21 Cara Menghemat BBM agar Tidak Boros!

Cara menghemat bbm agar tidak boros dalam pemakaian sehari-hari wajib diketahui oleh kita para pengendara dan pemilik mobil. Sebenarnya cara untuk menghemat bahan bakar atau bbm adalah dengan mengurangi intensitas penggunaan mobil itu sendiri, namun dengan padatnya aktivitas harian, hal tersebut menjadi sulit atau bahkan tidak mungkin untuk dilakukan bukan?

Mobil kecil murah dan irit saja belum tentu menjamin penggunaan bahan bakar kendaraan Anda dengan irit, lho! Faktanya semua dipengaruhi secara simultan dari bagaimana Anda merawat hingga memastikan fitur-fitur berguna sesuai dengan fungsinya. 

Nah, Carsome sudah menyiapkan 15 tips dan cara menghemat bbm untuk mobil Anda. Simak selengkapnya pada artikel kali ini!

Tips Menghemat BBM Agar Irit!

 

cara-menghemat-bbm-bahan-bakar

1. Kendarai Mobil dengan Kecepatan yang Sesuai Batas

Cara menghemat bbm pertama yang dapat Anda lakukan adalah berkendara dengan batas-batas kecepatan yang sudah ditentukan (sesuai standar). Semakin kencang Anda memacu mobil, maka akan semakin menurun pula tingkat efisiensi bbm pada mobil yang Anda kendarai.

2. Selalu Jaga Jarak dengan Kendaraan yang Ada di Depan Anda

Dengan menjaga jarak dan tidak terlalu menempel pada kendaraan yang berada di depan Anda ternyata juga dapat menghemat penggunaan bbm, lho! Karena saat Anda menjaga jarak akan mengurangi kemungkinan Anda harus melakukan pengereman mendadak. Proses pengereman serta penekanan pada pedal gas akan jauh lebih menghabiskan banyak penggunaan bbm.

3. Selalu Gunakan Gigi yang Sesuai

Hindari berkendara dengan gigi rendah atau gigi tinggi secara terus menerus karena hal tersebut ternyata dapat lebih banyak menghabiskan bbm dari yang seharusnya. Jadi, selalu gunakan gigi sesuai dengan kondisi yang ditempuh di jalanan, ya!

4. Usahakan Selalu Parkir di Tempat yang Teduh

Beberapa kalangan percaya bahwa dengan memarkir mobil Anda di tempat yang teduh dan sejuk juga dapat menghemat penggunaan bahan bakar atau bbm. Hal tersebut karena penguapan yang terjadi pada bahan bakar akan lebih sedikit jumlahnya.

5. Selalu Atur Putaran Mesin agar Ideal

Usahakan untuk selalu melaju atau memacu kendaraan dengan putaran mesin yang ideal, sekitar 3.000 rpm. Laju putaran mesin yang terlalu rendah ataupun tinggi dan dilakukan secara terus menerus dapat membuat bahan bakar yang dihabiskan menjadi lebih besar jumlahnya.

6. Isi BBM saat Tangki Masih Setengah Penuh

Beberapa orang menyarankan untuk melakukan pengisian ulang bbm atau bahan bakar saat kondisi tangki masih setengah penuh. Mengapa? Karena jika tangki diisi saat kondisi masih setengah penuh, udara yang berada di tangki pun jumlahnya masih sedikit jika dibandingkan dengan kondisi tangki yang sudah kosong.

Jika terlalu banyak udara yang berada di dalam tangki, proses penguapan bbm pun akan menjadi lebih cepat. Hal tersebut tentu saja akan membuat penggunaan bbm mobil Anda menjadi lebih boros.

7. Biasakan Menambah Kecepatan Mobil secara Bertahap

Banyak orang yang terbiasa langsung menginjak pedal gas secara mendalam dengan waktu yang cepat setelah mengurangi kecepatan. Hal tersebut sebenarnya tidak disarankan karena konsumsi bbm akan menjadi lebih besar. Usahakan untuk menambah kecepatan mobil Anda secara bertahap saat berkendara di jalan. Ini akan terasa lebih mudah dengan mobil bertransmisi manual. 

Transmisi manual dan matic tentunya berbeda, faktanya mobil matic ternyata cenderung membutuhkan penggunaan BBM lebih banyak dibandingkan mobil manual. Hal ini dikarenakan transmisi otomatis yang melekat pada mobil matic. Jadi,  jika Anda pemula dalam berkendara mobil, terutama mobil matic. Ada baiknya jika Anda mengenali terlebih dahulu cara mengendarai mobil matic dengan aman

8. Matikan Mesin saat Berhenti dalam Waktu yang Lama

Saat Anda berhenti di suatu tempat dalam waktu yang cukup lama, usahakan agar kondisi mesin dalam keadaan mati. Mesin yang terus menyala akan menghabiskan bbm dalam jumlah yang lebih banyak.

9. Biasakan Matikan AC sebelum Mematikan Mesin Mobil

Cara menghemat bbm yang selanjutnya adalah dengan membiasakan diri Anda untuk selalu mematikan AC sebelum mesin mobil. Hal tersebut dilakukan agar pada saat mesin mobil dinyalakan kembali, jumlah bahan bakar yang digunakan nantinya akan lebih sedikit karena beban yang lebih ringan.

10. Hindari Perjalanan Jarak Dekat

Pada perjalanan dengan jarak kurang dari 5 kilometer, catalytic converter yang fungsinya untuk mengurangi emisi polusi udara dalam mobil belum bisa berfungsi dengan baik karena mesin belum mencapai suhu operasi puncaknya. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari penggunaan mobil untuk jarak yang terlalu dekat.

Baca juga: 21 Harga Mobil Bekas Dibawah 100 Juta Terbaru di Tahun 2021 Pilihan Carsome!

11. Lakukan Service secara Berkala

Direkomendasikan untuk melakukan service kendaraan Anda setiap 3 bulan sekali atau dapat juga pada setiap 5.000 km jarak yang sudah ditempuh. Service dilakukan agar komponen-komponen serta saluran bbm atau bahan bakar yang ada di mobil dapat diperiksa dan selalu berada dalam kondisi terbaik.

12. Selalu Periksa Tekanan Angin pada Ban

Tekanan angin pada ban ternyata juga harus dicek secara berkala, lho! Setiap kali roda mobil Anda berputar, permukaan ban yang bersentuhan dengan jalanan akan menopang seluruh berat dari mobil (rolling resistance).

Ban mobil Anda kempes tentunya dapat membuat Anda panik. Untuk itu, apabila tekanan angin pada ban Anda kurang maka bersegeralah untuk mengisinya. Selain itu rolling resistance akan membesar dan dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar atau bbm yang berlebihan. Maka dari itu, selalu periksa tekanan angin pada setiap ban mobil Anda secara berkala. 

13. Bersihkan Filter Udara secara Berkala

Filter udara yang sudah terlalu kotor dan tersumbat debu serta kotoran akan membuat mesin mobil Anda menghabiskan jumlah bbm yang lebih banyak karena harus bekerja lebih berat dalam menghirup udara bersih.

Direkomendasikan agar selalu melakukan pengecekan filter udara setiap 2.000 km hingga 3.000 km jarak tempuh mobil untuk tetap menjaga filter udara dalam kondisi yang prima.

14. Hindari Membawa Beban Terlalu Besar

Beban yang terlalu besar ternyata juga dapat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Mobil yang Anda kendarai akan lebih boros bahan bakar sekitar 1 hingga 2 persen untuk setiap beban seberat 50 kg. Hindari membawa bawaan atau barang yang terlalu banyak saat berpergian.

15. Gunakan Oli yang Sesuai

Cara menghemat bbm yang terakhir adalah dengan memilih jenis ataupun merek oli yang sesuai dengan kondisi mesin mobil Anda serta cuaca sekitar. Oli yang sesuai dan cocok untuk mobil Anda akan dapat mengurangi gesekan yang terjadi pada mesin.

Tanda oli mobil kurang dapat Anda perhatikan secara fisik yang terjadi pada mobil. Biasanya mobil mengeluarkan asap dan suara mesin kasar saat dihidupkan. Nah, untuk itu ada baiknya jika Anda secara berkala mengingatkan anggota keluarga untuk rutin melakukan pengecekan mobil seperti tune up. Hal tersebut dapat membuat mesin bekerja dengan lebih ringan, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien dan tidak terlampau banyak.

cara-menghemat-bbm

16. Cruise Control

Fitur ini merupakan salah satu teknologi baru yang diaplikasikan pada mobil dengan fungsi untuk mengatur kecepatan mesin agar tetap stabil tanpa harus menginjak pedal gas. Dengan fitur cruise control, memungkinkan mobil untuk dapat bergerak dengan kecepatan yang stabil tanpa harus selalu menginjak pedal gas.

17. Auto Start-Stop

Fitur selanjutnya adalah fitur auto start-stop. Berfungsi untuk mempercepat waktu penghidupan mobil serta meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar pada kendaraan. Fitur ini juga biasa dikenal dengan nama idle stop. Dengan fitur ini, mesin mobil akan mati secara otomatis jika mobil dalam keadaan tidak bergerak dalam waktu yang cukup lama.

18. Eco Indicator

Eco Indicator merupakan sebuah indikator atau penanda yang terletak di bagian speedometer/MID (Multi-Information Display). Eco Indicator sendiri berfungsi untuk menjalankan sistem secara otomatis untuk menghemat sistem pembakaran bbm pada mobil. Lampu indikatornya akan menyala dan berwarna hijau apabila Anda telah berkendara secara efisien.

19. Drive by Wire

Mobil yang sudah berteknologi drive by wire dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Hal ini disebabkan karena teknologi ini tidak lagi mengaplikasikan komponen-komponen lama seperti kolom setir, pompa power steering, selang, minyak rem, booster, dan master rem.

Semua komponen-komponen lama tersebut telah diganti dengan motor servo yang berfungsi sebagai penggerak dan akan bekerja sesuai dengan instruksi komputer. Sistem komputer akan bekerja dengan memasukkan input data yang diterima oleh sensor yang terhubung ke pedal gas. Dengan begitu, keakuratan pengoperasian sistem dapat berjalan dengan lebih presisi dan mengurangi energi gerak yang terbuang sia-sia.

20. CVT

CVT atau Continuously Variable Transmission merupakan sistem transmisi otomatis yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bbm. Dengan penggunaan transmisi CVT, mesin tidak perlu lagi melakukan putaran tinggi untuk menerima kekuatan besar, sehingga kerja mesin pun menjadi lebih ringan dan mampu menghemat penggunaan bahan bakar.

21. Eco Mode

Fitur Eco Mode biasanya dapat diaktifkan secara manual dengan menekan tombol yang terletak di tengah dashboard pengemudi. Eco Mode ini bekerja dengan prinsip perpindahan gigi dengan rasio pada putaran mesin rendah.

Pada beberapa mobil mewah atau premium, fitur Eco Mode juga dapat berfungsi untuk mengubah bantingan suspensi atau bobot perputaran setir dan menjaga putaran mesin agar tetap rendah dengan menyesuaikan posisi gigi dan kecepatan.

Gimana Sobat Carsome? Semoga artikel ini bisa berguna bagi Anda yang selalu mencari solusi cawa menghemat BBM seperti apa. Selamat mencoba, ya! 

Jual beli mobil bekas Terpercaya, Murah, dan Cepat dapat Anda lakukan di Carsome, lho! Selain transaksinya yang sangat transparan, Anda juga bisa memilih dengan tenang. Seluruh mobil yang ada di Carsome sudah terverifikasi dengan 175 titik pengecekan, jadi sudah pasti mobil yang ada di Carsome berkualitas. Inspektor kami selalu siap membantu, saat Anda ingin membeli mobil bekas ataupun menjual mobil bekas

Temukan pengalaman jual mobil dan beli mobil bekas dengan nyaman di Carsome. Transaksi jual mobil tidak akan lebih dari satu hari karena Carsome memiliki ribuan mitra terpercaya untuk Anda! 

Baca juga: Penyebab Mobil Brebet Saat Digas Setelah Cuci Mesin!