Transmisi Mobil Matic: Fungsi, Komponen, Arti Huruf dan Angka , Hingga Perawatan!

Transmisi mobil matic atau yang dikenal otomatis di era ini cenderung lebih banyak digunakan, apalagi jika Anda berdomisili di daerah perkotaan. Berbagai alasan dan opini dari para pengemudi merasakan untuk daerah macet seperti perkotaan. Pasalnya cara mengendarai mobil manual lebih sulit dibandingkan mengendarai mobil matic.

Mobil kecil murah irit yang cocok untuk mahasiswa dan wanita khususnya adalah mobil dengan transmisi otomatis. Mengapa demikian? Transmisi matic ini lebih mempermudah mobilitas mereka. Menurut riset kecenderungan anak muda dan wanita sering sekali melakukan multi-tasking. Nah, hal inilah yang cukup banyaknya memberikan dampak buruk pada keamanan pengemudi. Belum lagi kecenderungan pengemudi yang kurang mematuhi rambu lalu lintas.

Jika saat ini Sobat Carsome sedang mencari mobil bertransmisi mobil dan sedang mencari informasi terkaitnya. Maka, silahkan simak informasi seputar mobil transmisi matic di bawah ini untuk Anda!

Apa Itu Transmisi Otomatis?

Transmisi otomatis merupakan sebuah sistem yang digunakan pada mobil matic dengan posisi gigi yang dapat dinaikkan serta diturunkan secara otomatis tanpa harus dilakukan pergeseran pada tuas transmisinya.

Perpindahan antar posisi gigi tersebut ditentukan dari seberapa besarnya tekanan yang diberikan pada pedal gas serta kecepatan mobil. Posisi gigi akan bertambah secara otomatis saat tekanan pada pedal gas meningkat, begitu pula sebaliknya.

Komponen-Komponen Transmisi Otomatis

transmisi-mobil-matic

1. Torque Converter

Torque Converter sendiri merupakan sebuah komponen yang terletak pada bagian dalam input shaft transmisi mobil matic yang langsung tersambung dengan flywheel crankshaft. Torque Converter berfungsi untuk meredam getaran transmisi dan juga mesin.

2. Hydraulic Control

Komponen yang kedua ini berada di dekat planetary gear yang berfungsi untuk mengontrol kinerja rem beserta kopling pada transmisi mobil matic Anda.

3. Manual Linkage

Komponen ini terdiri atas beberapa kabel seperti selector level, kabel throttle, dan kabel akselerator. Manual Linkage berfungsi agar transmisi dapat dilakukan secara manual oleh pengendara tanpa adanya bantuan dari pedal kopling.

4. Planetary Gear Set

Komponen yang terakhir ini berfungsi untuk menaikkan serta menurunkan kecepatan mobil dengan cara menyesuaikan perbandingan gigi yang dibutuhkan oleh pengendara mobil.

Arti Kode Transmisi Matic

merawat-mobil-transmisi-matic

1. Tuas Park (P)

Tuas P digunakan untuk posisi mobil dalam keadaan parkir atau saat jalanan macet yang mengharuskan mobil untuk berhenti lama lebih dari 10 menit. Selalu pastikan tuas berada pada posisi P saat mobil sedang dalam keadaan berhenti atau tidak berjalan.

2. Tuas Return (R)

Tuas yang kedua merupakan Tuas R atau return. Tuas R ini biasanya digunakan saat mobil akan bergerak mundur.

3. Tuas Netral (N)

Tuas N atau netral sering digunakan saat jalanan dalam kondisi macet yang membuat mobil harus berhenti. Hal yang perlu diingat adalah Anda harus menggunakan rem tangan pada kondisi ini agar mobil benar-benar berhenti. Jangan lupa juga untuk melepaskan kaki dari pedal rem maupun gas pada posisi tuas N.

4. Tuas Drive (D)

Tuas yang terakhir adalah tuas D atau drive. Tuas D ini digunakan untuk kondisi mobil yang maju dan berjalan. Terdiri dari D1, D2, hingga D3 yang semuanya didasarkan pada kecepatan mobil mulai dari rendah hingga tinggi.

Cara Kerja Transmisi Otomatis pada Mobil Matic

Sistem transmisi otomatis pada mobil matic sendiri dimulai dari komponen torque converter. Baling-baling yang terdapat pada komponen tersebut akan digunakan sebagai pompa yang berfungsi untuk menggerakkan turbin serta planetary gear.

Setelah baling-baling berhasil berputar, oli transmisi mobil matic Anda akan dipompa dan menghasilkan torsi yang beriringan dengan peningkatan rpm mesin yang sesuai dengan tekanan yang diberikan pada pedal gas mobi.

Saat kondisi turbin yang berputar, planetary gear akan memindahkan posisi gigi secara otomatis menyesuaikan dengan besaran rpm mesin dari tekanan pedal gas mobil.

Penyebab Mobil Matic Anda Sering Menghentak

  • Oli transmisi yang kotor.
  • Terjadi kesalahan saat penyetelan kabel accelerator kickdown.
  • Terjadinya keausan pada komponen-komponen seperti clutch dan brake.
  • Terjadi kebocoran pada oli transmisi.
  • Adanya masalah pada komponen ATI solenoid.
  • Adanya masalah pada komponen elektrik yang ada di mobil.
  • Rasio yang tidak sesuai pada gigi mundur.

Kerusakan yang Sering Dialami pada Mobil Matic

1. Terjadinya Kesulitan dalam Pemindahan Tuas

Sulitnya melakukan perpindahan tuas pada mobil matic biasanya diakibatkan karena adanya kendala ataupun kerusakan pada bagian switch dari sistem transmisi otomatis mobil. Hal tersebut berujung pada posisi tuas gigi yang sulit dipindahkan karena tersangkut.

2. Kesulitan Saat Memundurkan Mobil

Mobil yang sulit untuk dimundurkan tentu saja sangat mengganggu pengalaman berkendara Anda terutama saat harus memarkirkan mobil. Permasalahan ini biasanya disebabkan karena kerusakan yang terjadi di sistem mekanik transmisi otomatis sehingga gigi mundur akan sulit untuk digunakan.

3. Timbul Getaran yang Tidak Wajar pada Mobil

Adanya getaran yang tidak wajar pada mobil Anda dapat menjadi salah satu indikator gangguan ataupun masalah pada mesin mobil. Selain itu, getaran yang tidak wajar juga dapat disebabkan karena gesekan kopling yang sudah mulai aus atau bisa juga karena adanya gangguan pada bagian transmisi mobil matic Anda.

4. Adanya Hentakan Kasar saat Pemindahan Gigi

Saat proses pemindahan tuas ataupun gigi sudah mulai terasa kasar, hal tersebut dapat menjadi salah satu indikasi mesin atau transmisi mobil matic Anda sudah tidak bekerja dengan optimal. Sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Merawat Transmisi Otomatis pada Mobil Matic

  • Selalu ganti oli transmisi secara rutin dan berkala.
  • Selalu gunakan tuas dengan posisi serta fungsinya secara tepat selama berkendara.
  • Selalu panaskan mesin mobil terlebih dahulu sebelum digunakan untuk berkendara.
  • Hindari untuk melakukan atau menginjak pedal gas secara tiba-tiba atau dadakan.

Tune up adalah salah satu perawatan mobil yang wajib Anda lakukan secara rutin. Ingat untuk  selalu lakukan uji jalan mobil matic Anda secara rutin dan berkala ya Sobat Carsome! Selanjutnya, untuk Anda yang sedang mencari mobil matic yang tepat untuk wanita. Maka, ini dia list Carsome terkait mobil yang cocok untuk wanita

Jual beli mobil bekas di Carsome tentu terpercaya, mudah, dan cepat! Seluruh transaksi dilakukan dengan sangat transparan. Jual mobil lama Andapun tidak akan berlangsung lama jika dokumen dan berkas yang Anda bawa lengkap. Carsome juga sudah bermitra dengan lebih dari 1000 mitra terpercaya yang tersebar di Indonesia. Sehingga, untuk Anda yang saat ini ingin menukar tambah mobil Anda sudah bisa melakukannya di Carsome!

Baca juga: 8 Tips Beli Mobil Bekas Bagus Berkualitas