Cara Perbaiki Mobil Penyok Terlengkap dengan Harganya!

Mobil penyok memang cukup menyebalkan, biasanya mobil penyok atau lecet sedikit rasanya akan sangat sayang jika melakukan klaim asuransi. Banyak pemilik mobil menggunakan asuransi mobil mereka untuk sekali pembaruan pada mobil atau jika memang terjadi musibah sehingga mengharuskan Anda untuk mengklaim asuransi. 

Coating tentu bukan solusi yang tepat untuk mobil penyok Anda, sebab Coating adalah proses pengecatan ulang mobil. Nah, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa mobil penyok sebenarnya masih dapat diperbaiki secara mandiri tanpa harus dibawa ke bengkel. Namun, tentu saja penyok yang dialami bukanlah kerusakan yang timbul akibat benturan atau kecelakaan yang terlalu parah. Jika penyoknya tidak terlalu parah, Anda dapat memperbaikinya sendiri di rumah, lho! Carsome sudah menyiapkan beberapa cara yang efektif dan mudah untuk Anda lakukan!

mobil-penyok-dan-cara-memperbaiki

 

Penyebab Mobil Penyok

1. Mobil Terbentur Sesuatu

Penyebab yang paling sering dan umum terjadi adalah karena adanya benturan. Biasanya mobil terbentur dinding ataupun bidang keras lainnya. Itulah mengapa Anda harus selalu waspada dan berhati-hati dalam berkendara di jalan raya.

2. Tertimpa Benda Jatuh pada Atap Mobil

Penyebab lainnya yang juga sering terjadi adalah karena tertimpa benda yang jatuh pada atap mobil. Kejadian yang paling sering dialami adalah mobil yang tertimpa dahan atau ranting pohon yang cukup besar, hal tersebut biasanya terjadi akibat cuaca buruk serta angin kencang. Oleh karena itu, selalu perhatikan kondisi serta situasi dimana Anda berhenti atau memarkirkan mobil.

3. Ceroboh Saat Parkir

Kecerobohan saat memarkir juga dapat menjadi salah satu penyebab mobil penyok. Terlebih bagi Anda yang baru belajar menyetir dan belum terlalu mahir dalam memarkirkan mobil. Jika memang belum mampu untuk memarkir di tempat yang terlalu sempit, usahakan agar mencari tempat yang lebih nyaman dan mudah untuk memarkirkan mobil Anda.

4. Tabrakan dengan Kendaraan Lain

Tingginya volume kendaraan di Indonesia, apalagi di Jakarta membuat risiko terjadinya kecelakaan juga semakin besar. Kecelakaan atau benturan tersebut tentu saja dapat berdampak pada penyoknya body mobil Anda.

mobil-penyok

Cara Memperbaiki Mobil Penyok

1. Menggunakan Amplas

Jika goresan berada diatas lapisan cat pertama atau kedua, Anda hanya perlu membersihkannya dengan amplas basah 3.000 grit dan sedikit air. Pertama, bersihkan area tersebut agar tidak ada kotoran di sekitarnya. Teteskan air pada goresan dan gosokkan dengan amplas secara perlahan dengan gerakan melingkar.

Ingatlah, untuk meletakkan amplas diatas balok kayu agar gosokan terdistribusikan secara merata. Terus lakukan langkah tersebut hingga goresan hilang. Kemudian, aplikasikan lapisan cat diatasnya sebagai langkah terakhir.

2. Menggunakan Kain Penghilang Goresan

Kain penghilang goresan pada dasarnya adalah kain abrasif dengan bubuk gosok mikro-logam yang ditaburkan di atasnya. Cara kerjanya persis seperti amplas, tetapi tidak terlalu berantakan dan kain ini juga lebih mudah untuk digunakan. Yang Anda butuhkan hanyalah air dan kain ini akan bekerja untuk Anda.

3. Menggunakan Pasta Gigi

Rasanya hampir setiap rumah memiliki sebuah pasta gigi. Yang Anda butuhkan untuk menghilangkan goresan cat yang mengganggu di mobil Anda adalah setetes pasta gigi dengan ukuran sebesar kacang polong dan kain lembab. Gosok pasta gigi di atas goresan dengan gerakan melingkar dan Anda akan melihat goresan menghilang secara perlahan. Pasta gigi pemutih paling cocok untuk kasus ini karena sifatnya yang paling abrasif.

4. Menggunakan Senyawa Penggosok

Setiap kali mobil Anda bergesekan ringan dengan bumper mobil lain, cat dari mobil lain akan menempel pada mobil Anda. Sekarang, Anda mungkin berpikir kalau cat tersebut adalah goresan tetapi untungnya tidak.

Yang perlu Anda lakukan adalah menghilangkan lapisan tersebut dan menggunakan senyawa penggosok untuk menghilangkannya. Bersihkan area tersebut, oleskan senyawa penggosok dan gosokkan ke area tersebut dengan gerakan melingkar menggunakan kain. Hanya dalam beberapa menit, goresan tersebut akan menghilang.

5. Menggunakan Air Mendidih

Metode ini adalah metode kuno yang ampuh dan masih banyak digunakan hingga hari ini pada bumper yang penyok. Anda membutuhkan dua panci, satu dengan air mendidih, dan yang lainnya dengan air dingin.

Yang perlu Anda lakukan adalah menuangkan air panas ke atas penyokan agar bumper yang penyok menjadi cukup lentur sehingga Anda dapat mendorongnya keluar dari dalam. Selanjutnya, tuangkan air dingin ke atasnya untuk mendinginkan area tersebut.

6. Menggunakan Pengering Rambut

Alternatif lain yang serupa adalah menggunakan pengering rambut karena konsepnya sangat mirip. Panaskan area penyok secukupnya sehingga Anda dapat mendorong bagian yang penyok ke luar.

7. Menggunakan Plunger

Anda akan membutuhkan plunger yang lebih kecil dari penyok di mobil Anda dan jika penyoknya cukup kecil, Anda bahkan dapat menggunakan mangkuk penyedot dari dudukan handphone di dalam mobil. Anda membutuhkan sedikit air pada plunger atau cangkir hisap dan mobil untuk membantu menciptakan segel. Dorong sepenuhnya ke bawah untuk mengeluarkan udara dan tarik dengan kuat. Penyoknya akan langsung keluar!

8. Menggunakan Es Batu

Metode selanjutnya untuk memperbaiki mobil yang penyok adalah dengan menggunakan es batu. Pertama, Anda harus menyiapkan es batu dan tempelkan pada bagian body mobil yang penyok lalu diamkan selama kurang lebih 2 menit.

Tunggu hingga butiran-butiran yang berbentuk salju keluar. Nantinya butiran-butiran tersebut akan mampu menghilangkan bagian yang penyok pada mobil Anda. Selanjutnya, siapkan hair dryier untuk melepaskan es batu dari bagian body mobil yang sudah tidak penyok.

9. Menggunakan Paint-less Dent Removal (PDR)

Metode Paint-less Dent Removal (PDR) merupakan metode yang biasa digunakan untuk memperbaiki penyok pada mobil tanpa adanya proses pengecatan ulang. Keuntungannya adalah cat orisinil dari mobil akan tetap terjaga.

Proses pengerjaan penyok dengan metode PDR ini biasanya berkisar antara 15 menit hingga 1 jam, bergantung pada tingkat kesulitan penyok yang harus diperbaiki.

 

harga-memperbaiki-mobil-penyok

Harga Body Repair Mobil Penyok

Biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan untuk penyok mobil Anda di bengkel khusus body repair biasanya tidak terlalu jauh dari biaya yang dipatok di bengkel resmi. Untuk biayanya sendiri biasanya terbagi sesuai dengan pengerjaan panel yang Anda inginkan, misalnya panel pintu, bumper, ataupun spoiler/wing.

Biaya perbaikan per panel pun berbeda-beda pada setiap bengkel, namun secara umum berkisar antara 350 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Sementara untuk biaya pengecatan biasanya dibanderol di kisaran harga 300 ribu rupiah hingga 650 ribu rupiah per panelnya.

Tempat  Tindakan  Harga
Cat Duco Mobil / Bengkel Las  Per Satu Panel Body  Rp 200.000 – Rp 300.000
Kap mesin & Atap Mobil  Rp 400.000 – Rp 500.000
Full Body  Rp 2.500.000 – Rp 5.000.000
Bengkel Body Repair  Panel Kecil per satuan  (Pintu, Bemper, Bagasi) Rp 350.000 – Rp 600.000
Panel Besar ( Kap mesin & Atap) Rp 600.000 – Rp 800.000 
Full Body Cat Siram Rp 8.000.000 – Rp 15.000.000
Full Kerok Rp 20.000.0000
Dealer Resmi  Panel Besar/Kecil per satuan  Rp 700.000 – Rp 1.500.000
Full body Rp 15.000.000

Mobil Anda penyok? Tidak perlu ragu untuk memperbaikinya atau coba untuk memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Berhati-hati ya untuk tidak membuat kerusakannya semakin parah. Nah, penyok seperti ini bisa mengurangi harga jual mobil Anda, lho! Jika ingin menjual mobil, pelajari tips cara jual mobil bekas cepat laku.  

Jual mobil lama Anda dan beli mobil bekas berkualitas di Carsome saja. Seluruh proses transaksinya sudah pasti terpercaya, mudah, dan cepat. Jual mobil dengan cepat tanpa hambatan, 1 hari saja Anda sudah bisa mendapatkan pencairan dananya. Ingat untuk membawa berkas yang lengkap. Tunggu apa lagi, nikmati cara baru jual dan beli mobil di Carsome

Baca juga: Kode Plat Nomor Belakang, Lokasi, Jenis Hingga Cara Bacanya!