Bukan Cuma Satu, Kenali Jenis Transmisi Otomatis di Mobil

Bagi orang awam dengan dunia otomotif, transmisi otomatis hanya ada 1 jenis saja. Padahal seiring perkembangan teknologi, para insinyur mengembangkan transmisi otomatis hingga ada banyak jenisnya. 

Kelebihan transmisi otomatis dengan transmisi manual tentu dari sisi kepraktisan dan kenyamanan karena tidak perlu oper gigi atau injak kopling. Apalagi saat ini ada banyak fitur tambahan seperti Hill-Start Assist atau Cruise Control yang semakin memanjakan pengemudi.

Baca juga: Apa Itu Cruise Control? Simak Fitur, Cara Kerja, & Fungsinya!

Tetapi tahukah Anda bahwa transmisi otomatis ada banyak jenisnya. Setiap mobil bahkan dalam satu pabrikan terkadang antara produk satu dengan produk lainnya memiliki jenis transmisi yang berbeda. Umumnya disesuaikan dengan kebutuhan dan modelnya. Lantas ada jenis transmisi otomatis apa saja?

  • Torque Converter

Teknologi ini paling umum digunakan di pasaran. Mobil-mobil sejuta umat seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, hingga Suzuki masih menggunakan sistem ini hingga sekarang. Biasanya teknologi ini disebut Automatic Transmission atau disingkat AT sebagai penanda menggunakan transmisi otomatis konvensional.

Penjelasan sederhananya, torque converter menjadi perantara putaran mesin dengan sambungan ke transmisi. Dalam sistemnya menggantikan tugas kopling friksi pada transmisi manual dengan pergerakan oli diantara dua turbin. Melalui mekanisme tersebut tidak menahan putaran mesin saat mobil berhenti tapi gigi masih di posisi jalan (drive).

Dibandingkan transmisi manual tentu jenis transmisi ini lebih mudah untuk dikemudikan. Meskipun dibandingkan jenis transmisi lainnya lebih terasa seperti ada perpindahan gigi khususnya saat putaran rendah sampai menengah. Jenis transmisi ini juga dikenal lebih tangguh dan awet dalam jangka panjang.

Meski begitu, jenis transmisi AT ini bukanlah yang terbaik kalau berbicara soal kehalusan atau kenyamanan. Masih terasa jeda atau perpindahan gigi saat mobil berakselerasi. Selain itu transmisi otomatis konvensional ini umumnya lebih berat dibandingkan transmisi manual.

  • Continuously Variable Transmission

Jenis transmisi lain yang juga sudah banyak digunakan oleh pabrikan adalah CVT (Continuously Variable Transmission). Mobil Honda dan Nissan cukup sering dan banyak menggunakan transmisi ini pada lini produknya.

Mempunyai keunggulan dimensi yang kompak dan bobot ringan membuat transmisi CVT lebih banyak dipasang pada mobil harian atau city car. Terlebih transmisi CVT tidak memiliki rangkaian roda gigi seperti pada otomatis konvensional.

Sistem kerja transmisi CVT memanfaatkan sepasang pulley dan sabuk baja fleksibel sebagai pengganti rasio gigi. Jepitan dalam pulley baik di sisi mesin atau ke arah roda berbentuk kerucut berlawanan dan dapat melebar atau merapat. Hal ini untuk menentukan kecepatan rotasi sabuk.

Keunggulan lain dari CVT ialah jenis transmisi yang lebih hemat bahan bakar dibandingkan otomatis konvensional. Bisa terjadi karena fleksibilitas pada rasio transmisi memungkinkan mesin bekerja di titik paling efisiennya. Selain itu juga transmisi CVT lebih halus tanpa terasa operan gigi sehingga torsi pada mesin bisa lebih adaptif menyesuaikan medan jalan.

Meski begitu jenis transmisi CVT ada kelemahannya. Ritme injakan pedal gas dengan raungan mesin kadang terasa tidak presisi sehingga banyak komplain mobilnya terasa lemot saat berakselerasi.

Baca juga: Transmisi Mobil Matic: Fungsi, Komponen, Arti Huruf dan Angka , Hingga Perawatan!

  • Automated Manual Transmission

Masih ingin merasakan sensasi manual berpindah gigi tapi terkadang butuh otomatis untuk kenyamanan? Transmisi Automated Manual Transmission (AMT) jadi solusi yang dihadirkan oleh pabrikan. 

Konsep dasar dari jenis AMT ini ialah memodifikasi transmisi manual sehingga bisa bekerja secara otomatis maupun semi-otomatis tanpa kopling. Pekerjaan menginjak kopling dan mengoper gigi digantikan oleh komponen elektronik dan hidrolik.

Menariknya, dalam sejarah transmisi AMT pernah digunakan oleh merek premium hingga sports car. Seperti Ferrari yang pernah menggunakannya pada Mondial dan F355. Tetapi kehadiran Dual-Clutch Transmission yang lebih canggih membuat AMT tidak lagi dipakai.

Tetapi bukan berarti jenis transmisi ini sudah tidak dipakai sama sekali pada  mobil modern. Suzuki Ignis dan Karimun menggunakan AGS (automatic gear shift) yang mengambil konsep serupa dengan AMT. Begitu juga dengan Renault Triber dan Kwid Climber.

Bila dibandingkan dengan transmisi AT konvensional, AMT lebih hemat serta punya dimensi yang kompak. Meski begitu soal kenyamanan perpindahan giginya terasa kurang responsif. Akibatnya akselerasi jadi terasa terhambat seperti tenaga yang tidak tersalurkan sempurna ke roda.

  • Dual-Clutch Transmission

Dari empat jenis transmisi yang ada, Dual Clutch-Transmission (DCT) punya cara kerja paling kompleks sekaligus tercanggih. Girboks satu ini sudah banyak diaplikasikan pada mobil-mobil premium dengan performa tinggi. Karakteristik perpindahan gigi yang gesit membuat tenaga tersalurkan sempurna dan cekatan saat berakselerasi.

Konsepnya serupa dengan transmisi AMT tetapi DCT memiliki dua kopling. Satu kopling untuk satu set ganjil, dan lainnya untuk set genap. Melalui cara kerja seperti ini, komputer pada mobil mampu menyiapkan gigi selanjutnya lebih cepat. Pengemudi pun bisa  berakselerasi tanpa takut kehilangan momentum.

Meski terasa lincah, akeselerasi awal transmisi DCT akan terasa sedikit kasar. Selain itu kompleksitasnya membuat biaya perbaikan lebih tinggi dari jenis transmisi lainnya. Bobotnya juga jauh lebih berat dari yang lainnya. Tidak heran bila transmisi ini lebih banyaik digunakan mobil premium seperti VW, Mercedes-Benz, Porsche hingga Audi.

Jual beli mobil bekas tidak perlu takut ataupun ragu terhadap berbagai penipuan karena CARSOME hadir sebagai platform cara baru jual beli mobil bekas yang Terpercaya, Mudah, dan Cepat. Anda bisa melakukan test drive terlebih dahulu sebelum membawa mobil pilihan berkualitas. Sama halnya dengan menjual mobil di CARSOME yang cepat dan seluruh transaksi berlangsung secara transparan tanpa biaya tersembunyi. Kunjungi CARSOME sekarang dan nikmati proses bertransaksi mobil dengan berbagai kemudahan!