Beli Mobil Baru atau Bekas? Resikonya dan Mana yang Lebih Baik?

Beli mobil baru atau bekas memang dibutuhkan analisa yang tepat terhadap kebutuhan Anda. Pandemi ini membuat banyak masyarakat jadi lebih memahami pentingnya memiliki kendaraan agar dapat menjaga diri lebih aman dari berbagai macam penyakit.

Memiliki mobil di daerah perkotaan memang sangat membantu mobilitas Anda sehari-hari sehingga menjadi lebih efisien baik secara waktu, tenaga maupun pengeluaran. Saat ini masyarakat mulai mempertimbangkan membeli mobil bekas berkualitas. Namun, banyak yang juga merasa bahwa membeli mobil bekas terlihat sebagai suatu hal yang berisiko. Benarkah demikian? Yuk, simak selengkapnya!

Daftar Isi:

Apakah Mobil Bekas Beresiko? Keuntungan Membeli Mobil Bekas

 

beli-mobil-baru-atau-bekas-mana-yang-lebih-baik

 

Faktor finansial terbukti menjadi pendorong untuk masyarakat membeli mobil bekas. Mengapa demikian? Menurut Kompas.com masyarakat di pandemi ini lebih memilih membeli mobil bekas selain karena finansial, masyarakat cenderung memilih mobil bekas berkualitas yang langsung bisa dipakai dan terjamin kualitasnya.  Berikut penjelasannya!

1. Harga yang Murah

Beda halnya dengan membeli mobil baru, meskipun mesin terkesan baru dan mendapatkan PPnBM ada beberapa hal yang patut dipikirkan secara matang antara lain: Mampukah Anda membayar pajak kendaraan setiap tahunnya? Berapakah biaya maintenance service mobil berkala? Berapa harga depresiasi mobil setelah 5 tahun penggunaan? Untuk itu dengan alasan inilah membeli mobil bekas yang berkualitas jauh lebih menguntungkan secara finansial. 

2. Low Maintenance Cost 

Lain halnya, membeli mobil bekas bisa jadi beresiko jika Anda membeli mobil bekas banjir. Selain itu jika Anda tidak teliti terhadap komponen lain dalam mobil. Ini dia mengapa perlu memiliki pengetahuan yang cukup kuat saat ingin membeli mobil bekas.

3. Pilihan yang Banyak

Beli mobil bekas di dealer setempat atau pada platform memang memiliki banyak pilihan. Namun, biasanya ada dituntut untuk menjadi lebih teliti dan jeli terhadap mobil-mobil bekas yang ada. Ini bisa menjadi keuntungan sekaligus kerugian dalam satu waktu. Jadi, pastikan Anda memahami jenis mobil yang ingin Anda pilih dan mobil seperti apa. Beda halnya dengan membeli mobil baru, tentunya Anda hanya terpaku pada satu pilihan brand saja. Membeli mobil baru memang baiknya dilakukan di dealer resmi. Jika membeli mobil bekas, ada baiknya menggunakan platform jual beli mobil bekas yang memang terpercaya.

4. Mobil Bekas Melewati Inspeksi 

Biasanya pada setiap platform atau dealer setiap mobil bekas yang masuk selalu dilakukan inspeksi. Hanya saja yang membedakan setiap dealer adalah seperti apa ketelitian dan keakuratan yang diberlakukan untuk menginspeksi mobil bekas yang masuk. Ini dia yang menjadi keunggulan Carsome dalam segi ketelitian dan quality control.

Bacaan Terkait:  
Depresiasi, Penurunan Harga Mobil dan Tips Harga Jual Mobil
Mengapa Harus Memilih Mobil Hatchback? Ini Alasannya!
Apa Itu Mobil Hybrid? Kelebihan dan Perbandingannya dengan Mobil Listrik

Mengapa Membeli Mobil Bekas di Carsome? 

Menjual mobil bekas di Carsome memang terbilang mudah dan cepat. Namun, bukan berarti proses inspeksi yang dilakukan tidak ketat. Selain itu transparansi dalam proses membeli ataupun menjual yang jelas sangat diberlakukan untuk konsumen. Jadi, ketika mobil pelanggan yang hendak dijual sampai di Carsome, inspektor mulai melakukan 175 pengecekan titik mesin pada mobil dengan teliti.  Inilah mengapa Carsome memiliki standar tersendiri pada mobil bekasnya yang dinamakan Carsome Certified.

Kriteria mobil yang Carsome terima untuk dijual kembali adalah mobil-mobil yang sudah melalui proses verifikasi keaslian dokumen, test drive pengecekan transmisi, ABS, mesin, eksterior hingga interior mobil untuk memastikan mobil bebas dari kecelakaan dan banjir. Sehingga, semua mobil bekas yang Carsome miliki sudah pasti terjamin dari segi kualitas. Yuk, simak gambaran besar seperti apa pengecekan 175 titik inspeksi hingga perawatan mobil bekas di Carsome! 

beli-mobil-bekas-berkualitas

1. Inspeksi Road Test Memastikan Fungsi Steer 

Kinerja dan fungsi stir adalah hal yang sangat penting agar dapat mengemudi dengan aman. Kebanyakan masalah pada stir adalah stir terasa berat, bergetar dan susah untuk dimanuver. Jika sudah terjadi demikian, biasanya ada permasalahan pada power steering, oli atau ban kempes. Komponen yang diperhatikan khusus biasanya kinerja mesin, rem, steering, pengecekan tarikan hingga transmisi.

2. Inspeksi Komponen Undercarriage

Kaki-kaki mobil sering menjadi masalah utama pada mobil bekas, untuk itu inspektor Carsome akan selalu memastikan bagian ini berfungsi dengan baik bersama dengan komponen lainnya. Permasalahan yang sering dihadapi mobil bekas adalah engine mounting yang rusak. Dimana adanya timbul getaran pada mobil, suara mobil yang kurang normal terutama ketika melewati jalanan rusak dan tanjakan. Hal inilah yang perlu sangat diperhatikan. Komponen umum yang sudah pasti dicek biasanya seperti cairan pada mobil, sisitem kelistrikan, transmisi, suspensi, pengereman, hingga fungsi kinerja ban dan komponen penyokong mesin lainnya. 

3. Rangka atau Sasis Mobil 

Kerangka mobil seharusnya menjadi hal yang cukup diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan. Pengecekan terhadap sasis mobil wajib dilakukan karena sasis mobil adalah penopang utama kendaraan mobil seperti mesin, transmisi, suspensi, roda, setir, rem dan lainnya. Oleh karena itu, inspektor Carsome tidak akan melewatkan proses pengecekan komponen ini.

4. Rangka Eksterior Mobil 

Carsome certified adalah bentuk komitmen Carsome terhadap masyarakat dalam menyediakan mobil bekas berkualitas yang berarti bebas dari tabrakan. Untuk memastikan hal tersebut maka dengan pengalaman dan pembekalan khusus untuk inspektor agar mampu mendeteksi rangka mobil yang sudah diganti dan tidak lagi seperti semula karena tabrakan.  Bagian eksterior pada mobil yang sering kali menjadi fokus utama adalah pintu, kaca, bumper, body, hingga lampu eksterior mobil dan berbagai komponen lainnya. 

5. Bagian Interior & Fungsi Elektronik 

Ada beberapa fungsi yang wajib diperhatikan pada mobil salah satunya adalah power window. Jika bagian power window ini macet bisa menandakan bahwa mobil bekas adalah mobil yang sudah berusia cukup lama atau bisa jadi adanya korslet pada fungsi kelistrikan mobil. Berbicara mengenai interior ini tentunya sangat dinamis, semua pengecekan interior didasari pada elemen elektrik dan fungsi yang setiap mobil berikan. Misalnya sunroof, sabuk pengaman, lampu indikator, kompartemen, AC dan berbagai tombol dan indikator lainnya pada kendaraan. 

6. Pengecekan Dokumen 

Selain memperhatikan komponen pada mobil, Carsome juga memperhatikan keaslian dokumen dan legal dari kendaraan yang terjual di Carsome. Paling tidak beberapa dokumen penting yang wajib dimiliki adalah BPKB Mobil, STNK, lembar pajak, faktur, fotokopi KTP dan kwitansi kosong. 

Carsome memang menjamin seluruh proses pengecekan hingga transaksi yang ada berjalan dengan transparan dan terhindar dari penipuan hingga biaya pungutan. Termasuk dalam proses pengerjaan mobil bekas milik Carsome sendiri. Tidak hanya memperhatikan dari segi kualitas mesin. Namun, Carsome sejak awal menaruh fokus pada dokumen dan legalitas mobil yang asli.

 

keuntungan-beli-mobil-bekas

Bagaimana Proses Refurnishment Mobil Bekas di Carsome? 

Untuk setiap mobil bekas yang Carsome terima akan disimpan dalam carpool berarti sudah melalui proses pengecekan 175 titik inspeksi. Selanjutnya akan melalui beberapa tes uji terlebih dahulu agar tim teknisi dapat melakukan proses rekondisi menjadi lebih baik dan berfungsi optimal.  Berikut adalah langkah yang terjadi setelah Carsome membeli mobil bekas dari para penjual. 

1. Appraisal

Carsome akan melakukan appraisal ulang sebagai bentuk pengujian pada komponen-komponen yang ada pada mobil yang akan dijadikan sebagai to-do checklist pada proses rekondisi mobil nantinya. Seperti road test, undercarriage, eksterior dan interior

Fungsi pengecekan road test untuk memastikan performance dan akselerasi mobil cukup normal dan responsif. Seperti pengecekan komponen transmisi, idle, dan laju mobil untuk mengecek apakah rem mobil berfungsi dengan baik. 

Selain itu, pada bagian undercarriage untuk memastikan kaki-kaki hingga suspensi mobil apakah sudah berfungsi dengan baik atau perlu dilakukan rekondisi nantinya. Seperti penggantian kampas rem, hingga pengaturan spooring & balancing pada ban.

Tim Carsome juga akan mengecek berbagai kondisi AC, kelistrikan, interior hingga eksterior mobil untuk memastikan bagian apa saja yang masih perlu disempurnakan. Kemungkinan pada visibilitas spion mobil hingga lampu mobil. 

2. Rekondisi

Sesudah melakukan pengecekan, selanjutnya Carsome akan mulai melakukan pembaharuan mobil yang disebut rekondisi atau refurbishment. Adapun berikut hal-hal yang diperbaiki seperti:

Body Repair

Sama seperti pada umumnya, body repair adalah proses dimana mobil mendapatkan perbaikan bodi eksterior dan interior yang disebabkan akibat pemakaian sehari-hari yang menimbulkan goresan dan baret pada mobil.

Engine & Transmission Repair

Pada tahap ini, Carsome akan lebih memfokuskan pada kinerja mobil secara keseluruhan mulai dari mesin transmisi, kaki-kaki mobil, suspensi dan pengecekan kelistrikan. Ini dilakukan untuk memastikan fungsi dari mobil secara mesin apakah sudah optimal. Biasanya setiap mobil bekas yang ada di Carsome akan mendapat proses tune up untuk mengoptimalkan kinerja mesin. Sehingga, mobil bekas prima dan siap pakai.

Car Detailing

Car detailing adalah proses perawatan mobil dari segi kebersihan mesin, interior hingga eksterior. Proses detailing merupakan tahap untuk memastikan kondisi mobil tampak kembali baru dan bersih seperti mobil baru melalui proses pemolesan dan detailing.

Maintenance Cleaning

Nah, banyak informasi yang jarang diketahui oleh konsumen terkait bagaimana perawatan mobil bekas ataupun mobil baru selama berada di dalam carpool? Ini dia yang inspektor dan para teknisi selalu memastikannya untuk melakukan pembersihan, pencucian mobil secara berkala. Selain itu teknisi mobil Carsome juga selalu memastikan cairan dalam mobil tetap terjaga dan rutin memanaskan mobil paling tidak seminggu sekali untuk memastikan fungsi elektronik dalam mobil tetap berjalan dengan baik.

Maintenance Detailing

Sebelum mobil Carsome diantar kepada pembeli, biasanya inspektor dan teknisi Carsome melakukan detailing ulang kembali dari segi mesin hingga bagian eksterior dan interior. Ini untuk memastikan mobil bekas yang akan Anda gunakan sudah siap untuk dipakai dan terbebas dari berbagai masalah kendaraan.

bedanya-beli-mobil-baru-dan-bekas

 

Garansi Beli Mobil Bekas di Carsome

Semua mobil bekas yang ada di Carsome dipastikan sudah melewati proses inspeksi yang sesuai dengan aturan Carsome certified. Mulai dari pengujian, rekondisi hingga perawatan berkala dan maintenance detailing. Inspektor Carsome sendiri dibekali dengan berbagai ilmu otomotif yang berguna untuk menjaga kualitas dari mobil bekas yang dijual ke Carsome.

Tentu mereka diperlengkapi dengan sistem hingga alat yang berkualitas untuk melakukan pengecekan. Adapun inspeksi saat ini dapat dilakukan dengan berkunjung ke rumah Anda maupun dilakukan di berbagai inspection point terdekat Anda. 

Selain itu untuk menjamin kepercayaan konsumen terhadap setiap mobil bekas yang terjual, Carsome memberikan perpanjangan garansi 1 tahun hingga garansi uang kembali dalam 5 hari. Hal ini terjadi jika pembeli merasa kurang cocok dengan mobil yang mereka dapatkan dari Carsome. 

Carsome Promise:

    • Garansi 1 Tahun: Tidak melepas dengan begitu saja, setelah membeli mobil bekas dari Carsome, Anda tetap akan mendapatkan garansi 1 tahun jika ada terjadi kerusakan pada mobil. 
    • Carsome Certified: Proses inspeksi secara profesional dengan pengecekan 175 titik inspeksi untuk memastikan mobil terhindar dari kecelakaan besar, kebakaran dan kerusakan akibat banjir. 
    • Garansi Uang Kembali: Garansi uang kembali dalam 5 hari jika Anda merasa mobil kurang sesuai dengan keinginan Anda.
    • Harga Transparan: Semua harga yang Anda lihat pada website sesuai dan tidak ada biaya pungutan.

Carsome Certified, Mobil Bekas Berkualitas Siap Pakai!  

Masih bingung apakah ingin beli mobil baru atau bekas? Tenang saja Carsome juga bisa membantu proses kredit mobil bekas Anda melalui beberapa lembaga pembiayaan yang bekerjasama dengan Carsome. Tunggu apalagi? Beli mobil bekas tidak perlu ribet lagi saat ini. Carsome adalah cara baru membeli mobil bekas tanpa resiko dan berkualitas! 

Jual beli mobil bekas berkualitas dapat langsung Anda dapatkan di Carsome. Bukan karena kemudahan menjual dan membeli mobil bekas saja, namun Carsome memang memiliki komitmen yang serius dalam membantu masyarakat menyediakan mobil bekas yang berkualitas langsung pakai. Seperti apa cara Carsome mengelola mobil bekas? 

Bacaan Terkait
12 Mobil Keluarga Murah,Irit, Nyaman, MPV Pilihan di Tahun 2021
5 Cara Merawat Mobil Saat Pandemi COVID-19 Tanpa Ribet Ala Carsome
Biaya Balik Nama Mobil Dari Mutasi Hingga Tuntas 2021