksi, sementara yang lain terus diperbarui. Nissan GT-R contohnya, mobil yang secara fundamental tidak berubah sejak diluncurkan pada tahun 2007, tetapi tampaknya diperbarui setiap kali ada minggu dalam sebulan.

Berapa Harga Mobil Facelift?

Perubahan yang dilakukan dalam facelift biasanya terkonsentrasi di area mobil yang paling mudah diubah – bumper, lampu, dll. Tetapi, perubahan kecil pada gaya dan spesifikasi mobil sekalipun mampu menghabiskan banyak uang untuk merancang, menerapkan, dan memasarkannya.

Biaya itu harus dipenuhi, jadi facelift biasanya menandakan kenaikan harga jual mobil. Seberapa besar kenaikannya tergantung pada seberapa signifikan perubahannya, mulai dari beberapa ratus hingga beberapa ribu. Ada kasus yang jarang terjadi ketika harga tidak berubah.

Haruskah saya membeli mobil facelift?

Dalam satu kata, ya! Perubahannya mungkin kecil dibandingkan model aslinya, tetapi mobil facelift umumnya lebih baik. Namun, biasanya jika berbicara tentang suku cadang kemungkinan besar Anda akan mengalami kesulitan untuk mendapatkannya.

Jadi, perhatikan juga apakah Anda akan kewalahan nantinya dengan proses service berkala hingga proses penggantian suku cadang. Lalu, jika Sobat Carsome tidak terlalu yakin menyukai jenis mobil yang Anda lihat. Maka, ada baiknya untuk menimbang terlebih dahulu. Mengapa? Karena tingkat depresiasi mobil baru itu sendiri cukup tinggi.

Bacaan Terkait: 
Depresiasi, Penurunan Harga Mobil dan Tips Harga Jual Mobil 
Refinancing Mobil Kredit: Cara, Kelebihan, Kekurangan & Manfaat
Cara Test Drive Mobil Bekas Agar Tidak Kecolongan dan Rugi!

Apa Itu All New?

Setelah memahami mengenai apa itu facelift, ada istilah lain yang perlu dipahami juga dalam dunia otomotif, yaitu istilah “All New”. Sama seperti dengan artinya, All New adalah sebutan untuk model mobil yang hadir dengan wujud yang baru dan berbeda dari sebelumnya, baik dari segi interior ataupun eksteriornya.

Model mobil All New memiliki tampilan yang serba baru. Mulai dari segi rangka, desain, hingga kode sasis dan penambahan dari segi kelengkapannya. Anda akan dengan mudah mengenali mobil All New hanya dengan mengamati desain eksteriornya saja.

Dalam pengembangan model All New ini, produsen memerlukan waktu yang relatif lama dan perlu dilakukan riset terlebih dahulu. Tarif yang dibutuhkan untuk mobil All New juga cukup besar. Jadi, ini wajar jika secara harga mobil All New lebih mahal dibanding mobil facelift. Namun, ini tentunya bergantung pada masing-masing varian mobil. 

Perbedaan Facelift dan All New

Secara sederhana, facelift dan All New merupakan suatu penyegaran yang dilaksanakan kepada mobil. Tapi, jika dipahami secara mendalam, facelift dan All New merupakan dua hal yang berbeda.

  • Perbedaan facelift dan All New bisa terlihat dari definisi kedua istilah. Facelift merupakan penyegaran yang dilaksanakan pada komponen tertentu saja pada mobil tanpa mengubah bentuk sebelumnya. Sedangkan pada All New, bentuk dari mobil benar-benar diubah secara keseluruhan dari sebelumnya.
  • Facelift pada mobil umumnya hanya mengubah sebagian komponen interior dan eksteriornya saja, atau dengan menambahkan fitur yang lebih baru. Sedangkan, pada mobil All New, tidak hanya bentuk fisiknya dan fiturnya saja yang baru, melainkan kode sasisnya juga mengalami perubahan.
  • Indikator perubahan kode pada mobil All New juga kerap dijadikan acuan oleh para konsumen. Oleh sebab itu, mobil bisa dikatakan All New jika kode sasisnya telah diubah dari sebelumnya. Jikalau kode sasisnya sudah berubah, itu bisa dipastikan bahwa mobil tersebut benar-benar baru.

Rekomendasi 5 Mobil Facelift Terbaru 2021

 

1. Wuling Confero S Facelift 2021

 

wuling-confero-s-facelift

Wuling resmi menyegarkan MPV andalannya, Wuling Confero S. Mobil berkapasitas tujuh penumpang ini mengalami penyegaran dengan perubahan yang tidak terlalu signifikan. Wuling Confero S Facelift 2021 ini hanya mengalami perubahan total pada bagian eksterior, dan sedikit sentuhan pada bagian mesin. Adapun pada bagian eksterior, Wuling Confero S facelift 2021 menggunakan bumper baru dengan kisi-kisi yang lebih besar, sehingga lebih memancarkan aura sporty.

Sementara desain fog lamp juga dibuat lebih ramping. Selain itu, Wuling Confero S facelift 2021 menggunakan mika lampu utama dengan model black smoke, namun adjuster headlamp ditanggalkan. Tampilan Wuling Confero S facelift 2021 pun terkesan mewah berkat grille yang ditambah aksen chrome mengapit logo merah Wuling.

Tak hanya itu, Wuling Confero S facelift 2021 juga telah memiliki daytime running light (DRL) dengan posisi saling terpisah yang menempel pada bumper. Sementara itu, pada bagian kaki-kaki, Wuling Confero S facelift 2021 ini tidak berbeda, tetap menggunakan desain velg palang 8 berukuran ring 15 dengan balutan ban 195/60.

Wuling Confero S Facelift 2021 juga telah didukung dengan captain seat berbahan semi leather dan nuansa warna hitam dengan aksen jahitan merah pada interior. Hanya saja bagian sektor dapur pacunya agak berbeda. Wuling Confero S facelift 2021 kini menggunakan mesin baru, tapi tetap berkapasitas 1.500 cc 4 silinder segaris DOHC. 

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 98 PS (96,6 hp) di 5.800 rpm dan torsi maksimal 135 Nm di 3.800 – 4.400 rpm (lebih kecil dari generasi sebelumnya 107 hp di 5.800 rpm dan torsi 142 Nm di (3.800 – 4.400 rpm). Sementara pilihan transmisinya saat ini tersedia di tipe manual dan ACT dengan varian hanya tersedia pada tipe Comfort dan Luxury. Selebihnya fitur masih sama dengan generasi sebelumnya.

2. Honda CR-V Facelift 2021

 

all-new-honda-crv

Setelah lebih dulu meluncur di beberapa negara tetangga, facelift generasi kelima Honda CR-V akhirnya tiba di Indonesia. Seperti diketahui, mobil SUV ini datang dengan beberapa sentuhan baru. Dari semua perubahan yang ditawarkan, hal yang menjadi daya tarik adalah kehadiran teknologi Honda Sensing yang merupakan pertama kalinya digunakan untuk CR-V di Tanah Air.

Honda Sensing sendiri merupakan rangkaian fitur pintar penunjang keselamatan berkendara yang diklaim mampu memberikan perlindungan komprehensif. Ini mengusung teknologi keselamatan aktif yang mampu memberikan peringatan, bahkan sampai mengambil alih kendali secara otomatis untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Sementara untuk tampilan eksterior, Honda mencoba untuk memberikan nuansa baru agar membuat CR-V makin terlihat premium. Mulai dari desain bumper baru dengan grille berkelir hitam, sequential LED turning signal, desain baru garnis belakang, rear smoked tail light, pelek 18 inci dengan desain sporty, hingga dua pipa knalpot berlapis krom. Tak sampai disitu, agar tidak kalah saing dengan kompetitor, Honda juga ikut memberikan fitur hand-free access power tailgate.

Dengan fitur ini, pengendara bisa membuka bagasi belakang dengan ayunan kaki tanpa repot menekan remote atau cara manual. Selain itu, kini pemilik CR-V juga dimanjakan dengan kehadiran remote engine start yang memungkinan pengendara menyalakan mesin dan AC di dalam kabin dari jarak jauh, sama seperti yang digunakan pada Civic Hatchback.

Pada bagian interior, CR-V tampak semakin mewah dengan hadirnya nuansa wood panel yang dikolaborasikan dengan tampilan modern layaknya layar TFT 5 inci sebagai sarana informasi seputar kendaraan, dan sistem hiburan layar sentuh berdimensi 7 inci. Nuansa kabin pun semakin mewah karena dibalut dengan nuansa serba hitam.

Urusan dapur pacu, dengan statusnya yang masih facelift, CR-V facelift ini tidak mengalami perbedaan dari versi yang ada saat ini. Honda tetap menyediakan dua pilihan mesin, yakni 2.000 cc dan 1.500 cc Turbo yang menjadi varian tertingginya.

Berikut ini fitur yang tersedia pada Honda CR-V Facelift 2021:

  • Collision Mitigation Brake System (CMBSTM)
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
  • Road Departure Mitigation (RDM)
  • Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow
  • Auto-High Beam

3. Pajero Sport Facelift

 

pajero-sport-facelift

Mengusung slogan ‘Live the Adventure’, mobil SUV ini hadir dengan mempertahankan personifikasi gagah dan tangguhnya. Secara rinci, terdapat beberapa bagian yang mengalami perubahan pada Pajero Sport Facelift, seperti eksterior, interior, sistem keselamatan, fitur, dan teknologi. Tetapi secara umum, ciri khas mobil tidak dihilangkan, yaitu garis tegasnya. Adapun pada bagian eksterior, kini mobil sudah disematkan bahasa desain baru sebagaimana produk Mitsubishi lainnya, yaitu Dynamic Shield, sehingga bagian grille, lampu-lampu, hingga bokongnya tampak berubah lebih dinamis dan modern.

Sementara itu, untuk kaki-kaki, ada perubahan velg, yakni menggunakan two-tone berukuran 18 inchi. Masuk ke bagian interiornya, nuansa yang dihadirkan pada Pajero Sport Facelift ini tampak berbeda walau masih tetap gelap. Head unit dan meter cluster-nya pun berubah.

Adapun pada dapur pacu, Pajero Sport terbaru dibekali mesin diesel 4N15 berkapasitas 2.4L dengan VGT-Intercooler yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 181 Ps dan torsi maksimum 43,8 Kgm. Tenaga tersebut ditunjang oleh transmisi otomatis 8 kecepatan dengan sport sequential, sehingga diklaim lebih responsif. Menariknya lagi, Pajero Sport terbaru ini memiliki fitur Adaptive Cruise Control. Dan seperti biasa, pada varian 4×4 terdapat Super Select 4WD-II dan mode off-road yang dikombinasikan juga dengan paddle shifters, sehingga sensasi berkendara lebih optimal.

Sementara itu, untuk fitur keselamatan, Pajero Sport facelift sudah disematkan beberapa fitur, seperti Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), serta Traction Control (ASTC) dan Brake Auto Hold (BAH).

4. Nissan Terra Facelift

 

nissan-terra-facelift

Berselang dua tahun usai dikenalkan, Nissan Terra langsung mendapat penyegaran/facelift. Berbeda dengan generasi pertama yang diperkenalkan, secara umum, desain eksterior mobil ini terkesan lebih gagah dibanding model sebelumnya. Perubahan paling mencolok dari eksterior terlihat pada bagian fascia di mana grille mengusung bahasa desain V-Motion yang lebih besar. Kemudian juga lampu depan yang dijuluki Quad LED headlamp dan LED rear lamp, desain bumper dan belakang yang baru, serta velg dual tone baru.

Selain eksterior, bagian interior juga ikut berubah. Dashboard kini jadi lebih mewah dan setirnya mengikuti model-model Nissan lainnya dengan desain flat bottom. Nissan Terra Facelift juga mengusung head unit baru berukuran 9 inci dengan fitur Nissan Connect, Intelligent Rear View Mirror, serta Apple Carplay dan Android Auto.

Ini juga termasuk layar MID yang lebih besar berukuran 7 inci, speaker BOSE, bangku baris kedua dengan release switch, dan nuansa interior berwarna beige yang memberikan kesan lega. Terkait jantung pacu, Nissan Terra Facelift mengusung mesin bensin QR25 2.500 cc bertenaga 165 tk dan torsi 241 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 7-percepatan, serta tersedia dalam pilihan penggerak 2WD dan 4WD. Untuk mesin, Nissan Terra Facelift menggunakan mesin diesel YD25 yang memiliki tenaga 188 tk dan torsi 450 Nm.

Beranjak ke fitur keamanan, Nissan Terra Facelift juga memiliki fitur Around View Monitor, Blind Spot Warning, dan Lane Departure Warning. Ada juga fitur Intelligent Emergency Braking, Intelligent Forward Collision Warning, Rear Cross Traffic Alert, hingga Intelligent Driver Alertness. Nissan Terra Facelift tersedia dalam 5 varian, yakni SE 2WD, SE 4WD, Titanium 2WD, Titanium 4WD, dan Platinum 4WD.

 

5. Toyota Yaris Facelift

 

toyota-yaris-facelift

 

Yaris versi facelift secara bentuk tidak banyak berubah. Namun, yang paling membedakan adalah Toyota Yaris Facelift ini sudah mengusung fitur keamanan Toyota Safety Sense. Perbedaan paling mencolok dengan Yaris model sebelumnya adalah sekarang mobil ini memiliki tampilan yang lebih segar dengan lampu LED+DRL yang sudah terintegrasi. Tak ketinggalan, fog lamp LED, body kit sporty, desain velg baru dual tone 15 inci, dan atap berwarna hitam (khusus di Yaris Sport Premium CVT with Black Roof).

Pembaruan paling mutakhir terdapat di fiturnya, karena New Yaris telah mendapat Toyota Safety Sense yang terdiri dari Pre-Collision System dan Lane Departure Alert (khusus tipe Sport Premium), rear passenger seatbelt indicator hingga fitur standar berupa rem ABS, EBD dan BA, VCS, HAC, juga dashcam.

Sedangkan urusan dapur pacu, New Yaris mengusung mesin 2NR-FE 1.500 cc dengan tenaga 106 ps atau setara 104 tk dan torsi maksimal 140 Nm. Mesin yang digunakan dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT, dan juga terdapat fitur Start Stop System untuk semua varian. Untuk saat ini, Toyota baru saja mengeluarkan Toyota Yaris GR Yaris 2021.

Beli Mobil Baru atau Bekas?

beli-mobil-bekas-atau-mobil-baru

Nah, kalau ini sudah pasti Anda wajib memastikannya sesuai dengan kebutuhan Anda terlebih dahulu. Pahami keadaan finansial Anda terlebih dahulu, jika merasa membeli mobil baru akan membantu performance dari segi finansial Anda. Maka, tidak ada salahnya berinvestasi dengan membeli mobil baru. Namun, jika pertimbangan Anda lebih kepada finansial dan mobilitas, maka mobil bekas sebenarnya lebih cocok untuk Anda gunakan. Secara mobil bekas memiliki tingkat depresiasi yang jauh lebih kecil dibanding dengan membeli mobil baru. Jadi, tunggu apa lagi? Jual mobil lama Anda, dapatkan harga jual mobil yang tinggi!

Jual beli mobil bekas terpercaya di Carsome sangat mudah dilakukan, seluruh proses transaksi yang terjadi sangat mudah dan cepat! Carsome memiliki lebih dari 1000 mitra terpercaya yang tersebaru di seluruh wilayah Indonesia. Kunjungi lokasi inspeksi Carsome dan lakukan pengecekan gratis terhadap mobil bekas Anda sekarang!

Bacaan Terkait: 

SUV vs MPV? SUV Memang Lebih Bertenaga Dibanding MPV!
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin Pada Mobil Terupdate
Apa Itu Transmisi pada Mobil Manual dan Komponen Lengkapnya!