Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin Pada Mobil Terupdate

Perbedaan mesin diesel dan mesin bensin tidak hanya pada penggunaan bahan bakarnya saja nih Sobat Carsome. Nyatanya cara kerja dan fungsinya juga berbeda. Umumnya mesin diesel didominasi oleh mobil SUV.   

Mobil LCGC (Low Cost Green Car) saat ini juga sedang mendominasi pasar otomotif di Indonesia selain mobil listrik. Untuk mesin diesel atau bensin mana yang terbaik?  Yuk, supaya Sobat Carsome gak salah dalam memilih mesin mobil, ada baiknya membaca informasi lengkap ini terkait 10 perbedaan mesin diesel dan mesin bensin berikut sebelum membeli mobil! 

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

 

perbedaan-mesin-diesel-dan-mesin-bensin-mobil-isi-bensin

1. Jenis Bahan Bakar yang Digunakan 

Komponen bahan bakar menjadi salah satu elemen penting yang ada pada kendaraan roda empat untuk proses pembakaran. Sesuai dengan namanya, mobil dengan tenaga mesin diesel akan menggunakan solar sebagai bahan bakarnya dengan cara dikompres dulu sampai memanas. 

Sementara itu, mesin yang ditenagai dengan bensin akan menggunakan gasolin. Bahan bakar ini kemudian akan dicampur dengan udara dan diproses dengan piston. Kemudian, akan dinyalakan oleh percikan api dari komponen besi. Pada mobil yang menggunakan bensin, ada baiknya untuk memperhatikan kompresi mobil. Ini digunakan untuk menyesuaikan penggunaan oktan bensin yang tepat.

2. Penggunaan Oli

Dari segi perawatan, mesin diesel dan bensin memiliki perbedaan dari penggunaan olinya. Penggunaan oli pada mesin diesel oli ini bisa dibilang lebih kental karena mesin diesel memiliki ruang pembakaran yang lebih panas dibandingkan dengan mesin bensin.

Berbeda halnya dengan mesin diesel, pada mesin bensin penggunaan oli yang disarankan yaitu lebih encer. Namun penggunaan oli harus tetap disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mesin yang dimiliki. 

Mengenali kapan oli mobil harus diganti adalah hal yang cukup penting. Oli membantu berbagai komponen mesin mobil terhindar dari keausan. Hal ini juga dikarenakan fungsi oli sendiri berhubungan dengan shock absorber.

3. Performa Mesin

Sementara itu jika dibandingkan dengan performa mesin yang dimiliki oleh mesin diesel dan bensin, maka mesin diesel jauh lebih unggul. Perbedaan mesin bensin dan mesin diesel Mesin diesel memiliki performa lebih baik karena mampu memberikan tenaga yang lebih besar daripada mesin bensin. 

Sayangnya, jika anda melihat dari segi tingkat responsif serta akselerasi dari mesin, maka bensin akan lebih unggul. Maka dari itu, penggunaan mesin kendaraan roda empat bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki.

4. Keamanan Mesin

Selain dari segi performa, ternyata mesin diesel dan mesin bensin juga berbeda dari segi keamanan yang digunakan. Untuk aspek ini, banyak yang mengunggulkan mesin diesel daripada mesin bensin. 

Pasalnya, pada sistem mesin diesel tidak memerlukan tegangan listrik pada sistem pembakaran untuk memicu nyalanya mesin. Tak hanya itu saja, mesin diesel juga lebih unggul karena tidak mengganggu gelombang. Sehingga, banyak digunakan pada kebutuhan tertentu.

5. Kebutuhan Bahan Bakar

Jumlah kebutuhan bahan bakar antara mesin bensin diesel juga cukup berbeda secara signifikan. Pasalnya, mesin diesel ini lebih unggul karena sangat awet dan juga efisien. Hanya saja, solar ini dibutuhkan pada mesin yang membutuhkan tenaga maksimal. 

Sebaliknya, mobil mesin bensin memiliki tingkat kebutuhan yang jauh lebih tinggi. Jadi, akan cukup menguras kantong jika digunakan untuk jarak yang jauh karena mesin membutuhkan banyak bahan bakar.

6. Perawatan Mesin

Selain dari kebutuhan bahan bakar, ternyata perbedaan mesin bensin dan mesin diesel bisa diketahui dari segi perawatannya yang cukup berbeda secara signifikan. Untuk perawatan mesinnya, kedua memiliki tips dan trik tersendiri untuk menanganinya. 

Namun, untuk mesin diesel memang memerlukan tingkat perawatan ekstra dan khusus. Pasalnya jika dilihat secara detail, mesin diesel memiliki sistem ruang pembakaran yang lebih rumit daripada mesin bensin. 

Jika sebelumnya mesin diesel lebih unggul karena kebutuhan bahan bakar yang lebih efisien, maka mesin bensin akan lebih baik dari segi perawatannya. Meskipun mesin diesel memiliki performa yang tangguh dan kuat, namun hal ini harus diikuti dengan perawatan yang baik. 

Pemilik kendaraan roda empat dengan mesin diesel harus melakukan perawatan ekstra untuk membersihkan komponen komponen bagian dalam mesin. Apalagi pada bagian sistem ruang pembakaran yang cepat kotor dan kompleks. Jadi perlu perawatan secara rutin dan berkala dengan tepat.

7. Cara Kerja Mesin Diesel dan Bensin 

Untuk bisa menghasilkan torsi yang besar, mesin diesel memiliki cara kerjanya sendiri agar bisa memberikan performa dan hasil yang maksimal untuk mobil Anda. Mesin diesel mempunya 4 langkah utama yang harus dilalui agar mesin dapat bekerja dengan efektif dan maksimal.

Cara kerja mesin diesel:

  • Langkah yang pertama biasa disebut dengan langkah hisap. Pada tahap ini udara dari luar akan masuk ke dalam ruang pembakaran melalui bagian katup. Proses ini membuat piston bergerak dari titik mati atas atau TMA ke titik mati bawah atau TMB, sehingga ruang pembakaran akan mengalami pembesaran.
  • Tahapan selanjutnya disebut dengan langkah kompresi. Saat piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA) akan mengalami proses kompresi dimana akan terjadi pemampatan udara. Saat proses pemampatan udara tersebut, bagian katup udara hisap serta katup pembuangan akan tertutup rapat. Dengan begitu, tekanan dan suhu di dalam mesin akan naik.
  • Pada langkah kerja atau ada pula yang menyebutnya langkah usaha, proses pembakaran terjadi. Saat piston sudah berada di titik mati atas (TMA) serta suhu dan tekanan udara yang sudah sangat tinggi, solar akan disemprotkan dari injektor ke ruang pembakaran. Proses tersebut menyebabkan solar terbakar karena suhu udara yang melebihi titik nyala solar. Hal itu membuat piston mulai mendorong dan bekerja untuk dapat menggerakkan mesin mobil.
  • Pada langkah terakhir atau langkah buang, piston akan bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) dengan kondisi katup hisap yang tertutup. Hasil pembakaran yang sudah ada akan dibuang melalui katup pembuangan. Proses selanjutnya akan berulang dari langkah hisap.

Cara kerja mesin bensin: 

  • Piston akan turun sehingga posisi katup masuk akan terbuka sementara katup keluar tertutup. Saat proses ini terjadi, bahan bakar akan bercampur dengan udara yang terhisap masuk ke dalam ruang pembakaran.
  • Selanjutnya piston akan bergerak naik yang menyebabkan posisi katup masuk dan katup keluar tertutup. Disini akan terjadi proses kompresi atau pemampatan bahan bakar dengan campuran udara yang dihasilkan dari gerakan piston sebelumnya.
  • Akan timbul percikan api dari busi yang dihasilkan dari tegangan tinggi dari coil. Posisi katup masuk dan katup keluar akan tertutup sehingga percikan (ledakan kecil) tadi menghasilkan tenaga yang bisa mendorong piston bergerak ke bawah. Pergerakan tersebut akan dilanjutkan ke crank shaft yang juga akan ikut bergerak seperti ayunan sepeda.
  • Piston akan naik dengan kondisi katup masuk tertutup dan katup keluar terbuka. Pada proses ini akan terjadi pembuangan gas hasil dari pembakaran atau ledakan kecil sebelumnya.
  • Setelah itu proses akan berulang dari langkah pertama.

8. Jenis-Jenis Mesin Diesel dan Bensin yang Ada di Indonesia

Di Indonesia, umumnya terdapat 3 jenis mesin diesel yang digunakan untuk mesin mobil. Penggunaan mesin diesel pun semakin menjadi pilihan karena proses pembakaran mesinnya yang lebih baik dan dinilai lebih ramah lingkungan.

Penggunaan mesin diesel sendiri pun sudah diaplikasikan untuk mobil-mobil berjenis SUV (Sport Utility VehicleI) demi mendapatkan performa yang maksimal. Inilah 3 jenis mesin diesel yang ada di pasar otomotif Indonesia saat ini.

  • Indirect Injection
    Untuk jenis yang satu ini banyak digunakan pada mobil-mobil SUV, mobil berukuran sedang, hingga truk berukuran kecil (kapasitas rendah dibawah 3.000 cc). Ciri khas yang bisa ditemui dari mesin diesel indirect injection adalah memiliki dua buah ruang pembakaran. Namun, belakangan ini untuk mesin-mesin diesel produksi terbaru sudah tidak menggunakan jenis ini. Indirect injection memiliki efisiensi pembakaran yang tidak terlalu bagus dan juga menghasilkan emisi yang buruk, sehingga tidak ramah lingkungan.
  • Direct Injection
    Jenis mesin diesel yang kedua adalah direct injection. Memiliki desain yang dinilai lebih praktis, direct injection memiliki ruang pembakaran yang letaknya di atas piston. Umumnya digunakan untuk kendaraan-kendaraan seperti bus, truk, dan truk tronton. Jika dibandingkan dengan mesin indirect injection, jenis yang satu ini memiliki performa yang jauh lebih baik dari segi pembakarannya sehingga untuk emisinya dapat lebih terjaga.
  • Common Rail Direct Injection
    Jenis mesin diesel yang ketiga ada versi terbaru dari mesin diesel yang sudah menggunakan teknologi berbasis komputer. Dengan teknologi tersebut, volume bahan bakar yang dikeluarkan melalui injector akan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Teknologi mesin common rail direct injection ini sudah mulai digunakan pada mobil-mobil seperti Fortuner, Pajero Sport, hingga Captiva.

Sementara inilah jenis-jenis mesin bensin:

  • Mesin Bensin 2 Tak
    Dinamakan 2 tak karena jenis mesin ini hanya memiliki 2 langkah kerja dalam proses pembakarannya. Meskipun mesin bensin 2 tak mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dari mesin bensin 4 tak, namun saat ini sudah tidak diproduksi lagi. Alasannya karena menghasilkan emisi yang buruk dan sistem pembakaran bensinnya tidak efisien
  • Mesin Bensin 4 Tak
    Sesuai dengan namanya, mesin bensin 4 tak memiliki 4 langkah kerja dalam proses pembakarannya. Jenis mesin ini bisa dibilang 2 kali lebih irit jika dibandingkan dengan mesin bensin 2 tak. Saat ini kebanyakan mobil menggunakan mesin bensin 4 tak.
  • Mesin Bensin EFI (Electronic Fuel Injection)
    Mesin bensin EFI menggunakan sebuah sistem untuk menyuplai bahan bakar bensin dari tangki secara langsung melalui injektor. Mesin bensin EFI sudah tidak menggunakan karburator lagi karena sistem buka tutup injektor pada mesinnya bekerja secara otomatis dengan bantuan beberapa sensor.

9. Aspek Getaran

Aspek getaran pada mesin diesen lebih rentan mengalami getaran dibanding mesin bensin yang cenderung lebih halus. Ini disebabkan karena kompresi diesel elbih tinggi 1 banding 16-23, sementara mesin bensin 1 banding 8-12. Ini juga yang mebyebabkan mengapa suara mobil mesin diesel lebih besar dibanding mesin bensin yang halus.

10. Harga

Harga yang dipatok untuk mesin diesel di pasaran lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan mesin bensin. Hal tersebut disebabkan karena mesin diesel memerlukan material mesin yang lebih kuat untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kompresinya yang cukup tinggi.

11. Faktor Ramah Lingkungan

Perbedaan lainnya yang juga mudah dipahami yaitu dari sisi tingkat keramahan lingkungan. Secara mekanis, jenis mesin diesel tidak memiliki performa untuk melakukan pembakaran dengan maksimal. Maka dari itu, asap yang dikeluarkan mesin diesel menciptakan kepulan yang cukup tebal.

Mana yang Lebih Bagus Mesin Diesel atau Mesin Bensin?

mana-yang-lebih-baik-mesin-bensin-atau-mesin-diesel

Jika memandang dari segi lingkungan makan bensin adalah mesin bensin lebih baik. Biasanya mesin diesel cenderung mengeluarkan asap. Lalu, jika pertimbangan mengenai ekonomis terutam adari harga bahan bakar, maka mesin diesel adalah pilihannya.

Tentu saja penggunaann yang tepat pada kondisi yang tepat itulah yang wajib Anda pertimbangkan. Dari sisi performa mesin diesel dapat diandalkan dari segi torsi, apalagi jika Anda tinggal di daerah pedesaan. Namun jika mempertimbangkan kecepatan, maka Anda cocok menggunakan mesin bensin. Nah, untuk itu pertimbangkan dengan baik dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya!

Jadi gimana Sobat Carsome, udah mulai kebayang kira-kira mau mesin diesel atau bensin? Apapun itu belajarlah untuk memahami alasan finansial dan kebutuhan dibalik memilih mobil. Beli mobil baru atau mobil bekas tidak menjadi masalah sepanjang Anda memikirkan pengeluaran yang akan dihadapi kedepannya! 

Mobil Bekas Bukan Berarti Tidak Berkualitas, ya!

beli-mobil-bekas-berkualitas-di-carsome

Beli mobil bekas berkualitas di Carsome selalu menjadi keputusan yang tepat untuk Anda! Mengapa? Selain karena Carsome adalah  Platform E-Commerce mobil bekas terintegrasi terbesar Se-Asia Tenggara yang memiliki 1000 lebih mitra terpercaya di Indonesia. Prosedur membeli mobil bekas di Carsome sangatlah mudah, Anda hanya perlu memilih mobil bekas yang ada di Carsome melalui website dan melakukan booking test drive. Setelahnya Anda dapat berkonsulatasi pada konsultan Carsome, ingat seluruh transaksi yang ada di Carsome berlangsung transparan tanpa ada biaya pungutan. Jadi, tunggu apa lagi? Sekarang waktunya lebih cerdas secara finansial dengan beli mobil bekas berkualitas di Carsome!

Baca juga: Perbedaan Mobil SUV dan MPV