Apa Itu Mobil SUV, MPV, Perbedaan dan Kelebihannya!

Mobil SUV adalah singkatan dari Sport Utility Vehicle (Kendaraan Utilitas Sport) yang  merupakan salah satu jenis mobil penumpang yang dibangun di atas kerangka truk ringan. SUV dibuat dengan konsep gabungan antara jenis mobil jip, sedan, dan mobil pickup. Konsepnya yang sporty dipadukan dengan harga yang lumayan terjangkau membuat mobil ini semakin banyak peminatnya! 

mobil-fortuner-desain-gagah

Harga mobil listrik yang beredar saat inipun ternyata hampir menyamai rentan harga mobil SUV, lho! Tidak sedikit model mobil listrik menyerupai mobil SUV. Banyak masyarakat yang cenderung memilih mobil SUV dengan teknologi hybrid. Keren ya desain UV!

Tipe SUV sendiri merupakan perpaduan antara tipe mobil penumpang dan off-road. Karena itulah, SUV tidak hanya cocok dikendarai di jalur perkotaan tapi juga tangguh di medan yang berat seperti jalan bebatuan. Beberapa ciri khas mobil dengan tipe SUV antara lain adalah tersedianya ban serep di bagian belakang mobil serta penggunaan sistem 4WD (Four Wheels Drive).

Sistem penggerak 4WD ini dibekali pada seluruh roda SUV  yang dapat berfungsi secara mandiri, sehingga SUV mampu menerjang medan yang sulit sekalipun. Inilah yang membedakan SUV dengan MPV secara kekuatan. 

Mobil SUV adalah mobil yang dibuat untuk melintasi segala medan,  SUV memiliki Ground Clearance yang tinggi dan ban yang lebih besar ketimbang mobil MPV dan biasanya hanya terdapat 2 baris tempat duduk atau hanya dapat memuat 5 penumpang, meski sekarang ada mobil yang berkapasitas 7 seaters.

Dari kapasitas Mesin , Mobil ini  memiliki kapasitas mesin diatas 1500 cc guna mendukung mobil ini untuk melewati jalanan yang cukup berat. Untuk harga sendiri biasanya SUV lebih mahal ketimbang mobil MPV.

Klasifikasi Mobil SUV

klasifikasi-mobil-suv-adalah

1. Compact SUV

Compact SUV biasa dikenal dengan sebutan Low SUV ataupun Mini SUV. Biasanya memiliki dimensi serta tenaga yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan tipe Mobil SUV yang lain.

Mobil dengan tipe Compact SUV ini biasanya ditujukan untuk penggunaan sehari-hari di jalanan perkotaan. Beberapa mobil yang termasuk ke dalam jenis ini antara lain Daihatsu Terios, Nissan Juke, Toyota Rush, Ford Ecosport, dan Honda HV-R.

2. Medium SUV

Medium SUV memiliki ukuran dimensi serta tenaga mesin yang cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan Compact SUV. Ukurannya yang lumayan besar membuat kabin mobil jauh terasa lebih nyaman dan terkesan lega. Beberapa mobil yang termasuk ke dalam Medium SUV antara lain Nissan X-Trail, Mitsubishi Pajero, Mazda CX-5, dan Toyota Fortuner.

3. Luxury SUV

Masuk ke tipe SUV yang ketiga, yaitu Luxury SUV. Tipe yang satu ini lebih berfokus pada keindahan desain mobil, teknologi terbaru, serta kenyamanan penumpangnya. Beberapa merek mobil yang masuk ke dalam kategori Luxury SUV antara lain Range Rover Sport, Land Rover Discovery, Porsche Cayenne, dan Audi Q7.

4. Full-Size SUV

Tipe yang terakhir adalah Full Size SUV atau yang biasa disebut sebagai ‘the real SUV’. Tipe mobil Full Size SUV ini memiliki tenaga yang besar serta mesin yang sangat kuat sehingga memerlukan konsumsi bahan bakar yang banyak. Beberapa mobil yang masuk ke dalam kategori Full Size SUV antara lain Toyota Sequoia, Nissan Armada, GMC Yukon, dan Chevrolet Suburban.

Kapasitas Mesin Mobil SUV

kapasitas-mobil-mpv

Mengingat fungsinya ini tidak hanya mampu berjalan di jalur perkotaan saja, namun juga di area off-road membuatnya dibekali dengan mesin yang tangguh. Dengan membawa label mobil penjelajah berbagai medan, SUV tidak hanya dibekali sistem 4WD (Four Wheel Drive) saja namun juga dilengkapi mesin yang berkapasitas besar.

1. Compact SUV memiliki kapasitas mesin sekitar 1500 cc.
2. Medium SUV memiliki kapasitas mesin antara 2000 – 2500 cc.
3. Luxury SUV memiliki kapasitas mesin sekitar 3000 cc.
4. Full Size SUV dengan mesin V8 yang powerful dengan kapasitas yang lebih besar dari tipe SUV yang lain.

Desain Mobil SUV

desain-suv-terkini-lebih-sporty

Desain mobil SUV yang dahulu identik dengan tampilan kotak (boxy) nampaknya sudah mulai banyak ditinggalkan. Pergeseran tren yang saat ini yang lebih condong menggunakan desain aerodinamis juga dipicu karena dua hal, yaitu perkembangan teknologi dan perubahan selera konsumen dalam memilih desain mobil yang ingin mereka gunakan.

Evolusi desain SUV secara global sebenarnya sudah cukup lama, hanya saja di Indonesia tren ini baru mulai berkembang di awal tahun 2000-an. Hampir seluruh desain  SUV yang ada saat ini sudah terlihat sangat stylish tanpa adanya bentuk kotak di setiap sudutnya.

Meskipun desain SUV saat ini sudah lebih stylish, namun kesan kokoh dari mobil yang satu ini tetap masih dipertahankan. Kebanyakan SUV saat ini masih memiliki body yang lumayan besar. Hal ini juga berpengaruh pada tingkat keseimbangan SUV, apabila dikendarai dengan kecepatan tinggi akan jauh lebih maksimal. SUV adalah mobil yang memang cukup diminati oleh masyarakat, dikarenakan desainnya yang terlihat berisi. 

Ground Clearance

ground-clearance-mobil-fortuner-suv

Ground Clearance merupakan ruang ataupun jarak yang bisa diukur antara ban kendaraan dengan bagian bawah lantai mobil. Mobil SUV sendiri memiliki ground clearance yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis mobil lainnya.

Dengan jarak ground clearance yang lumayan tinggi membuat mobil dengan tipe SUV cocok untuk dikendarai di medan yang sulit atau jalan yang tidak rata sekalipun. Namun, dengan kondisi tersebut, SUV memiliki risiko tergelincir atau terguling yang lebih tinggi apabila harus belok secara mendadak.

Spesifikasi dan Ukuran Ban

 

ban-mobil-untuk-mobil-suv

Dengan ukuran ground clearance yang cukup tinggi membuat ukuran ban yang digunakan SUV pun umumnya lebih besar jika dibandingkan dengan jenis mobil lainnya. Secara umum, SUV dapat menggunakan dua jenis ban off-road, yaitu:

1. Ban AT (All Terrain)

Ban dengan tipe AT memiliki kombinasi antara corak off-road dan aspal. Tipe ban AT cocok digunakan bagi Anda yang sering beraktifitas dengan jalanan aspal dan off-road ringan.

Ban All Terrain tidak menghasilkan suara bising dan getaran yang berlebihan saat dipacu di jalanan aspal. Untuk urusan pengereman juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tipe ban pada mobil biasa.

2. Ban MT (Mud Terrain)

Jenis ban kedua untuk mobil ini adalah tipe MT atau mud terrain. Ban MT memang dirancang khusus untuk medan off-road yang tergolong berat, seperti jalanan berpasir, berlumpur, dan penuh bebatuan.

Tipe ban yang satu ini sangat tidak cocok jika digunakan di jalanan aspal karena sifatnya yang lebih cepat panas dan cukup rentan mengalami overheat jika gesekan dengan jalanan terlalu besar.

Kapasitas Penumpang

 

interior-mobil-suv-adalah

Mobil dengan tipe SUV sedikit berbeda dengan kebanyakan tipe mobil off-road lainnya dari sisi kapasitas penumpang. Jika mobil off-road biasanya hanya mampu menampung 2 orang penumpang saja, SUV memiliki kapasitas hingga 4 orang penumpang.

Bahkan, saat ini Toyota All New Fortuner sudah memiliki kapasitas penumpang hingga 7 orang. Meskipun dirancang untuk medan yang berat, SUV tetap melakukan konfigurasi tempat duduk dengan sangat baik demi menjaga kenyamanan pengemudi dan penumpangnya.

Fitur Keamanan

 

perlindungan-airbag-pada-mobil

Dengan ukuran body yang cenderung lebih besar dan tinggi jika dibandingkan dengan mobil lain, SUV dinilai lebih aman untuk dikendarai. Menurut Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya, SUV cenderung akan mendorong kendaraan yang lebih kecil jika terjadi sebuah kecelakaan atau tabrakan.

Fitur keamanan dalam mobil ini sendiri biasanya digolongkan menjadi 2 kategori utama, yaitu fitur aktif dan fitur pasif.

1. Fitur Keamanan Aktif

Fitur yang membantu pengemudi dalam menghindari kecelakaan, seperti rem anti-lock, suspensi independen 4 roda, dan sistem anti selip.

2.Fitur Keamanan Pasif

Fitur yang melindungi pengendara jika terjadi kecelakaan, seperti struktur body kendaraan, pre-tensioner seat belt, dan kantung udara.

Kelebihan Mobil SUV

 

kelebihan-mobil-suv-adalah
Di Indonesia saat ini banyak kalangan yang mulai berpindah dari mobil dengan tipe MPV atau
Multi Purpose Vehicle (mobil keluarga) ke tipe mobil SUV atau Sport Utility Vehicle. Selain karena desainnya yang terlihat lebih kokoh, SUV adalah mobil yang dinilai memiliki banyak kelebihan lainnya. Inilah beberapa kelebihan mobil SUV jika dibandingkan dengan mobil MPV:

1.Lebih Nyaman Jika Digunakan untuk Membawa Penumpang

Dengan konsep gabungan antara mobil jip dan sedan,  mobil ini  memiliki perangkat suspensi yang jauh lebih kuat. Oleh karena itu, SUV justru akan lebih nyaman dan aman digunakan untuk kondisi jalanan yang terjal sekalipun.

2.Lebih Efisien untuk Akomodasi Barang Bawaan

Mobil SUV memiliki bagasi yang sangat luas, sehingga cocok digunakan untuk Anda dan keluarga yang sering berpergian. Jika ruang bagasi masih belum mencukupi kebutuhan Anda untuk meletakkan barang bawaan, kursi belakang SUV pun bisa dilipat untuk menambah ruang kosong bagi barang bawaan Anda.

Multi-Purpose Utility Vehicle (MPV)

 

perbedann-suv-dengan-mpv

MPV memang memiliki kesamaan dengan mobil SUV, seperti daya angkut penumpang dan bagasi. Namun, perbedaan utamanya terletak pada desain dan fokus penggunaannya. Mobil SUV cenderung memiliki tampilan yang lebih sporty dan off-road, sedangkan untuk MPV lebih elegan dan berfokus untuk keluarga.

Untuk Kapasitas Mesin,  Mesin Mobil MPV biasanya berkapasitas 1.000-1500 cc  dan hanya menggunakan penggerak roda dua karena mobil MPV memang didesain sebagai mobil keluarga yang hemat bahan bakar

Mobil MPV menjadi jenis mobil yang paling banyak peminatnya juga di Indonesia ketimbang jenis mobil lain, dikarenakan mobil yang berkapasitas banyak penumpang lebih dibutuhkan oleh pengemudi mobil di Indonesia. Mobil MPV di Indonesia yang banyak diminati adalah Toyota Avanza,Daihatsu Xenia,Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga. 

SUV atau MPV semuanya bergantung dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing, ya! Pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, dari Carsome ada beberapa saran untuk Anda anak muda yang mementingkan mobilitas ada baiknya memilih mobil yang cocok untuk anak muda.

Jual mobil bekas dengan aman dan terhindar dari penipuan? CARSOME aja! Prosesnya yang mudah, aman dan nyaman, dijamin mobil bisa terjual dengan penawaran terbaik sesuai kondisi mobil dalam 24 jam* saja loh! Yuk, tunggu apa lagi, mulai jual mobil bekasmu sekarang dan dapatkan keuntungan. Hanya di CARSOME