Tune Up Mobil, Ini Komponen Khusus yang Dicek Beserta Biaya

Tune up adalah salah satu perawatan pada mobil untuk mendapatkan performa mobil yang selalu prima dan maksimal, perawatan mobil secara intensif wajib dilakukan secara berkala. Tak terkecuali untuk keperluan tune up mobil, biasanya dilakukan minimal satu kali dalam setahun. Perawatan pada mobil memang wajib dilakukan secara berkala untuk menjaga harga mobil, supaya jual saat menjualnya, mobil bekas Anda dapat cepat laku.

Spooring mobilpun demikian menjadi hal yang penting untuk menjaga keseimbangan mobil. Nah, kita bahas terlebih dahulu ya apa itu Tune Up mobil, cara, manfaat, hingga berapa biayanya. Yuk, cek disini!

tune-up-adalah

Apa Itu Tune Up Mobil?

Tune up mobil sendiri diambil dari bahasa inggris, tune dan up yang memiliki arti untuk melakukan setting kembali. Singkatnya, tune up mobil merupakan sebuah proses atau pekerjaan yang dijalankan untuk melakukan standarisasi pada seluruh komponen serta sistem yang ada pada mobil Anda.

Hal tersebut wajib Anda lakukan secara berkala agar kondisi seluruh komponen serta sistem yang sudah mulai tidak optimal dapat kembali ke keadaan primanya kembali.

Tujuan dan Manfaat Tune Up Mobil

Seluruh aktifitas dan pengerjaan tune up mobil wajib dilakukan secara berkala demi menjaga kinerja mesin agar tetap berjalan optimal dan maksimal. Selain itu, tune up mobil juga memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Tune up mobil dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil Anda.
  • Tune up mobil dilakukan untuk mengembalikan performa mobil Anda agar selalu terasa seperti baru.
  • Tune up mobil dilakukan sebagai bagian dari proses pengecekan atau proses kontrol pada beberapa bagian serta komponen yang berada dalam mobil Anda.

Proses tune up mobil juga dapat mencegah kerusakan mobil yang parah sehingga tidak sampai terjadi gangguan mesin. Banyak orang juga menganggap proses tune up mobil sebagai sebuah servis ringan, mengingat mobil digunakan setiap hari sehingga kondisinya sangat rawan untuk mengalami penurunan.

Cara Tune Up Mobil

Tahukah Anda, beberapa komponen yang digunakan di dalam mobil memiliki sifat yang sangat sensitif? Hal tersebut mewajibkan Anda sebagai pemiliki mobil untuk melakukan pengecekan secara berkala untuk setiap komponennya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan tune up mobil pada beberapa komponen:

1. Pengecekan pada Karburator serta Throttle Body

Untuk mobil dengan sistem non-injeksi, Anda harus melakukan pengecekan serta pembersihan karburator secara berkala. Jangan lupa juga untuk melakukan penyetelan RPM pada karburator.

Lalu, jika mesin yang Anda gunakan sudah memiliki sistem injeksi di dalamnya, Anda hanya harus melakukan pengecekan serta pembersihan pada bagian throttle body.

2. Pengecekan pada Baterai dan Aki Mobil

Tegangan aki saat kondisi mesin mati harus berada di angka 12 Volt. Lalu saat kondisi mesin menyala, tegangan aki maksimal hanya boleh mencapai 14 Volt. Selain tegangan, Anda juga harus melakukan pengecekan kapasitas arus menggunakan battery tester. Anda dapat melihat standar arus listrik yang digunakan pada aki Anda di cover baterai aki.

3. Pengecekan serta Pembersihan Filter Udara

Bagian filter udara wajib untuk Anda cek dan bersihkan secara berkala. Untuk proses pembersihan sendiri biasanya menggunakan angin bertekanan agar debu yang berada pada permukaan filter dapat hilang.

Jika kondisi permukaan filter udara pada mobil Anda sudah sangat kotor, mau tidak mau Anda harus menggantinya. Filter udara yang sudah terlalu kotor akan sulit dibersihkan, bahkan sekalipun dibersihkan akan kotor kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama.

4. Pengecekan serta Penyetelan Celah Katup

Jika mesin mobil yang Anda kendarai menggunakan sistem katup konvensional (mesin non-injeksi), maka wajib bagi Anda untuk melakukan proses penyetelan celah katup. Hal tersebut dilakukan agar katup tetap berada di posisi standar.

Celah normal katup seharusnya berada di kisaran 0,2 mm hingga 0,3 mm. Celah yang terlalu lebar akan menyebabkan suara mesin yang berisik dan kurang bertenaga. Lalu jika celah terlalu kecil dapat menyebabkan kebocoran pada kompresi.

5. Pengecekan pada Berbagai Fluida

Sebagai pemilik mobil, Anda juga harus memerhatikan dan mengecek seluruh fluida yang digunakan di dalam mobil seperti oli mesin, minyak rem, oli transmisi, oli power steering, hingga oli gardan.

Tidak hanya mengecek volumenya, Anda juga harus selalu melakukan pengecekan pada kondisi oli apakah masih layak dan mampu untuk melumasi mesin mobil Anda.

6. Pengecekan pada Tegangan V Belt

V belt harus selalu dicek kondisi serta tingkat ketegangannya. V belt yang terlalu kendor harus segera di setel ulang, namun perlu diingat proses penyetelan tersebut hanya berlaku pada mesin yang memiliki tensioner manual (tensioner ulir).

7. Pengecekan serta Pembersihan pada Celah Busi

Meskipun celah busi sudah diatur dari pabrikan, namun karena penggunaan serta interaksinya dengan tekanan kompresi, maka kemungkinan celah busi mengalami perubahan itu tetap ada. Itulah mengapa Anda harus selalu mengecek dan membersihkan celah busi agar api yang keluar dari busi tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

tune-up-peralatan

Peralatan yang Digunakan untuk Tune Up Mobil

    • Kunci pas ring.
    • Tester kompresi.
    • Multi tester
    • Feeler gauge (alat pengukur celah yang berada di antara dua permukaan komponen).
    • Obeng plus.
    • Obeng minus.
    • Alat penyetel penyalaan.
    • Alat pengukur kecepatan rotasi dan tachometer.

Biaya Tune Up Mobil

Untuk harga standar tune up mobil yang ditawarkan di bengkel umum biasanya berkisar antara Rp 350.000,00 hingga Rp 500.000,00. Harga tersebut akan menyesuaikan dengan perawatan atau proses pengecekan apa saja yang dilakukan pada mobil Anda.

Perlu diingat, harga tersebut biasanya belum termasuk dengan biaya untuk penggantian atau perbaikan komponen yang sudah rusak atau sudah tidak layak digunakan pada mobil Anda. 

Nah, itu dia salah satu perawatan mobil yang wajib Anda lakukan. Tune up mobil bertujuan baik untuk tetap menjaga mesin mobil tetap prima performanya. Gimana sobat Carsome? Semoga Anda memahami pentingnya melakukan perawatan berkala terhadap mobil yang Anda miliki. 

Carsome adalah platform jual beli mobil Terpercaya, Mudah, dan Cepat. Segala bentuk transaksi di Carsome berlangsung dengan transparan dan aman. Mobil Anda dijamin laku dalam satu hari. Carsome sudah bermitra dengan lebih dari 1000 mitra terpercaya di Indonesia. 

Baca juga: 25 Mobil Kecil Murah Baru dan Bekas Harga Mulai 100 Jutaan