Apa Itu Cruise Control? Simak Fitur, Cara Kerja, & Fungsinya!

Cruise Control adalah fitur terbaru yang saat ini hampir dimiliki oleh berbagai mobil SUV keluaran terbaru. Cruise control dinilai menjadi solusi efisien bagi pengemudi dengan jarak jauh apalagi jika harus menyetir saat malam hari.

Namun, seberapa penting perannya dalam menunjang pengalaman berkendara seorang pengemudi? Apakah Crusie Control aman untuk digunakan di Indonesia? Dalam artikel Carsome kali ini, kita akan membahas serba-serbi cruise control lengkap dengan seluruh fitur, cara kerja, fungsinya hingga rekomendasi mobilnya!

apa-itu-cruise-control

Apa Itu Cruise Control?

Cruise control adalah sebuah teknologi terbaru yang sudah mulai banyak digunakan pada beberapa mobil dengan tipe keluaran terbaru. Cruise control ini sendiri memiliki fungsi utama untuk mengatur kecepatan mesin mobil agar dapat tetap stabil tanpa memerlukan pijakan pada pedal gas.

Dengan begitu, pengendara dapat tetap mempertahankan kecepatan yang konstan selama berkendara. Cruise control juga biasa dikenal dengan istilah speed control ataupun autocruise

Fitur Lengkap dari Cruise Control

Fitur dari cruise control ini pada mulanya memang banyak digunakan untuk mobil di negara-negara yang sangat patuh terhadap pembatasan kecepatan di jalan raya. Dengan menggunakan fitur cruise control, pengendara memang mampu membuat laju kendaraan tetap stabil sepanjang berkendara.

Dengan cruise control, pengendara juga dapat merasakan relaksasi kaki sejenak karena tidak harus menginjak pedal gas secara terus menerus. Cruise control sendiri biasanya memiliki batasan untuk kecepatan minimum sekitar 60 km/jam. Jika batas kecepatan minimum tersebut telah terpenuhi, fitur cruise control akan dapat diaktifkan secara otomatis.

Perkembangan Cruise Control

Teknologi serta fitur dari cruise control saat ini memang semakin berkembang. Salah satunya adalah adaptive cruise control. Fitur ini dilengkapi dengan sensor yang menggunakan teknologi laser.

Sensor laser ini nantinya akan mampu untuk mendeteksi jarak dengan kendaraan lain yang letaknya berada di depan mobil. Jadi, jika jaraknya memang sudah terlalu dekat, mobil akan melakukan pengereman untuk menghindari tabrakan. Salah satu contoh mobil yang sudah memiliki teknologi ini rata-rata mobil Hybrid seperti Nissan Kicks E-Power.

Fungsi dari Cruise Control

  • Sebagai penahan pedal gas selama berkendara di jalan raya.
  • Menjaga kecepatan atau laju mobil agar tetap stabil.
  • Dapat mengurangi rasa lelah dan pegal pada kaki Anda terutama saat berkendara di jalan yang lurus dalam waktu yang lama.
  • Dapat lebih menghemat bahan bakar mobil karena kecepatan cenderung lebih stabil.

Cara Kerja dari Cruise Control

Di Indonesia sendiri, fitur cruise control biasanya digunakan oleh pengendara mobil pada kisaran kecepatan 60 hingga 80 km per jam. Kecepatan 60 km/jam sendiri dipilih karena merupakan kecepatan minimum yang dapat digunakan saat berkendara di jalan bebas hambatan.

Saat Anda ingin mengaktifkan fitur cruise control, Anda hanya perlu menekan tombol cruise control yang biasanya terletak di bagian bawah dari setir mobil. Tekan tombol tersebut ke arah bawah untuk mengaktifkannya saat kecepatan mobil Anda sudah ada di kisaran 60 km/jam.

Setelah fitur diaktifkan, layar MID pada mobil Anda akan menampilkan logo cruise control. Jika Anda sudah mengatur kecepatan dan memilih SET pada tombol tadi, fitur cruise control akan melaju secara otomatis sesuai dengan kecepatan yang sudah diatur sebelumnya.

Jika setelah itu Anda ingin menurunkan atau menambah kecepatan, Anda cukup menekan tombol opsi yang terdapat pada cruise control. Kemudian jika Anda ingin menonaktifkan cruise control, Anda cukup menginjak pedal rem yang ada pada mobil.

cruise-control-adalah

Rekomendasi Mobil dengan Cruise Control

Mobil dengan fitur Cruise control saat ini sudah mulai banyak di pasaran otomotif dengan beragam harga. Kemungkinan kedepannya dalam era mobil hybrid dan listrik, fitur cruise control ini akan menjadi fitur tetap pada seluruh mobil. Untuk saat ini, inilah ragam rekomendasi dan pilihan mobil dengan fitur cruise control untuk Anda!

1. DFSK Glory 580

Mesin dengan performa yang kuat berkapasitas 1800 cc. Mobil SUV yang berkapasitas menampung 7 penumpang. Diperlengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan. Juga ada yang dipasarkan dengan turbo 6 percepatan manual dan CVT luxury. Mobil ini dinilai memiliki harga kompetitif dengan desain, fasilitas, dan fitur yang menarik. Dibanderol mulai dari harga Rp 252 juta – 315 juta.

2. Honda HR-V

Berkendara menjadi lebih nyaman dan aman dengan desain gagah dan sporty membuat crossover ini banyak diminati dalam pasar. Diperlengkapi dengan mesin 1.5 liter dan 1.8 liter SOHC I-VTEC + DBW membuat mobil ini dapat diajak di segala medan. Harga mobil saat ini dimulai dari Rp 297 juta – Rp 415 juta.

3. Wuling Almaz

Wuling Almaz adalah mobil medium SUV yang berasal dari Cina ini memiliki performa mesin yang kuat. Mobil ini dikenal dengan Smart & Technology SUV dan diperlengkapi dengan sistem keamanan yang baik. Harga dari mobil ini dimulai dari Rp 269,8 juta.

4. Hyundai Kona

Hyundai Kona merupakan salah satu varian dari Kona Electric yang memiliki kapasitas baterai 39,2 kWh dan mampu menempuh jarak hingga 345 kilometer. Kona elektrik ini berkapasitas baterai 64 kWh. Mobil listrik ini dikenal dengan sport utility vehicle. Harga dari mobil ini dimulai dari Rp 674 juta.

5. Nissan X-Trail

Jenis mobil SUV yang satu ini berkapasitas 2488 cc dengan peminat yang cukup banyak hingga saat ini. Baik interior hingga eksterior mobil ini dikenal memiliki stabilitas kualitas yang mumpuni dan premium. Kesan sporty dan mewah dari mobil ini diperlengkapi juga dengan teknologi yang ada di dalamnya. Mobil ini dibandrol dengan harga Rp 576juta.

cara-aman-menggunakan-cruise-control

Cara Aman Menggunakan Cruise Control

Terlepas dari berbagai keuntungan serta kemudahannya, fitur cruise control juga tidak boleh digunakan secara sembarangan. Jadi meskipun fitur ini sudah mengotomatisasi pengendalian pedal gas, Anda tetap harus berkonsentrasi selama berkendara. Ini dia cara menggunakan fitur cruise control dengan baik: 

1. Gunakan Hanya di Jalan Tol yang Sepi

Mengapa demikian? Jika Ramadhan ini Anda bepergian hindari untuk menggunakan cruise control di jalan yang ramai. Meskipun di jalan tol, Anda tetap harus memperhatikan keramaian. Cruise control adalah fitur yang terotonomisasi. Jadi kecenderungan melakukan pengereman saat terjadi pengereman mendadak akan sulit. Maka, fitur ini tidak akan cocok untuk Anda gunakan dengan tujuan menghemat bbm.

2. Hindari Gunakan Saat Gerimis

Sangat gerimis, hujan rintik, hindari untuk menyetir terlalu cepat. Apalagi jika Anda berkendara di jalan yang menikung, maka hindari menggunakan fitur cruise control ini. Ini disebabkan karena jalanan sedang licin, saat gerimis air hujan membasahi jalanan yang berdebu, sehingga lapisan jalanan masih terasa lebih licin. Dibandingkan saat hujan deras, tentunya jalanan akan bersih dengan cepat.

3. Tetap Waspada

Meskipun fungsi fitur ini sudah sepenuhnya berteknologi, namun Anda tetap perlu berwaspada sepenuhnya. Menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan pandangan tetap ke depan. Lalu, kaki Anda tidak lengah untuk langsung mengerem jika terjadi sesuatu. Malfungsi bisa saja terjadi untuk menghindari hal seperti ini lakukan perawatan mobil secara berkala sebelum hendak bepergian jarak jauh seperti tune up mobil.

Ini dia semua hal terkait Cruise Control dan penggunaannya dalam mobil. Ingat untuk tetap menjaga jarak aman saat berkendara. Perhatikan dengan baik medan saat berkendara, ya! Rawan kecelakaan ada dimana saja untuk itu pahami rambu-rambu lalu lintas dengan baik dan benar.

Menjual mobil lama Anda sekarang tidak perlu bimbang dan ragu, jual saja di Carsome! Transaksi terpercaya, mudah, dan cepat dengan berbagai proses transaksi yang trAnda bisa menukarkannya dengan berbagai mobil bekas berkualitas yang ada di Carsome. Namun jika hanya ingin menjualnya saja, maka Anda hanya perlu mendaftarkan mobil Anda di www.carsome.id/jual-mobil-bekas/ 

Baca juga: Cara Kredit Mobil Bekas Agar Tidak Ditolak dan Cepat Disetujui