6 Penyebab Setir Mobil Bergetar dan Cara Mengatasinya!

mobil setir bergetar

Penyebab setir mobil bergetar bisa jadi karena ada yang rusak pada mobil Anda! Biasanya, kasus ini dipicu oleh ban yang tidak balance. Meskipun demikian, Anda tidak perlu panik! 

Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu penyebab setir mobil bergetar. Hal ini dikarenakan lazimnya, ada beberapa faktor yang dapat membuat setir mobil bergetar, seperti kondisi ban, tekanan angin, kaki-kaki, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai beberapa penyebab setir mobil bergetar!

Tanda-tanda Masalah Setir Mobil Bergetar, Cek untuk Keselamatan Berkendara

1. Ban Menggelembung

Penyebab pertama yang mungkin membuat setir mobil Anda bergetar adalah kondisi ban mobil Anda yang menggelembung. Kondisi ban mobil yang menggelembung membuat setir menjadi goyang di kecepatan rendah. Adapun penyebab ban mobil menjadi menggelembung adalah kondisi ban yang sudah tidak layak digunakan lagi. Untuk itu, jika Anda mendapati bahwa kondisi ban mobil Anda telah menggelembung, maka Anda perlu menanganinya segera dengan mengganti ban mobil Anda agar tidak membahayakan Anda saat berkendara. Hindari juga penggunaan ban yang telah aus, karena dapat berakibat pada pengereman.

2. Kondisi Tapak Ban

Selain kondisi ban yang menggelembung, kondisi tapak ban atau motif ban juga dapat menjadi penyebab setir mobil bergetar (apakah itu mengalami kebotakan atau tidak). Jadi, pengecekan kondisi tapak ban ini penting untuk dilakukan. Caranya hanya dengan melihat Tradewear Indicator (TWI), yaitu penanda atau indikator untuk permukaan ban. TWI umumnya terletak di sela-sela groove atau alur ban. Apabila permukaan ban telah sejajar dengan TWI, itu menandakan bahwa tapak ban Anda sudah tipis atau botak. Diperlukan penggantian ban di bengkel untuk mengurangi resiko berbahaya saat berkendara.

3. Tekanan Angin

Sebelum mengawali perjalanan, ada baiknya pemilik mobil memeriksa kondisi tekanan angin pada ban. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa tekanan anginnya telah sesuai dengan saran pabrikan. Pasalnya, bila tekanan angin ban kurang, sudah bisa dipastikan itu akan berakibat pada kinerja mobil Anda dan menjadi salah satu penyebab setir mobil bergetar. Nah, Sobat Carsome tekanan ban anginpun harus disesuaikan dengan ukuran ban mobil. Untuk itu Anda perlu mengetahui dengan benar cara melihat ukuran ban mobil

4. Velg Penyok

Kondisi velg yang penyok adalah salah satu penyebab setir mobil bergetar, sehingga terjadi ketidaknyamanan ketika berkendara. Adapun penyebab velg menjadi penyok adalah seringnya Anda berkendara di jalan berlubang, sehingga menyebabkan adanya benturan. Velg sendiri adalah bagian terpenting dari sebuah kendaraan. Saat velg penyok, maka akan terjadi ketimpangan pada kendaraan Anda dan menyebabkan setir mobil bergetar. Oleh sebab itu, penting untuk selalu memeriksakan bagian ini secara rutin.

5. Kaki-kaki mobil

Tak hanya bagian ban mobil saja, tetapi kondisi kaki-kaki mobil juga dapat menjadi salah satu penyebab setir mobil bergetar. Umumnya, ada beberapa bagian kaki-kaki yang dapat mengalami keausan, sehingga berimbas pada setir mobil. Adapun bagian-bagian tersebut diantaranya: ball joint, racksteer, tie rod, dan lain sebagainya.

6. Engine Mounting

Kinerja dari engine mounting juga dapat menjadi salah satu penyebab setir mobil bergetar. Umumnya, getaran mesin mobil akan kian terasa bahkan sejak mesin dihidupkan. Namun jika di saat bekendara, setir mobil turut bergetar dan membuat laju mobil menjadi terganggu, maka itu menandakan bahwa ada masalah pada engine mounting mobil Anda. Adapun engine mount mesin ini berfungsi untuk menahan mesin mobil untuk tetap stabil pada posisinya. Oleh sebab itu, jikalau mengalami kerusakan pada komponen ini, tentu akan menyebabkan getaran pada mesin dan menyebabkan goyangnya setir. Namun, kondisi ini umumnya terjadi pada mobil yang pernah mengalami tabrakan pada bagian depan dan kecelakaan yang cukup parah. Untuk itu, bagi Anda berencana untuk mendapatkan mobil bekas, perlu diamati dengan seksama bagian-bagian dari mobil bekas tabrakan agar selalu aman saat berkendara.

Itulah beberapa faktor atau penyebab setir mobil bergetar. Menurut inspektor Carsome Indonesia sendiri, setir seharusnya tidak terlalu menimbulkan getaran ketika melaju pada kecepatan berapa pun. Tapi, tidak jarang pengemudi merasakan getaran pada setir saat mobil melaju di atas 100 km/jam. Situasi seperti ini tentunya sangat mengganggu pengemudi saat menyetir. Untuk itu, hal ini tidak boleh dibiarkan dan perlu dilakukan tindakan lanjutan supaya keadaan ini tidak memperparah kerusakan mobil dan mewujudkan kenyamanan dalam berkendara. Seperti yang kita semua ketahui, kenyamanan dan keamanan dalam berkendara adalah sebuah hal yang penting. 

Baca juga: 16 Daftar Harga Mobil Dibawah 200 Juta Sepanjang Tahun 2021

Tips Mengatasi Setir Begetar

1. Mengurangi Kecepatan Kendaraan! 

Nah, ada tips nih dari Carsome, untuk mengatasi penyebab setir yang bergetar saat berkendara. Tips yang pertama, yaitu mengurangi kecepatan kendaraan! Dengan berkurangnya kecepatan, getaran di setir pun akan berkurang, maka efek kerusakan pada komponen lain pun dapat diminimalisir. Tapi kalau sudah parah, mending cepet-cepet bawa mobil ke bengkel untuk balancing ya. 

2. Melakukan Balancing Teratur

Spooring dan balancing itu berbebeda ya, balancing itu adalah proses menyeimbangkan letak ban agar masing-masing tetap seimbang, beda halnya dengan spooring yang lebih memfokuskan pada roda mobil. Nah, tips yang kedua adalah sebagai bentuk pencegahan, Anda juga perlu merawat kendaraan Anda dengan melakukan balancing secara teratur, yaitu di setiap 10 ribu km.

3. Perhatikan Laju Mobil di Jalan Rusak

Nah, tips yang terakhir, getaran juga disebabkan karena ban mobil sering dipaksa secara kasar melintasi jalan yang rusak. Oleh karena itu, saat melewati jalan yang rusak, Anda bisa melaju dengan kecepatan rendah agar benturan pada ban mobil tidak terlalu keras.

Penyebab setir mobil bergetar tentu menandakan beberapa hal yang perlu Anda maksimalkan pada komponen alat gerak mobil Anda. Nah, untuk Sobat Carsome yang tertarik dengan mengganti mobil baru, mobil listrik bisa jadi salah satu pilihan yang tepat nih! Mobil listrik tentunya sudah pasti irit dan ramah lingkungan. Soal harga jual di Indonesia harga mobil listrik sangat bervariasi. 

Jual beli mobil bekas di Carsome sangat terpercaya, mudah, dan cepat! Semua proses transaksi di Carsome sangat aman dan Anda akan selalu ditemani oleh inspektor Carsome. Pencairan uang penjualan mobil dijamin aman dan bebas masalah! Hubungi Carsome untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: 15 Mobil Keren Berteknologi Canggih yang Ada di Indonesia