Klakson Mobil Anda Mati Tiba-tiba? Ini Cara Mengatasinya!

Klakson mobil mati tiba-tiba biasanya disebabkan umumnya karena aki mobil yang kurang. Klakson sendiri merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada sebuah mobil. Saat berkendara di jalan raya, klakson dapat berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan yang lain. Untuk itu, Anda harus mengetahui penyebab klakson mobil tidak bunyi agar tidak panik jika sewaktu-waktu klakson mobil Anda mati saat berkendara.

Fungsi aki yang kurang baik tentunya dapat mengakibatkan bagian elektronik dalam mobil tidak berfungsi dengan baik. Untuk itu, Anda wajib mengecek secara berkala juga kadar aki mobil Anda. 

Klakson yang tidak berbunyi atau mati dapat menimbulkan bahaya, apalagi jika Anda sedang berkendara dengan kecepatan tinggi. Komunikasi dengan pengendara lain tentu saja akan menjadi terhambat karena permasalahan tersebut. Dalam artikel kali ini, Carsome sudah menyiapkan berbagai penyebab serta cara mengatasi klakson mobil yang tak mau berbunyi.

Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi

klakson-mobil-mati

1. Sekring Klakson Putus

Sekring klakson mobil putus seringkali membuat klakson mobil mati tiba-tiba. Klakson dan komponennya berfungsi sebagai pengaman dari sebuah rangkaian listrik agar tidak memiliki muatan yang berlebih dan biasanya terletak di dalam ruang mesin. Jadi jika arus listrik yang dialirkan terlalu berlebihan, ini dia yang bisa menyebabkan sekring klakson terputus. 

Sekring termasuk ke dalam salah satu komponen yang masuk ke dalam instalasi untuk klakson mobil. Oleh karena itu, jika satu saja kabel putus maka seluruh sistem kelistrikan mobil akan bermasalah termasuk klakson. Masalah kelistrikan ini sering terjadi disebabkan oleh jamur dan karat. 

2. Saklar Klakson Bermasalah

Permasalahan di bagian saklar klakson biasanya disebabkan karena adanya kerak yang menumpuk pada lempengan tembaga. Selain itu, saklar klakson juga dapat bermasalah dari sisi kelistrikannya dan akhirnya berpengaruh pada sistem klakson yang tak mau berbunyi.

3. Kabel Klakson Bermasalah

Korsleting yang terjadi dalam ruang mesin mobil dapat menyebabkan kabel klakson bermasalah. Adanya jamur serta karat yang sudah lama menumpuk juga dapat mengakibatkan kabel putus dan menyebabkan klakson tidak mampu untuk mengeluarkan suara.

4. Relay Klakson yang Sudah Tua

Relay merupakan sebuah komponen yang berfungsi sebagai sebuah penghubung antara baterai dengan arus listrik yang mengalir dalam mesin mobil. Kondisi relay yang sudah tua dan usang membuat kinerjanya menjadi tidak maksimal sehingga klakson tidak berbunyi saat ditekan.

5. Switch Klakson Rusak

Switch merupakan komponen yang dapat ditemukan pada tombol klakson. Switch sendiri terhubung dengan setir mobil dan berfungsi sebagai penghubung tekanan yang berasal dari tombol klakson mobil menuju ke sumber bunyi. Oleh karena itu, jika switch macet atau rusak maka tombol klakson pun tidak akan berbunyi saat ditekan.

Cara Mengatasi Klakson Mobil Tidak Bunyi

  • Periksa kotak sekring yang terhubung dengan sistem klakson.
  • Lepaskan bagian sekring dengan menggunakan tang biasa, tang berujung runcing, ataupun pinset.
  • Periksa kondisi sekring apakah sudah rusak atau masih bisa digunakan. Jika memang sekring sudah rusak Anda dapat menggantinya dan memasang sekring yang baru.
  • Periksa bagian lampu dari kantong udara yang ada pada dashboard mobil. Biasanya kantong udara yang bermasalah juga dapat membuat klakson tidak berbunyi.
  • Setelah seluruh langkah tersebut Anda lakukan seharusnya klakson mobil sudah dapat menyala kembali.
  • Jika klakson masih mati, sebaiknya bawa ke bengkel mobil resmi terdekat untuk mengecek permasalahan yang terjadi pada mobil Anda.

Tips Menggunakan Klakson Mobil agar Awet

  • Pilihlah klakson dengan kualitas yang baik.
  • Gunakan klakson hanya saat diperlukan.
  • Saat menekan klakson usahakan jangan terlalu keras, lama, atau tergesa-gesa.
  • Hindari klakson dari air.

Jenis-Jenis Klakson

1. Klakson Listrik Arus AC

Klakson yang pertama menggunakan sistem kerja yang dipengaruhi dengan arus AC. Biasanya menggunakan dinamo listrik dan sering dipasang untuk kendaraan bertipe kecil. Kelemahan dari tipe klakson arus AC adalah jika putaran mesin turun, suara klakson juga akan menjadi kecil dikarenakan frekuensi getaran yang menurun.

2. Klakson Listrik Arus DC

Klakson arus DC merupakan kebalikan dari tipe klakson yang pertama. Klakson arus DC tidak memiliki perubahan frekuensi pada sistem arusnya karena bergerak secara searah dan tidak bergantian. Klakson arus DC sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu klakson DC piringan dan klakson DC spiral.

3. Klakson Udara

Jenis klakson yang terakhir adalah klakson udara. Klakson udara bisa dibilang merupakan jenis klakson mobil yang terbaik karena dapat menimbulkan getaran ataupun suara yang berasal dari tekanan udara saja. Dengan sumber udara yang berada dekat dengan klakson membuat jenis ini bekerja lebih cepat dan mudah jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Berkendara Aman Agar Semakin Nyaman! 

Saat berkendara Anda memang harus memiliki kepercayaan diri untuk membawa mobil dengan baik. Selain itu, Anda juga wajib memastikan jika kendaraan yang dikemudikan berfungsi dengan baik. Seperti halnya klakson yang menjadi komponen penting pada kendaraan. Jadi, gimana Sobat Carsome yang sedang bermasalah karena klakson mobilnya mati? Semoga uraian dan tips di atas dapat berfungsi baik untuk Anda, ya! Selamat mencoba!  

Jual beli mobil di Carsome saja! Menjual mobil tidak perlu ragu, karena sistem transaksi dalam Carsome berlangsung cepat dan terpercaya. Sehingga, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal tersebut. Sama halnya dengan membeli mobil bekas di Carsome!

 Anda tidak perlu ragu karena Carsome melakukan inspeksi pada 175 titik mesin mobil yang dijual ke Carsome. Sehingga, pembeli dapat langsung siap menggunakannya. Gimana? Seru banget kan! Temukan cara baru membeli mobil bekas berkualitas dan terpercaya, hubungi langsung di 021-50300030 atau kunjungi dan daftarkan diri Anda di www.carsome.id

Baca juga: Biaya Balik Nama Mobil dan Cara Lengkapnya!