Cek BPKB Online Bisa Lewat Aplikasi, Begini Caranya

cek-BPKB-online

Banyak yang bertanya bagaimana cara cek BPKB online untuk mengecek keaslian kendaraan tanpa perlu repot datang langsung ke SAMSAT terdekat. Jika Anda berencana untuk membeli mobil bekas, selain memperhatikan 10 bagian mobil agar tidak tertipu, ada hal lain yang nggak boleh terlewatkan, yaitu mengecek keaslian BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan nomor STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Dokumen-dokumen ini sangat penting untuk memastikan legalitas kendaraan dan mencegah pemalsuan yang merugikan Anda sebagai calon pemilik mobil.

Di CARSOME semua pengecekan dokumen tentu sudah dilakukan sehingga tidak perlu membuang waktu Anda. Pengurusan dokumen dan keaslian terkadang menyita banyak waktu, untuk itu jika tidak mau ribet dan ingin mendapatkan mobil yang pasti berkualitas secara fisik maupun dokumen, beli mobil bekas di CARSOME aja!

Begini Cara Cek BPKB Online

Mengecek kode plat belakang mobil memang bisa mengidentifikasi asal kendaraan, jenis kendaraan, fungsi kendaraan, bahkan tanggal jatuh tempo pajak untuk kendaraan tersebut.

Namun, untuk mengetahui keaslian dokumen kendaraan seperti BPKB & STNK perlu mengeceknya secara lebih detail, yang bisa dilakukan secara online. Karena itu, ada baiknya Anda memahami cara cek BPKB online agar tidak tertipu saat beli mobil bekas.

Apakah mengecek plat nomor dan BPKB kendaraan bisa lewat aplikasi? Sekarang, mengecek dokumen kendaraan lainnya bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu ke SAMSAT karena bisa dilakukan secara online dari manapun, hanya perlu mengakses situs website resmi, aplikasi, dan layanan SMS saja. Seperti apa? Yuk, simak ini langkahnya!

  • Kirim SMS Buat Cek Keaslian dengan Mudah

Cara ini memang masih konvensional namun masih banyak yang lebih memilih mengirimkan sms karena tidak perlu jaringan internet yang stabil untuk mengaksesnya. Namun fitur cek melalui SMS ini terbatas hanya di beberapa kota tertentu saja. Beberapa kota besar yang sudah mengaktifkan layanan sms untuk cek keaslian BPKB antara lain Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kepulauan Riau dan Yogyakarta. Berikut format SMS jika Anda ingin cek BPKB online dengan mudah.

Provinsi yang Sudah Tersedia Format SMS yang Dikirim
DKI Jakarta Ketik: METRO(spasi)Nomor Polisi

Kirim: 1717

Jawa Barat Ketik: INFO(spasi)Nomor Polisi(spasi)Warna Kendaraan

Kirim: 0811-211-9211

Jawa Tengah Ketik: JATENG(spasi)Nomor Polisi

Kirim: 9600

Jawa Timur Ketik: JATIM(spasi)Nomor Polisi

Kirim: 7070

Kepulauan Riau Ketik: KEPRI(spasi)Nomor Polisi

Kirim: 9969

Yogyakarta Ketik: DIY(spasi)Nomor Polisi

Kirim: 9600

  • Cara Cek BPKB Secara Online Melalui Aplikasi

Selain melalui SMS, Anda juga bisa cek BPKB Online lewat aplikasi. Aplikasi rekomendasi ini multifungsi, karena selain digunakan untuk cek nomor kendaraan, namun dapat digunakan untuk keperluan pelayanan pembayaran pajak kendaraan di beberapa daerah.

Namun, aplikasi pengecekan dan pelayanan berbeda di tiap kota dan daerah, karena itu CARSOME sudah menyiapkan daftar untuk mengetahui nama aplikasi sesuai daerah Anda. Silakan mengunduhnya di App Store atau Google Play saja:

Provinsi Aplikasi
DKI Jakarta Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
Jawa Barat SAMBARA
Jawa Tengah SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
Jawa Timur E-SMART SAMSAT JATIM
Yogyakarta PAJAK KENDARAAN JOGJAKARTA
Aceh PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
Kepulauan Riau ESamsat KEPRI
Sumatera Selatan e-Dempo Samsat Sumatera Selatan
Lampung Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
Sulawesi Utara Info Pajak Kendaraan Sulut
Sulawesi Selatan e-LANTAS SULSEL
Pontianak Samsat Pontianak
Kalimantan Utara eSAMSAT Kalimantan Utara
Kalimantan Tengah RC Polda Kalimantan Tengah
Nusa Tenggara Barat SAMSAT DELIVERY
  • Cara Cek BPKB Melalui Website Resmi

Setelah Anda mengetahui 2 cara cek BPKB online diatas. Ini adalah cara ketiganya yang bisa Anda gunakan baik di ponsel maupun PC/Laptop. Sama seperti dua cara sebelumnya, cek keaslian BPKB melalui Website juga harus menyesuaikan domisili provinsi Anda.

Caranya sangat mudah hanya dengan membuka alamat website, lalu masukan nomor polisi/plat nomor kendaraan, informasi yang Anda perlukan bisa tersedia.

Provinsi  Website 
Cek BPKB online DKI Jakarta  http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/
Cek BPKB online Jawa Barat  https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/
Cek BPKB online Jawa Tengah  http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Cek BPKB online Jawa Timur  https://esamsat.jatimprov.go.id/
Cek BPKB online Yogyakarta  http://infonjkbdiy.com/
Cek BPKB online Aceh  http://esamsat.acehprov.go.id/
Cek BPKB online Kepulauan Riau http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat
Cek BPKB online Bali  https://portal.bpdbali.id/infosamsat/

Selain 3 cara mudah cek BPKB online di atas, ada cara lainnya yang masih bersifat manual, yaitu dengan datang langsung ke kantor Samsat terdekat.

Baca Juga: Cara Cek Pajak Kendaraan Online dan Pembayaran Lewat Ponsel

  • Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Ke Kantor Samsat Terdekat

Jika Anda ingin membeli kendaraan bekas dan mencari tahu nama pemilik kendaraan tersebut, Anda bisa langsung juga datang ke Kantor Samsat terdekat. Untuk bisa mendapatkan informasi nama pemilik kendaraan, proses yang diperlukan memerlukan beberapa dokumen. Dokumen yang diperlukan diantaranya :

  • KTP Asli dan fotokopi
  • STNK Asli dan fotokopi
  • BPKB asli dari kendaraan yang akan dicek

Saat melakukan langkah ini, memang lebih ideal dan disarankan bagi Anda yang ingin membeli kendaraan bekas. Bahkan akan lebih baik jika datang ke Kantor Samsat dengan pemilik kendaraan tersebut sehingga saat pengecekan, transaksi jual beli jadi lebih terpercaya.

Anda perlu mencari terlebih dulu siapa pemilik pertama dari mobil yang kehilangan STNK. Nah disini peran cek pemilik plat nomor kendaraan online lewat ponsel sangat berguna bagi konsumen. Karena mengetahui identitas pemilik pertama akan lebih cepat dan praktis.

Sama halnya jika Anda sudah melakukan blokir STNK hingga BPKB saat sudah menjual mobil, Anda wajib cek berkala untuk menghindari pajak progresif. Untuk menghindari pajak progresif, Anda wajib melakukan blokir STNK.

Beli Mobil Bekas Bebas Drama

Takut tertipu saat beli mobil bekas? TENAAANG ADA CARSOME. Semua mobil yang ada di website dan aplikasi CARSOME sudah disertai dengan laporan inspeksi yang lengkap.

Kami jamin mobil CARSOME Certified bebas dari kecelakaan besar, banjir, kebakaran dan tidak ada manipulasi pada odometer mobil, karena sebelumnya sudah melewati pemeriksaan ketat baik secara eksterior dan interior.

Dengan jaminan tersebut, Anda tidak perlu takut tertipu saat beli mobil bekas di CARSOME. Selain itu dapatkan jaminan lainnya seperti,

  • Harga pasti, tidak ada biaya tersembunyi
  • Garansi 1 tahun (Mesin, Transmisi, AC), termasuk Emergency Roadside Assistance, siaga 24 jam dan asuransi mobil.
  • Jaminan 5 hari uang kembali, yaitu pengembalian dana penuh jika Anda berubah pikiran*

Mau beli atau jual mobil yang terpercaya? TENAAANG ADA CARSOME yang transparan, bebas ribet, dan terjamin kualitasnya. Temukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda di  CARSOME sekarang!

Tenaaang Ada Carsome

CARSOME juga selalu mengedepankan transparansi, Anda dapat memeriksa temuan melalui hasil laporan inspeksi dan melihat kondisi interior dan eksterior secara 360 derajat melalui website dan aplikasi. Biar makin yakin, jangan ragu untuk melakukan test drive sebelum membeli mobil bekas di CARSOME secara gratis!

Cek pilihan mobil impian di CARSOME Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service kami melalui whatsapp di 02150202030 atau kunjungi CARSOME terdekat.