Mobil Tidak Bisa Distarter dan Bunyi Klotok-klotok? Ini Penyebab dan Solusinya!

Mobil tidak bisa distarter memang dapat membuat kita menjadi panik, apalagi dalam beberapa situasi tertentu. Apalagi jika tiba-tiba saat berkendara mobil bunyi klotok-klotok, sekejap terhentak dan menjadi mogok. Untuk itu, saat menemukan mobil Anda tidak bisa distarter ada baiknya untuk melakukan pengecekan awal terhadap beberapa komponen mesin. Sebagai pengendara kita perlu memahami berbagai komponen mesin agar mengerti cara merawat mobil dengan baik dan benar. 

Tune up mobil secara berkala adalah hal yang wajib dilakukan ya Sobat Carsome jika Anda tidak terlalu memahami permesinan mobil. Nah, biasanya mobil bunyi klotok-klotok juga memiliki penyebab yang sama dengan mobil yang tiba-tiba tidak bisa menyala saat distarter.

Namun, sebelum terburu-buru menelpon petugas mobil, ada baiknya Anda cek terlebih dahulu mesin. Bisa saja Anda mengetahui cara memperbaikinya, bukan? Yuk, simak cara mengetahui apa yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter! 

Penyebab Mobil Bunyi Klotok-klotok dan Tidak Bisa Distarter

mobil-tidak-bisa-distarter

1.Busi Kotor

Busi yang kotor dan usang adalah kedua faktor yang sering membuat mobil tidak bisa distarter. Mengapa? Setiap mobil hendak distarter, mesin selalu mengandalkan percikan bunga api dari busi itu sendiri. Jadi, bila busi kotor coba bersihkan dengan menyiramkan sedikit bensin lalu gosok dengan sikat hingga kerak atau debunya terpisahkan. Setelah itu semprot besi dengan kompresor dan keringkan. Lalu coba gunakan busi kembali. Jika tidak bisa, maka Anda wajib membawanya ke bengkel dan kemungkinan besar Anda harus menggantinya dengan busi yang baru. 

2. Alternator Rusak

Tugas utama dari alternator mobil sendiri adalah menghidupkan perputaran arus listrik di mesin mobil. Jadi jika komponen ini rusak, maka mobil tentunya tidak akan menyala. Jika Anda sudah melakukan pengecekan berulang pada aki dan masih mendapati mobil tidak bisa distarter, maka kemungkinan besar alternator mobil Anda rusak. Jika sudah seperti ini, ada baiknya Anda melakukan perbaikan ke bengkel. Biasanya kerusakan pada alternator terjadi pada mobil yang usianya sudah lebih dari 6-10 tahun. 

3. Fuel Pump

Ini yang biasa disebutkan aliran bahan bakar tidak sempurna. Hal ini bisa terjadi saat mobil mengalami overheat, sehingga ada aliran bahan bakar yang terhambat dari tangki ke mesin. Bahan bakar bensin yang bercampur dengan udara membuat sulit terpompa karena dingin. 

Fuel Pump tersumbat dengan endapan kotor juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Ini biasanya terjadi pada mobil yang jarang dipakai sehingga tekanan bahan bakarnya tidak bisa bertahan pada fuel line sehingga sulit untuk terpompa. Jadi, mesin harus menunggu lama untuk bisa hidup ketika distarter. Untuk itu coba kosongkan bensin, dan isi kembali bensin hingga penuh. Mengapa? Untuk sebagian mobil yang jarang digunakan, bensi dapat basi setelah 6 bulan didiamkan.  

Solusi lain yang dapat dilakukan adalah secara berkala mengecek karburator dan menyemprotnya dengan carburator cleaner. Mengapa? Karena carburator cleaner memiliki kandungan bensin. Jika merasa kebingungan, ada baiknya untuk membawa mobil ke bengkel. 

4. Masalah Koil

Jika fungsi busi untuk mengalirkan listrik pada mesin, maka koil juga memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyalakan starter mobil dengan menggandakan tegangan listrik kepada aki. Sehingga arus dapat sampai pada busi dan dapat memberikan percikan bunga api.

Koil yang terlampaui panas tentu wajib diganti dengan koil yang baru. Mengapa? Tentu koil yang sudah tidak berfungsi dengan baik tidak mampu membuat busi memercikkan api dengan optimal. Sehingga, solusi untuk ini adalah menggantinya dengan koil terbaru. 

5. Masalah Pada Aki Mobil Soak

Perihal aki soak dapat Anda pastikan dengan melihat indikator. Jika indikator tampak warna merah maka aki sudah soak, jika warna putih butuh charge, dan warna biru menunjukkan aki masih dalam kondisi yang baik digunakan. Masalah pada aki mobil dapat dilakukan dengan menjumper mobil. 

Hal yang perlu dilakukan untuk menghindari aki soak salah satunya adalah memanaskan mobil secara berkala dan pastikan juga membersihkan aki secara berkala. Khususnya pada aki basah, maintenance wajib diperhatikan. Beda halnya dengan memperbaiki aki kering. 

6. Kompresi Silinder dan Choke Bermasalah

Jika sering mendapati mesin overheating dan oli mesin agak kental. Maka Ring Piston bisa menjadi salah satu penyebab kompresi silinder bermasalah, karena terus bergesekan sehingga mengalami keausan. Cek juga pada klep mesin yang bocor bisa diakibatkan karena menumpuknya kerak karbon sehingga membuat kompresi bisa bocor.

Solusi yang dapat dilakukan adalah Anda wajib secara berkala mengganti oli, minimal setiap melakukan kegiatan 5000 km, 10.000 km. Pastikan Anda sudah mengetahui tekanan kompresi yang tepat untuk kendaraan Anda. Jadi, jika ada masalah dengan mobil tidak bisa distarter dikarenakan kompresi, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel, ya sobat Carsome! 

7. Injektor Kotor

Jika Anda mendapati bunyi mobil klotok-klotok diiringi dengan asap knalpot baunya sangat tajam dan menyengat ini bisa menjadi penyebab dari injektor mobil yang kotor. Tanda lainnya yang dapat Anda perhatikan jika injektor kotor  biasanya konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Nah, apakah Anda mengalami hal ini saat mendapati mesin mobil Anda tidak bisa dinyalakan? Lagi-lagi jika akhir-akhir ini merasakan hal tersebut, maka coba bersihkan injeksi mesin mobil Anda yang kotor dengan membawanya ke bengkel setempat.

Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

 

perawatan-mobil-yang-jarang-dipakai

Merawat mobil saat pandemi apalagi jika Anda beraktivitas di rumah saja itu tetap penting dilakukan, ya!  Mengapa? Untuk menghindari terjadinya perlengketan pada oli mobil karena adanya oli yang menggumpal dan mengendap.

Hal demikian membuat mesin mobil menjadi lebih rentan rusak. Untuk itu, ini beberapa tips dan cara merawat mobil yang jarang dipakai!

1. Jaga Kebersihan Eksterior & Interior

Cara merawat mobil yang jarang dipakai apalagi saat pandemi seperti ini adalah menjaga kebersihan mobil dari luar maupun dalam. Pasalnya, ada banyak masalah yang timbul jika komponen mesin kotor. Juga untuk memastikan Anda terbebas dari virus, juga turut menjaga kabin mobil terhindar dari aroma tidak sedap.

2. Pastikan Bensin Diisi Penuh

Mobil yang jarang dipakai jika tangki tidak terisi penuh oleh bensin, udara bisa mengendap. Akhirnya, bisa membuat mesin mobil tidak prima, terhalang proses pemompaanya, hingga membuat mesin mobil menjadi berkarat dan boros dalam pemakaiannya.

3. Ganti Oli Mobil

Perawatan mobil setelah jarak jauh memang perlu dilakukan dan tidak diabaikan khususnya pada oli. Penggantian oli wajib dilakukan, Anda dapat melakukan pengecekan melalui dipstick. Oli berfungsi untuk menjaga komponen-komponen pada mesin agar terlumasi dengan baik. Sehingga, kinerja mesin tidak akn terganggu dan menghindari mesin dari overheat.

4. Parkir di Tempat Datar

Lepas rem tangan saat memarkiri di tempat datar. Mengapa demikian? Pemakaian rem tangan dalam jangka waktu yang lama dapat lengket sehingga roda mobil terkunci. Jadi, ada baiknya mencari tempat datar, dan Anda dapat mengganjal mobil dengan batu atau hal kuat lainnya.

5. Biarkan Aki Tetap Terpasang

Jika aki terlalu sering dicabut, ini tentunya akan mengganggu versi komputer pada mobil. Sehingga hal ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan, ya! Sebagai gantinya, Anda patut memanaskan mobil paling tidak 1-2 kali dalam seminggu. Dengan begini Anda membiarkan aki mobil tetap beroperasi dan mengecas dengan sendirinya. Ini adalah salah satu cara merawat mobil yang jarang dipakai dengan efektif.

6. Pastikan Angin Ban Terjaga

Bukan hanya diperlukan saat Anda wajib bepergian secara mendadak atau tiba-tiba. Namun, saat membiarkan mobil lama di rumah, Anda wajib memantau keamanan apakah ban terhindar dari paku atau kekurangan angin? Jika dibiarkan ini dapat membuat mesin mobil Anda menjadi boros terhadap bensin.

Gimana Sobat Carsome? Sedang mendapati mobil Anda bermasalah karena tidak mau menyala saat distarter? Coba perhatikan hal-hal di atas, ya! Jika Anda berniat untuk mengganti mobil baru, maka ada baiknya untuk memperhatikan cara perawatan mobil dengan maksimal apalagi jika mobil jarang dipakai. Sehingga, mobil dapat terjual dengan cepat! 

Jual mobil bekas dengan cepat di Carsome, transaksi terpercaya, cepat, dan mudah! Anda tidak perlu bimbang untuk melakukan berbagai transaksi di Carsome, karena seluruh sifat terhitung dari melakukan inspeksi mobil hingga mobil terjual prosesnya dijamin transparan. Jangan lupa, jika Anda berniat untuk tukar tambah, saat ini Carsome sudah melayani Anda yang ingin membeli mobil bekas berkualitas

Baca juga: 25 Mobil Kecil Murah Baru dan Bekas Harga Mulai 100 Jutaan