Apple CarPlay vs. Android Auto – Apa Beda nya?

Apple CarPlay dan Android Auto memang lebih sering dijadikan sebagai tren dalam dunia digital dan smartphone, tidak terkecuali pada otomotif dan manufaktur mobil. Sebenarnya kedua fitur tersebut tak jauh berbeda, hanya saja memang terdapat beberapa fungsi penting yang berbeda. 

Keduanya pun tentu saja memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Dalam artikel kali ini, Carsome akan mengupas secara tuntas perbandingan antara Apple CarPlay vs Android Auto. Manakah yang terbaik diantara keduanya?

apple-carplay-vs-android

Apa Itu Apple CarPlay dan Android Auto?

Pada dasarnya, Apple CarPlay dan Android Auto merupakan sebuah sistem yang disematkan pada bagian head unit sebuah mobil yang dapat menghubungkan berbagai fungsi dalam mobil ke smartphone pengemudi. Dengan sistem tersebut, tampilan yang ada pada layar smartphone Anda nantinya akan dapat ditampilkan pada bagian layar head unit di mobil.

Untuk urusan konektivitas keduanya, dapat tersambung dengan menggunakan sambungan USB maupun secara wireless. Jika dilihat dari namanya pun sudah cukup jelas bahwa Apple CarPlay hanya dapat terkoneksi ke smartphone dengan sistem operasi iOS yang terdapat pada iPhone. Begitu pula dengan Android Auto yang hanya dapat tersambung pada smartphone yang berbasis Android.

Kemudian untuk urusan performa serta pengoperasian keduanya memang sangat dipengaruhi oleh performa dari masing-masing perangkat yang terhubung. Selain itu, jaringan koneksi internet pun sangat mempengaruhi pengoperasian kinerja keduanya secara keseluruhan. Untuk menjaga agar Apple CarPlay dan Android Auto tetap aman, maka ada baiknya mengerti cara membersihkan interior mobil yang tepat

Apple CarPlay vs Android Auto

Apple CarPlay dan Android secara umum memanga adalah fungsi audio, sebetulnya display dari kedua hal ini tidak jauh beda. Pada umumnya headunit semua mobil saat ini sudah memiliki kedua fungsi dari audio ini. Simak untuk lebih detailnya, Anda dapat melihat fungsi dan tampilan yang membedakannya disini!

1. Navigasi

Fungsi terpenting dari konektivitas antara mobil dengan salah satu sistem Apple CarPlay ataupun Android Auto tentu saja dari sisi navigasinya. Dengan sistem navigasi, Anda dapat mencapai lokasi manapun tanpa harus takut tersasar. Jika dibandingkan dari kedua sistem ini, Android Auto tampaknya jauh lebih diunggulkan.

Dengan memanfaatkan fitur dari Google Maps, sistem navigasi dari Android Auto memang cenderung lebih mudah, efisien, dan akurat untuk digunakan jika dibandingkan dengan fitur dari Apple Maps. Pada beberapa daerah, Google Maps memang memiliki tingkat akurasi serta detail alamat yang jauh lebih baik dari pada Apple Maps.

2. Panggilan

Dengan sambungan fitur dari Apple CarPlay ataupun Android Auto memang memungkinkan pengemudi untuk menerima dan melakukan panggilan secara handsfree. Beberapa model mobil pun sudah mampu untuk melakukan panggilan cukup dengan menggunakan perintah suara saja.

Jika diuji untuk melakukan panggilan ke berbagai kontak, kedua sistem sebenarnya memiliki tingkat akurasi dan kemudahan yang sama. Begitu pula jika harus menghubungi seseorang yang memiliki banyak nomor di kontak Anda. Kedua sistem akan secara cerdas mengidentifikasi seluruh kontak dan melakukan konfirmasi lebih lanjut pada Anda untuk nomor kontak yang akan dihubungi.

3. Pesan

Fitur selanjutnya adalah fungsionalitas dari sisi pengiriman dan penerimaan pesan masuk. Jika dilihat dari sisi ini, nampaknya Android Auto akan lebih mengungguli Apple CarPlay karena mendukung lebih banyak platform perpesanan. Jika Apple CarPlay hanya dapat bekerja untuk pesan teks biasa dan WhatsApp, Android Auto sudah mampu mendukung berbagai platform seperti Skype, Telegram, dan Hangouts.

Bacaan Terkait:
Cara Jual Beli Mobil Bekas Aman dan Terlengkap
15 Rekomendasi Mobil City Car Terbaik dan Irit 2021
Service Mobil Berkala Itu Wajib untuk Mesin Mobil, Mengapa?

4. Notifikasi

Untuk fitur notifikasi yang dihadirkan, kedua sistem memiliki perbedaan yang cukup mencolok dimana Apple CarPlay menggunakan tampilan notifikasi iOS klasik yang menampilkan seluruh icon notifikasi yang muncul. Sementara untuk Android Auto menampilkan seluruh notifikasi dalam bentuk card, hal tersebut lebih memudahkan Anda dalam melihat seluruh notifikasi dan menghapus notifikasi yang tidak penting.

5. Musik

Salah satu fitur yang nampaknya sering digunakan oleh pengendara adalah pemutar musik. Musik memang menjadi salah satu solusi saat Anda berkendara jauh ataupun saat terjebak dalam kemacetan jalan.

Untuk urusan fungsionalitas yang satu ini, nampaknya kedua sistem baik itu Android Auto maupun Apple CarPlay memiliki tingkat kecanggihan serta kemudahan yang relatif sama dari segi pemutar musiknya.

6. Antarmuka Pengguna

Perbandingan yang terakhir tentu saja dari sisi tampilan antarmuka pengguna keduanya pada head unit. Untuk Apple CarPlay sendiri memang diunggulkan dari sisi kecepatan serta fluiditas kinerja dari tampilannya. Lalu jika dilihat dari tombol asisten khusus Siri dan Google Assistant, nampaknya Apple CarPlay juga masih lebih diunggulkan daripada Android Auto karena tampilannya yang lebih modern dan mudah untuk dioperasikan.

Hindari Gangguan Saat Mengemudi! 

Saat mengemudi faktor headunit sering kali mengganggu apalagi jika adanya korsleting pada bagian elektronik. Untuk itu, Carsome menyarankan agar Anda rutin melakukan perawatan secara interior khususnya pada bagian elektronik untuk menghindari penumpukan debu. Hal ini bisa menyebabkan musik atau suara yang Anda dengarkan tersendat karena permukaan yang kotor dan berdebu. 

Pasang audio mobil juga perlu diperhatikan saat Anda ingin menambah kelengkapan audio. Hindari modifikasi berlebihan karena dapat mengurangi harga jual kembali pada mobil jika ternyata sangat merubah bentuknya. Mengapa? Hal ini bisa saja mengindikasikan mobil pernah terkena banjir.  

Jual Beli Mobil Aman Tanpa Ragu di Carsome

beli-mobil-bekas-atau-mobil-baru

Jual beli mobil bekas berkualitas di Carsome dapat Anda lakukan dengan mudah, cepat dan terpercaya. Anda dapat melakukan inspeksi di rumah atau pada inspection point terdekat Anda. Proses transaksi di Carsome berlangsung sangat transparan, sehingga Anda tidak perlu khawatir dan ragu untuk menjual mobil Anda di Carsome

Baca juga:  Apa Itu Sunroof Mobil, Perawatan, Biaya, dan Pilihan Mobil Tahun 2021!