Warna Mobil dan Cara Perawatannya Agar Harga Jual Tetap Tinggi

Warna mobil keren di kalangan anak muda dan millennials saat ini tentu beragam. Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali merek dan model mobil di pasar otomotif yang membuat persaingan antar merek semakin ketat. Tak hanya dari segi mesin, teknologi, ataupun performa mobil yang ditawarkan. Merek-merek mobil pun saling bersaing dari sisi model serta warna yang ditawarkan untuk penggunanya.

Memilih asuransi untuk mobil Anda adalah hal yang penting. Banyak prasangka yang salah dalam masyarakat yang menyatakan bahwa cat mobil mempengaruhi tarif asuransi. Namun, ternyata pemilihan warna mobil tidak mempengaruhi harga asuransi mobil Anda. Hal yang mempengaruhi adalah jika Anda menambahkan modifikasi pada mobil, karena kerusakan cenderung dapat terjadi. 

Warna mobil dan jenis perawatannya tentu saja berbeda, untuk warna netral khusunya hitam tentu saja membutuhkan tenaga dan biaya yang ekstra dalam perawatannya. Beda halnya dengan warna putih dan silver. Kedua warna ini cenderung lebih mudah dalam proses perawatannya. Namun, untuk mobil netral ini sendiri memiliki daya jual kembali yang cukup tinggi.

warna-mobil-populer-di-dealer-mobil-bekas

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Carsome, warna cat mobil paling populer diantara dealer mobil bekas adalah mobil hitam 35%, mobil putih 30%, mobil silver 18%, mobil abu-abu 11%, dan mobil merah 6%.  Meskipun warna mobil tidak mempengaruhi untuk harga asuransi Anda. Namun, ingat apakah mobil Anda saat dijual kembali memiliki harga yang tinggi?  Yuk, simak informasi dan fakta warna mobil keren dan perawatannya yang wajib Anda ketahui! 

1. Warna Mobil Netral 

Seperti penelitian yang dilakukan oleh Carsome, mobil netral ini seringkali menjadi pilihan dalam masyarakat. Selain karena harga jual kembalinya yang kompetitif, perawatan mobil netral tidak sulit untuk dilakukan. Warna netral pada industri otomotif terbagi menjadi warna putih susu, hitam dan silver. Meskipun ada dalam satu kategori mobil netral, tentu saja perawatan dan keunikannya tidak dapat digeneralisir. Untuk itu berikut informasi yang dapat Anda ketahui!

Warna Putih Susu 

Warna putih merupakan warna yang sangat kontras dengan warna hitam. Warna putih sendiri merupakan salah satu warna favorit di beberapa negara besar seperti Amerika Serikat, Jepang, dan beberapa negara Eropa lainnya. Warna putih juga merupakan warna mobil yang paling aman digunakan berdasarkan hasil penelitian dari Monash University. Mobil putih susu ini cenderung dianggap sebagai warna trendy dan digemari oleh wanita juga anak muda. 

Dengan segudang kelebihannya, warna putih juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah kesulitan dalam membersihkan noda, debu, ataupun kotoran lain yang menempel pada bodi mobil selama berkendara. Jadi, cuci secepatnya dengan air ketika mobil terkena hujan supaya debu tidak menetap dan menguning.  Agar tidak merusak warna cat mobil, perhatikan dengan saksama cara mencuci mobil yang benar. Hindari mencuci dibawah terik matahari dan jangan juga terlalu sering menggunakan cuci mobil hidrolik

Warna Hitam

Warna ini merupakan warna yang paling banyak dan umum ditemui untuk mobil di jalan raya. Warna hitam yang memiliki kesan netral biasanya juga melambangkan kualitas serta kemewahan dari mobil serta pengendara di dalamnya. Untuk itu, cat mobil ini lebih mudah dijual kembali dan biasanya memilki daya jual yang cukup tinggi. 

Meskipun dari sisi perawatannya cenderung sulit, warna hitam tetap menjadi favorit bagi beberapa kalangan karena dianggap mampu memberikan kesan yang misterius dan klasik bagi pengendaranya. Kebanyakan mobil kepresidenan di beberapa negara juga menggunakan warna hitam, lho! Nah, untu perawatannya yang cukup memakan waktu adalah proses pencucian mobil.

Mencuci mobil hitam baiknya menggunakan sabun yang non-abrasif. Gunakan sarung tangan untuk menggosok mobil, terkadang menggunakan spons dapat mejebak kotoran di dalamnya dan akhirnya menimbulkan goresan atau baret pada mobil. 

Warna Perak (Silver)

Warna mobil  yang kali ini adalah warna perak atau silver. Warna ini biasanya banyak ditawarkan oleh pihak sales mobil karena dianggap memiliki nilai jual kembali yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan warna lainnya. Jika dilihat dari sisi keamanannya, warna silver cukup aman digunakan di siang hari karena kontrasnya yang baik. Namun, memiliki mobil berwarna silver membuat mobil tidak gampang terlihat kotor. Perawatan dari mobil silver juga tidak terlalu mahal dan terbilang mudah merawatnya. 

warna-mobil-putih-fortuner

Fortuner, SUV Putih dan Gagah!

Paduan warna putih, hitam dan silver pada bagian terntentu membuat mobil ini tampil semakin gagah, bukan? Nah, terbuktu bukan warna putih, hitam ataupun silver tidak selamanya hanya pada terlihat pada mobil MPV saja. Mobil sekelas SUV bewarna putih juga bisa menarik bukan? Fortuner, Mobil SUV yang satu ini merupakan SUV dengan performa mesin yang berkualitas dari waktu ke waktu.

Kombinasi warna hitam dan putih pada mobil Fortuner ini selalu membuatnya tampil gagah dan sporty, ya! Segmen High SUV ini memang selalu menjadi pilihan masyarakat kota. Selain karena body-nya yang besar, performa mesin sangat berkendara menggunakan mobil Fortuner tentu sangat nyaman. Untuk Indonesia All New Fortuner 2.4 4×2 CRZ AT DSL TRD jatuh diharga lebih dari Rp 500 juta. Maksimum daya  yang dilontarkan 163 Ps pada putaran 3.400 rpm dan torsi 24,7 pada putaran 4.000 rpm. Baik manual maupun matic, mobil Fortuner ini diperlengkapi dengan transmisi 6-percepatan.

2. Warna Mobil Cerah 

Warna mobil cerah  cenderung menyelamatkan Anda dari kesan kusam dan kotor. Mengapa demikian? Jika keadaan lingkungan sedang berdebu, maka cat mobil terang cocok menjadi pilihan. Jadi, Anda tidak perlu terlalu repot perihal perawatannya. Pada mobi terang, goresan biasanya tidak mudah kelihatan. Mobil bewarna cerah seperti ini biasanya  ada pada City Car,  tentu menjadi mobil yang cocok untuk anak muda.  Namun, masing-masing warna memiliki keuntungannya tersendiri. Yuk, simak untuk bagian warna cerah dan mencolok!

Warna Biru

Warna mobil keren yang satu ini memiliki ciri khas yang sesuai dengan tampilan langit saat cerah, warna biru banyak digemari oleh orang yang memiliki karakter serta sifat optimis dalam dirinya. Warna biru juga dianggap sebagai salah satu warna yang awet, tahan lama, serta termasuk ke dalam warna yang netral karena dapat digunakan untuk situasi apapun. Biasanya, mobil ini digunakan untuk mobil-mobil sport dan mobil modifikasi untuk balapan.

Dengan warnanya yang lumayan kontras membuat warna biru cocok jika dipadukan dengan warna hitam dari aspal jalanan. Bagi Anda pecinta mobil dengan warna yang elegan namun tetap berkarakter, warna biru dapat menjadi pilihan yang tepat! Pengecatan warna biru memang tergolong sulit, untuk itu berhati-hatilah saat mengendarai mobil bewarna biru. 

Warna Hijau

Bagi Anda yang menyukai warna yang eye-catching, warna hijau cocok untuk Anda coba. Dengan tipikal warnanya yang terang dan lumayan kontras membuat warna hijau menjadi salah satu favorit di beberapa kalangan pecinta otomotif. Menurut pasar di Indonesia, warna hijau adalah warna yang tidak terlalu bagus penjualannya. Namun, menurut autocarehq.com menyatakan bahwa mobil dengan warna hijau lebih mudah untuk diperbaiki jika terjadi baret atau goresan

warna-mobil-nyentrik-toyota-yaris

 

Toyota Yaris, City Car Cocok Untuk Anda! 

Untuk Anda yang menyukai mobil dengan warna-warna cerah, City Car bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda! Pilihan mobil sporty cocok untuk dipadu padankan dengan personality Anda yang nyentrik. Mobil city car di daerah perkotaan memang cocok untuk digunakan menjadi mobilitas sehari-hari. Toyota Yaris ini adalah salah satu pilihan city car yang cocok mendukung mobilitas Anda!

Harga Toyota Yaris ini dimulai dari Rp 250 juta hingga Rp 300 juta.  City Car yang satu ini terbilang irit dan hemat, untuk 1 liter dapat menempuh jarak 13,8 km dalam kota dan luar kota sebesar 17,4 km.  Spesifikasi Yaris TRD Sportivo diperlengkapi dengan kapasitas mesin 1496 cc dan clearance yang cukup tinggi 149m. Sehingga, Anda tidak perlu terlalu khawatir untuk membawa mobil ini dalam berbagai medan dalam kota.

3. Warna Mobil Khas

Warna mobil khas ini identik dengan warna dari brand ternama. Biasanya warna-warna khusus diidentikan sebagai simbol dari varian terbaru dari suatu brand. Sehingga, biasanya daya jual kembali dari warna mobil seperti ini justru lebih tinggi. Namun, harga jual kembali yang tinggi juga tidak terlepas dari bagaimana Anda merawat mobil Anda juga. Nah, kalau gitu ini dia warna-warna mobil khas itu!

Warna Abu-Abu

Pilihan warna mobil yang pertama adalah warna abu-abu. Warna ini dipercaya merupakan warna yang paling awet jika dibandingkan dengan warna lainnya. Jika dilihat dari sisi pengecatan serta perawatannya memang cenderung mudah. Tak heran banyak kalangan yang sangat menyukai warna ini.

Warna abu-abu pada mobil dapat memberikan kesan yang sederhana namun tetap netral dalam kondisi apapun. Sangat cocok bagi Anda apabila menyukai warna yang tidak terlalu menonjol dan elegan. Warna abu-abu hitam ini biasanya digunakan oleh para polisi, lho! 

Warna Merah

Kebalikan dari warna abu-abu yang sederhana dan tidak menonjol, warna merah justru melambangkan pribadi yang mencolok dan ingin tampil di tempat umum. Dengan warnanya yang begitu kontras, warna merah banyak menjadi favorit di kalangan anak muda. Namun, faktanya menurut Kompas Otomotif mobil dengan warna merah membutuhkan perawatan yang lebih, lho!

Warna merah sendiri cocok bagi Anda yang ingin menampilkan sisi agresif serta maskulinitas dari diri Anda. Beberapa jenis ataupun model dari sport car kebanyakan menggunakan warna merah untuk menarik perhatian serta membuat orang lain terkesan. Warna merah sering diidentikan dengan kesan sporty pada suatu mobil. Tergolong menjadi warna yang mencolok, namun kebanyakan digunakan menjadi simbolis untuk memperkuat suatu varian baru sebuah brand. 

Warna Emas (Gold)

Warna emas menggambarkan kesuksesan serta kemewahan dari orang yang menggunakannya, tak terkecuali untuk urusan warna mobil. Namun, ternyata penggunaan warna emas atau gold untuk mobil memiliki risikonya sendiri. Mobil berwarna emas akan cenderung sulit terlihat ketika kondisi hujan lebat. Lalu, menurut thethings.com dikarenakan warnanya yang sangat jarang ini membuat perawatannya cukup terbilang cukup mahal karena menggunakan metalic paint. Biasanya untuk memperbaiki mobil dengan warna seperti ini harus menggunakan servis yang dikenal dengan coating

Warna Coklat

Hampir mirip dengan warna abu-abu, warna coklat biasanya digemari oleh kalangan yang ingin terlihat elegan dan tidak mencolok. Jika dilihat dari karakteristiknya, pengguna mobil berwarna coklat cenderung memiliki sifat yang membumi, lho. Selain itu, mobil ini memang terlihat jarang sekali mengaspal.

Namun, mobil ini mobil coklat selalu menjadi warna yang elegan untuk digunakan. Selain karena tidak banyak yang memiliki, warna coklat ini menjadi warna yang mulai diperhatikan dalam industri otomotif ini. Menurut CNN hasil penelitan PPG menyatkan bahwa mobil bewarna coklat, kuning, jingga dan emas akan menjadi tren terbaru ke depannya.

 


Mini Cooper Mobil Elegan

Siapa yang tidak kenal mobil Mini Cooper? Mobil ini identik dengan warna merah metalicnya dan juga biru. Tahun 2020 lalu, Mini Cooper Clubman mengeluarkan varian terbaru yaitu Mini Cooper Clubman dan Mini Cooper S Clubman. Clubman di harga Rp 705 juta sedangkan tipe S seharga Rp 875 juta. Perbedaan utamanya terletak pada panoramic sunroof yang dimiliki Mini Cooper S Clubman. Warna khusus yang dimiliki Mini Cooper ini memberikan aksentuasi eksklusif dan mewah.

Kotoran Burung Merusak Cat Warna Mobil

Fakta menarik menurut penelitian ternyata warna cat mobil yang menjadi tempat favorit burung buang air besar secara berurutan adalah warna merah, warna biru, warna hitam, warna putih, warna silver dan warna hijau. Bukan hanya mengganggu estetika mobil saja, namun kandungan kotoran burung ternyata memiliki dampak yang buruk untuk mobil. Jika mengering dengan keras seperti semen dan menimbulkan bercak warna yang tidak senada dengan cat mobil Anda. Kandungan asam dan kimia dapat merusak lapisan cat.

warna-mobil-dan-bahaya-tai-burung

 

Nah, jika Anda mengalami ini hindari untuk segera menggosoknya dengan kanebo basah. Ada baiknya jika Anda langsung mengambil sabun pencuci mobil, kanebo dan air hangat. Basahi dengan air hangat, tuangkan sabun dan gosok perlahan. Jika kotoran masih sulit keluar, diamkan setelah membasahi dengan air hangat dan sabun. Lalu kembali lagi setelah 10 menit dan gosok perlahan. Noda kotoran burung tentunya sudah pasti menghilang dan Anda lebih mudah untuk membersihkannya. Cat mobil tidak akan menjadi rusak oleh karenanya! 

Warna Mobil Menentukan Daya Beli Mobil 

Nah, di pasaran saat ini mobil-mobil dengan cat mobil tertentulah yang mudah laku. Sebagai contohnya cat mobil silver dan hitam. Namun, ini belum tentu menjadi patokan umum. Jadi, saat membeli mobil pikirkan juga ya potensi mobil terjual dengan cepat nantinya, ya ! Carsome hanya mengingatkan saja, saat membeli mobil ada baiknya untuk memperhatikan juga depresiasi harga dari mobil itu sendiri. Untuk itu sebelum membeli mobil, ada baiknya Anda memahami juga informasi cari menjual mobil dengan cepat.

Jual beli mobil bekas di Carsome sangat murah, cepat dan terpercaya! Tidak perlu ragu, karena mobil bekasmu dihargai dengan sangat objektif. Pelayanan penjualan mobil di Carsome dilakukan dengan sangat serius, inspektor Carsome mendapat pembekalan tentang tata cara menginspeksi mobil dengan 175 titik inspeksi. Sehingga, mobil terjual dengan harga yang pas! 

Beli mobil bekas di Carsome juga demikian, karena proses yang inspeksi yang berjalan dengan objektif pada kendaraan yang dijual kepada Carsome. Maka, mobil-mobil yang tersedia di Carsome tentunya mobil bekas berkualitas bebas banjir dan terhindar dari kerusakan parah. Sesuai dengan janji Carsome yaitu Carsome Certified dan Carsome Promise! Tunggu apalagi konsultasikan kebutuhan Anda bersama Carsome! 

Baca juga:  Biaya Balik Nama Mobil dan Cara Lengkapnya!