Apa Itu Transmisi pada Mobil Manual dan Komponen Lengkapnya!

Transmisi adalah kompoenen penting yang ada pada mobil, kebanyakan pengendara lebih sering mengulik transimisi manual untuk dibandingkan dengan transmisi otomatis. Nah, mobil transmisi manual terdiri dari beberapa komponen yang menyokong pergerakannya. Baik pada seluruh kendaraan bermotor, mulai dari mobil, motor, bus, hingga truk memiliki komponen yang bernama gearbox (transmisi) yang berguna untuk menggerakkan kendaraan.

Cara menghemat bahan bakar agar irit  salah satunya dengan memilih mesin mobil transmisi manual. Akselerasi dari mobil  selalu dinilai memiliki performa yang kuat dengan biaya perawatan mobil yang tidak terlalu mahal. Inilah salah satu kelebihan mobil bertansmisi manual.

Simak artikel dari Carsome agar Anda memahami apa itu transmisi mobil, bagaimana cara kerjanya, hingga ke komponen apa saja yang termasuk di dalamnya!

Apa Itu Transmisi?

Transmisi adalah sebuah komponen yang terdapat pada mesin dan berfungsi untuk mengubah kecepatan serta tenaga putar. Kecepatan dan tenaga putar yang didapat dari mesin pada roda tersebut yang akan digunakan untuk menggerakkan kendaraan.

Pada dasarnya, sistem transmisi pada mobil dapat dibagi menjadi 2, yaitu transmisi mobil manual dan transmisi mobil otomatis. Perbedaan untuk keduanya terletak pada cara pemindahan transmisi (perpindahan gigi).

Untuk mobil dengan transmisi manual, Anda harus memindahkan transmisi atau gigi melalui persneling secara manual. Jika dilihat dari cara pemindahan gigi atau transmisi secara manual dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu constant mesh, sliding mesh, dan syncromesh.

Baca juga: PPnBM Mobil Baru 2021, Harga Mobil Setelah PPnBM OTR Jakarta

transmisi-adalah

Komponen Transmisi Mobil Manual

Transmisi mobil manual sendiri terdiri dari beberapa jenis komponen yang seluruhnya saling bekerja sama sehingga dapat berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin kendaraan.

1. Poros Input Transmisi (Transmission Input Salt)

Komponen ini merupakan poros yang bekerja sama dengan komponen kopling. Poros Input Transmisi berfungsi untuk memutar gigi yang berada pada gearbox.

2. Gigi Transmisi (Gear Transmission)

Gigi transmisi adalah komponen yang berfungsi untuk mengubah input tenaga yang dihasilkan oleh mesin sehingga berubah menjadi output berupa gaya torsi. Proses pengubahan juga akan disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan.

3. Gigi Penyesuaian (Synchcroniser)

Gigi penyesuaian ini berfungsi agar Anda dapat tetap memindahkan gigi dengan aman dan nyaman meskipun dalam kondisi kendaraan yang sedang berjalan.

4. Garpu Pemindah (Shift Fork)

Garpu pemindah berfungsi untuk memindahkan gigi pada porosnya. Hal tersebut ditujukan agar Anda lebih mudah dalam memasang ataupun memindahkan gigi.

5. Tuas Penghubung (Shift Linkage)

Pada dasarnya, tuas penghubung berfungsi sebagai penghubung antara tuas persneling dan shift fork atau garpu pemindah.

6. Tuas Pemindah Persneling (Gear Shift Lever)

Tuas pemindah persneling merupakan tuas yang berfungsi sebagai pengendali bagi pengemudi untuk dapat memindahkan gigi transmisi atau gearbox sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Letak dari tuas pemindah persneling ini biasanya berada di dekat posisi dari pengemudi mobil.

7. Bak Transmisi (Transmission Case)

Bak transmisi merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menyimpan oli transmisi yang ada di dalam mobil. Selain itu, bak transmisi atau transmission case juga dapat digunakan sebagai dudukan bearing transmisi beserta dengan poros-porosnya. Dengan bak transmisi, pergerakan setiap komponen yang berada di dalam sistem transmisi mobil akan dapat berjalan dengan lancar dan halus.

8. Output Shaft

Output shaft pada dasarnya merupakan sebuah poros yang berfungsi untuk melakukan transfer torsi. Torsi tersebut berasal dari sistem transmisi dan akan dipindahkan ke gigi terakhir. Output shaft juga dapat digunakan sebagai dudukan untuk persneling yang ada di dalam mobil.

9. Bantalan (Bearing)

Bantalan atau bearing merupakan komponen yang berfungsi untuk mengurangi gesekan yang terjadi di antara permukaan komponen yang saling berputar di dalam sistem transmisi mobil.

10. Counter Gear

Counter gear merupakan komponen transmisi mobil yang berfungsi untuk menghasilkan torsi yang berasal dari gigi input menuju gigi kecepatan.

11. Reverse Gear

Reverse gear merupakan komponen yang digunakan untuk mengubah arah dari putaran output shaft. Komponen inilah yang membuat mobil Anda dapat berjalan mundur cukup dengan cara menggerakkan tuas pesneling ke arah reverse gear.

12. Hub Slave

Pada dasarnya, hub slave merupakan sebuah komponen yang digunakan untuk mengunci penyesuaian gigi percepatan. Hub slave juga digunakan untuk mengatur output shaft agar dapat berputar ataupun berhenti.

13. Speedometer Gear

Speedometer gear digunakan untuk mengukur serta melihat kecepatan dari mobil yang Anda kendarai.

Cara Kerja Mobil Transmisi Manual

Mobil yang menggunakan transmisi manual menganut prinsip momen yang sederhana. Transmisi manual sendiri bekerja berdasarkan rasio roda gigi. Dengan melakukan pengubahan pada rasio roda gigi pada sistem transmisi, akan membuat mobil mengalami perbedaan output kecepatan. Karena pada dasarnya transmisi adalah penggerak yang terdiri dari berbagai komponen mesin, maka Sobat Carsome perlu memahami dengan baik cara mengatur perpindahan gigi. 

Sebagai contoh, saat Anda mengendarai mobil pada jalan yang menanjak maka dibutuhkan torsi yang lebih besar untuk menahan beban mobil. Untuk mendapatkan torsi yang lebih besar, mobil Anda akan mereduksi kecepatan putar melalui transmisi dengan daya yang sama. Begitu pula sebaliknya, saat kendaraan Anda memerlukan torsi yang lebih rendah maka kecepatan akan ditingkatkan.

Indikasi Kerusakan Transmisi Mobil Manual

  • Respon yang terlambat.
  • Terjadi kebocoran pada cairan transmisi.
  • Tercium bau hangus terbakar.
  • Anda mengalami kesulitan saat melakukan perpindahan gigi.
  • Sering terjadi slip saat berkendara.

Tips Perawatan Transmisi Mobil Manual

Untuk menghindari kerusakan sistem transmisi mobil manual, Anda harus memerhatikan beberapa hal berikut:

  • Pergantian oli sistem transmisi manual secara berkala.
  • Pergantian plat kopling secara berkala.
  • Cara mengemudi yang sesuai dengan anjuran dan aturan.
  • Ikuti selalu anjuran buku manual untuk perawatan serta penggunaan mobil dengan sistem transmisi manual.

Tanda oli mobil berkurang juga seharusnya menjadi perhatian dari Sobat Carsome sebagai pengendara nih! Pasalnya, saat mobil manual kekurangan oli maka kerja mesin akan kurang maksimal yang akhirnya dapat membuat mobil mogok. Untuk itu lakukanlah perawatan mobil secara berkala. Sudah dengan tentang PPnBM? Apakah Sobat Carsome berniat membeli mobil baru? Ada baiknya pelajari lebih lengkap dulu ya mengenai mekanisme dan pengertian PPnBM!

Carsome adalah platform jual beli mobil dengan pilihan Terpercaya, Mudah, dan Cepat. Transaksi selalu berlangsung transparan dengan para inspektor. Jual mobil tidak membutuhkan waktu lama, 1 jam saja uang jual mobil Anda dapat cair*. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dan jadwalkan inspeksi mobil Anda di www.carsome.id!

Baca juga: Perpanjangan Pemutihan Pajak Kendaraan di Tahun 2021