Kenali Oktan Bensin yang Sesuai Untuk BBM Mobil Anda

Oktan bensin adalah angka yang menyatakan tekanan yang ada semula sebelum bensin mulai dibakar. Ketika mengetahui nilai oktan bensin, maka kita akan Biasanya jika oktan bensin yang digunakan cenderung rendah ini akan memacu kinerja mesin dan kerap kali menimbulkan knocking atau biasanya disebut mesin ngelitik.

Ini disebabkan karena penggunaan bahan bakar yang kurang berkualitas atau bahkan tidak sesuai dengan keperluan mesin. Sehingga, pembakaran tidak terjadi secara sempurna dan bisa mengeluarkan asap. Nah, untuk itu Sobat Carsome mari pelajari terlebih dahulu semua hal seputar oktan bensin! 

Daftar:

cara-memilih-oktan-bensin-yang-tepat-untuk-mobil

Tips Memilih Oktan Bensin yang Sesuai

Oktan bensin memiliki singkatan RON (Research Octane Number) untuk Indonesia sendiri terdiri dari 88, 90, 92, 95, 98. Fungsi dari oktan bensin itu sendiri memudahkan pekerjaan mesin pada umumnya. Namun, bukan berarti nilai oktan harus dijadikan sebagai faktor utama memilihnya sebagai bahan bakar kendaraan Anda. Jadi, inilah yang wajib Anda pertimbangkan ketikan memilih bahan bakar:

1. Mobil Rasio Kompresi Tinggi, Oktan Bensin Wajib Tinggi

Memilih bahan bakar yang baik harus disesuaikan dengan jenis mesin mobil Anda. Biasanya jenis mobil seperti SUV dan MPV sudah sewajarnya menggunakan bensin dengan nilai oktan 92. Pada mobil yang memiliki rasio kompresi yang tinggi, maka dibutuhkan oktan yang tinggi juga. 

Mengapa? Oktan yang tinggi lebih tahan terhadap kompresi. Rasio kompresi mobil yang tinggi mewajibkan mesin harus mampu mengeluarkan energi mekanis lebih banyak. Jadi, jika memilih bahan bakar dibawah oktan, proses pembakaran cenderung lebih cepat karena bahan bakar dengan oktan rendah lebih sulit terbakar. Sehingga, akan terjadinya penumpukan kerak di ruang bakar dan dapat menimbulkan knocking. Hal ini justru akan membuat Anda lebih boros dalam menggunakan bbm.  

2. Jenis Oktan dan Nilai Kompresi

Jadi, inilah alasan mengapa tidak boleh sembarangan memilih oktan untuk kendaraan Anda. Lihat berapa rasio kompresi yang dimiliki oleh mesin mobil Anda. Lalu, sesuaikan dengan kebutuhan oktannya seperti informasi berikut. Pastikan Anda mengetahui rasio kompresi mobil Anda terlebih dahulu, ya!

Jenis Octane  Rasio Kompresi Mobil  Jenis Bahan Bakar
Octane 88 7 s/d 9:1 Premium 
Octane 90  9:1 s/d 10:1  Pertalite 
Octane 92 9 s/d 10:1 Pertamax, Shell Super, Total 92
Octane 95  10 s/d 11:1 VPower, Total 95 
Octane 98  11:1 s/d 13:1 Pertamax Turbo 
Octane 102  13 s/d 1:1  Pertamax Racing 100 
Octane 108  14 s/d 1:1 

Pengaruh Oktan BBM Terhadap Kinerja Mobil 

Penggunaan oktan BBM yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan rasio kompresi tentunya tidak baik. Mengapa? Menurut Kompasotomotif mengatakan bahwa ini akan menyebabkan terjadinya fuel dilution. Sebaliknya, jika oktan bensin yang digunakan terlalu rendah ini akan menyebabkan knocking.

1. Fuel Dilution 

Secara garis besarnya  fuel dilution adalah situasi dimana bercampurnya bensin dengan oli. Sehingga, membuat oli terkesan sangat encer dan bisa menghalangi proses oli melumasi berbagai bagian mesin lainnya. Jika, oli gagal dalam melumasi berbagai bagian dan komponen, maka mesin akan aus, bensin lebih cepat boros dan mobil cenderung mengalami overheating dengan cepat. 

Gejala yang dapat Anda lihat ketika kendaraan mengalami Fuel Dilution adalah oli kuning kecoklatan pada permukaan logam. Oli menjadi lebih encer dan baunya justru lebih pekat seperti bensin. Jadi, ketika Anda mengganti oli mobil Anda periksa juga apakah ada kemungkinan mobil Anda mengalami hal demkian. Jika ya, pastikan juga untuk mengecek komponen mesin lainnya dan filter oli

2. Knocking 

Mesin ngelitik atau yang biasanya disebut knocking, ini terjadi akibat penggunan bahan bakar yang memiliki oktan terlalu rendah dari yang semestinya Anda gunakan. Gejala yang dapat Anda periksa biasanya ada muncul bunyi ketukan pada mesin. Nah, jika sudah mendengarnya pastikan permasalahan yang ditimbul datangnya dari bahan bakar Anda yang kurang baik, atau kah kotoran pada busi dan filter udara yang perlu dibersihkan. Namun, sebaiknya perhatikan dengan baik juga kebersihan filter bahan bakar. Pastikan untuk menanyakan atau menggantinya ketikan Anda melakukan service berkala.

3. Mobil Lebih Irit Bahan Bakar 

Jarak tempuh menjadi terasa lebih panjang saat Anda menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan bensin yang sesuai dengan kebutuhan rasio kompresi Anda. Ini disebabkan karena pembakaran yang terjadi berlangsung secara efisien. Untuk itu, ada baiknya sejak awal membeli mobil baru maupun bekas, perhatikan kebutuhan mesin dengan baik. Sehingga, Anda juga dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan finansial Anda ketika membeli kendaraan. 

4. Kinerja Mesin Lebih Enteng 

Tidak sedikit yang setuju dengan hal ini, bahkan cenderung disalahartikan bahwa dengan menggunakan oktan tinggi justru membuat mesin mobil semakin lebih enteng. Ini terjadi jika sesuai dengan kebutuhan mesin. Jadi, ketika oktan bensin sesuai maka tarikan mobil akan jauh lebih mudah dan nyaman untuk dikendarai. Oktan lebih rendah tentu akan memaksa kinerja mesin, sehingga tarikan terasa tidak halus dan seperti terpaksa. 

5. Lebih Ramah Lingkungan 

Biasanya semakin tinggi oktan, maka semakin sedikit emisi gas buangnya. Sehingga, lebih terjamin keamanannya untuk lingkungan karena dapat mempengaruhi kualitas udara perkotaan. Pemerintah menganjurkan untuk paling tidak menggunakan BBM beroktan 90 untuk menjaga kestabilan kota dari pencemaran udara. Saat ini berbagai mobil yang mendukung lingkungan juga sudah mulai dikembangakan, salah satunya deretan mobil LCGC.

Bacaan Terkait:  
10 Mobil Sedan Murah, Irit, Elegan & Terbaru di Tahun 2021 
Peraturan Mobil 10 Tahun Dilarang Mengaspal di Jakarta 
Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas yang Wajib Diperhatikan!

Bahaya Keseringan Gonta Ganti Oktan BBM 

Keseringan menggonta-ganti bahan bakar kendaraan akan membuat kompresi mesin lama-lama berkurang daya fungsinya. Apalagi jika Anda mengganti dengan oktan bensin yang tidak sesuai dengan rasio kompresi mobil ini akan memupuk kerak pada mobil dan membuat performa mesin mobil lama kelamaan menjadi tidak optimal. 

Untuk itu, jika Anda terpaksa harus menggantinya dengan bensin jenis lainnya. Maka, usahakan untuk menggosongkan terlebih dahulu tangki bensin. Mengapa? Setiap bensin memiliki tarikan yang berbeda. Untuk menghindari kaget pada mesin, Anda perlu mengosongkannya terlebih dahulu. 

Hindari Octane Booster, Sayangi Bumi dan Sesama! 

Hindari menggunakan kamper atau kapur barus untuk meningkatkan nilai oktan mobil. Ini sangat-sangat fatal untuk pernafasan. Bahkan, jika terkena mata ini bisa menyebabkan katarak. Untuk itu, berhati-hatilah jika ada produk yang ditawarkan untuk meningkatkan nilai oktan mobil Anda. Zat octane booster biasanay emngandung besi (Fe), timbal (Pb) dan mangan (Mn). Selain berbahaya untuk setiap individu, ini sangat merusak bagi lingkungan dan dapat merusak kinerja komponen busi pada mobil Anda secara jangka panjang. 

Jadi, Pakai Oktan Tinggi Bisa Menghemat Bensin? 

Sobat Carsome, milikilah pikiran untuk merawat dan menjaga performa mesin mobil dengan baik. Ketimbang mempercayai oktan tinggi dapat menghemat bensin, ada baiknya untuk menggunakan oktan yang sesuai dengan rasio kompresi mobil Anda agar tarikan dapat sesuai dan performa mesin dapat terjaga. 

Dengan demikian, mobil Anda akan lebih awet dan mesin terjaga dari waktu ke waktu. Oktan yang tinggi memang disarankan untuk digunakan supaya Anda dapat ikut menghindari pencemaran udara. Selain karena membuat tarikan menjadi lebih enteng, oktan tinggi yang disesuaikan dengan mesin Anda juga bisa membuat mesin lebih awet dan terhindar dari berbagai masalah mesin aus atau ngelitik. 

Mobil Bekas Carsome Kualitasnya Terjamin!

beli-mobil-bekas-atau-mobil-baru

Carsome Promise adalah bentuk jaminan yang dihadirkan Carsome untuk setiap konsumen yang hendak membeli mobil bekas di Carsome. Mulai dari pemeriksaan 175 titik inspeksi secara detail dan mendalam, bebas biaya pungutan, garansi mobil 1 tahun hingga jaminan 5 hari uang kembali jika Anda kurang merasa puas dengan mobil bekas yang dijual.

Tunggu apa lagi? Kunjungi Carsome atau konsultasikan kebutuhan Anda di (021) 5020 2030. Carsome adalah Platform jual beli mobil terintegrasi dan terbesar Se-Asia Tenggara dan memiliki mitra terpercaya lebih dari 1000 di Indonesia. Jadi, nikmati berbagai keseruan dan kemudahan dalam jual dan beli mobil bekas di Carsome

Baca juga: Tanda Oli Mobil Kurang dan Harus Diganti Sekarang Juga!